11 Anjuran Setelah Operasi Amandel (Harus Di Taati)

Operasi penyakit amandel adalah operasi penyakit yang dilakukan oleh dokter ketika amandel tersebut sudah tidak dapat ditoleransi lagi atau dalam kata lain amandel tersebut sudah tidak dapat disembuhkan dengan obat antibiotik ataupun perawatan-perawatan lainnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengangkat amandel adalah dengan melakukan operasi. Biasanya seseorang yang melakukan operasi amandel akan melalui berbagai proses diantaranya proses pengecekan kesehatan istirahat serta yang terakhir adalah proses operasi dan pemulihan.

Setelah melakukan operasi amandel anda tidak dapat sembarangan mengkonsumsi makanan karena hal tersebut dapat memper buruk keadaan anda. Untuk tetap menjaga kesehatan anda setelah melakukan operasi amandel anda perlu melakukan hal-hal yang dapat menunjang kesehatan anda sehingga kesehatan anda setelah melakukan operasi amandel cepat pulih. Adapun anjuran setelah operasi amandel adalah sebagai berikut.

Anjuran setelah operasi amandel

1. Perbanyak konsumsi air putih

Ketika anda telah melakukan operasi amandel dengan mengkonsumsi atau memperbanyak konsumsi air putih dapat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Meskipun Ketika anda mengkonsumsi air putih tenggorokan masih terasa sakit namun anda harus melatih sedikit demi sedikit.Mengkonsumsi air putih setelah melakukan operasi amandel dapat membantu untuk proses penyembuhan serta menghindarkan anda dari dehidrasi. Efek kekurangan air putih bukan hal yang sepele. Kekurangan air putih memang dapat menyebab kan dehidrasi yang nantinya dapat membuat tengorokan menjadi lebih sakit lagi.

2. Hindari konsumsi minuman yang asam

Selain mengkonsumsi air putih untuk mengembalikan atau mempercepat penyembuhan dari operasi amandel anda perlu menghindari mengkonsumsi minuman yang asam. Hal ini disebabkan karena ketika anda mengkonsumsi minuman yang asam akan membuat luka operasi semakin parah bahkan operasi menjadi sakit.

3. Konsumsi makanan yang Lunak

Setelah melakukan operasi amandel Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang lunak untuk melatih tenggorokan anda terisi atau dilewati oleh makanan. Biasanya Hal ini dilakukan setelah dua sampai tiga hari operasi dilaksanakan. Namun setelah dua sampai tiga hari tersebut Anda juga dapat melatih mengkonsumsi makanan seperti biasa.

4. Sikat gigi

Melakukan sikat gigi secara rutin dan teratur juga merupakan salah satu perawatan yang dapat anda lakukan. Dengan rutin menggosok gigi akan membantu untuk mencegah terjadinya infeksi yang timbul sehingga tidak mempengaruhi operasi amandel anda dan operasi amandel anda segera sembuh. Sakit gigi jika jarang sikat gigi dapat menyebabkan kondisi syaraf-syaraf yang ada pada gigi menjadi sakit. Dan tentu hal itu akan mempengharuhi kondisi mulut yang juga akan menjalar kebagian tenggorokan yang mengalami sakit amandel. Maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak mengalami sakit gigi.

5. Gunakan cairan pembersih mulut

Tidak hanya melakukan sikat gigi secara rutin saja yang dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan amandel. Namun pada kenyataannya dengan menggunakan cairan pembersih mulut juga dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan amandel ini. Menggunakan cairan pembersih mulut bermanfaat untuk mencegah infeksi yang timbul sehingga mulut terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyembuhan operasi amandel terhambat. 


6. Istirahat yang cukup

Melakukan istirahat yang cukup setelah operasi amandel juga sangat diperlukan karena dengan melakukan istirahat yang cukup dapat membantu untuk mengembalikan imun tubuh anda. Meskipun anda merasa bahwa anda sudah baik-baik saja namun istirahat yang cukup setelah melakukan operasi amandel sangat dianjurkan. Ketika pasca operasi amandel dan saat itu mengalami ciri-ciri badan kecapean maka perlu malakukan istirahat yang jenak. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh terutama metabolisme tubuh harus dijaga agar proses penyembuhan dapaat segera terlaksana dengan baik. 

7. Waspadai mual

Ada beberapa efek samping yang biasanya dirasakan oleh seseorang yang baru saja melakukan operasi amandel, salah satu efek samping tersebut adalah seseorang yang habis melakukan operasi amandel akan merasakan mual. Ketika rasa mual tersebut masih biasa saja anda tidak perlu khawatir namun ketika rasa mual tersebut tidak kunjung sembuh segera periksakan anak ke dokter. Banyak sekali jenis mual yang harus diwaspadai. Bahkan bukan hanya jenis mual saja bahaya dan penyebab mual juga sangat beragam. Salah satunya seperti penyebab mual tapi tidak muntah. Tentu hal ini sangat mengaggu proses penyembuhan amandel. Karena pada dasarnya mual akan merangsang pada tenggorokan yang dimana tenggorokan merupakan tempat amandel berada.

8. Waspadai muntah

Tidak hanya efek sampingnya saja yang perlu Anda waspadai namun ketika Anda selesai melakukan operasi amandel dan Anda muntah-muntah Anda juga harus waspada. Jika muntah-muntah tersebut diikuti dengan darah segera bersama ke dokter karena bisa saja tangan Belanda terinfeksi.

9. Berlatih mengkonsumsi makanan padat

Seperti yang telah dijelaskan diatas setelah dua sampai tiga hari Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang lunak, namun setelah dua sampai tiga hari tersebut Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang biasa atau makanan padat hanya saja anda perlu memperhatikan konsumsi makanan padat tersebut. Jangan sampai mengkonsumsi makanan padat yang dapat melukai tenggorokan adalah.

10. Konsumsi makanan yang bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi juga dapat dilakukan untuk membantu dalam mempercepat proses penyembuhan amandel anda.. Hal ini disebabkan karena ketika anda mengkonsumsi makanan yang bergizi maka tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

11. Konsumsi vitamin

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi saj. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh serta menjaga kesehatan tubuh sehingga dengan demikian tubuh akan mempercepat proses penyembuhan. Untuk itu maka konsumsilah makanan bergizi dan konsumsilah vitamin agar penyembuhan setelah operasi amandel anda segera selesai. Vitamin yang dapat dikonsumsi dan disarankan dikonsumsi untuk mereka yang tengah melakukan operasi amandel adalah vitamin C, karena dapat membantu proses pembentukan metabolisme tubuh menjadi lebih kuat dan membantu proses pemuihan. 


Hitungan 9 hal yang dapat anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan operasi amandel Setelah anda melakukan operasi amandel. Setelah anda melakukan operasi amandel mungkin anda akan mengalami suara yang berbeda sekitar 1 sampai 2 minggu namun hal itu tidak masalah. Teruslah jaga kesehatan anda dan perhatikan konsumsi makanan anda terutama Setelah anda melakukan operasi amandel. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu serta menambah wawasan anda tentang anjuran setelah operasi amandel.

,
Oleh :
Kategori : Amandel