Home Obat A-ZObat A Artesunate – Obat Apa – Fungsi – Dosis – Efek Samping

Artesunate – Obat Apa – Fungsi – Dosis – Efek Samping

by Penulisarc993

Artesunate Itu Obat Apa?

Artesunate adalah obat yang digunakan untuk pengobatan penyakit Malaria Resisten Klorokuin dan Malaria Tahan Kina Parah di kalangan anak-anak, balita, sampai orang dewasa. Obat ini mengandung dua bahan aktif yang memiliki fungsi optimal di dalam penyembuhan penyakit malaria parah. Bahan aktif tersebut meliputi Artemether dan Lumefantrine yang mana merupakan obat anti-malaria. Cara kerja dari obat ini hampir sama dengan obat malaria Artemether.

Penyakit malaria disebabkan oleh adanya parasit protozoa yang mengikat plasmodium yang dibawa oleh nyamuk. Apabila tubuh pasien dalam keadaan yang tidak fit, bisa jadi parasit protozoa yang di bawa oleh nyamuk memasukkan semua racun ke dalam plasmodium. Setelah masuk ke dalam jaringan plasmodium, parasit akan menyebar ke bagian hati dan terbawa melalui aliran darah hingga menyebar ke seluruh tubuh.  Jika sudah menyebar, umumnya parasit akan merusak sel darah merah yang dapat menyebabkan pasien memiliki trombosit begitu rendah.

Di dalam sel darah merah, parasit protozoa akan banyak mencerna hemoglobin dan protein sel darah merah yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika hal ini terjadi, tubuh pasien akan mengalami panas disertai keadaan tubuh menggigil tanpa demam karena kadar hemoglobin di dalam tubuh akan menurun.

Hemoglobin di dalam sel darah merah di bagi menjadi dua yaitu Haem dan Globin. Haem toksin akan melindungi tubuh dari penukaran parasit protozoa yang di masukan ke dalam sel darah merah. Ketika tubuh pasien sudah terjangkit penyakit malaria, Artesunate akan bekerja membunuh parasit malaria melalui penukaran Haem ke Haemozoin. Hal ini akan meningkatkan pembunuhan parasit malaria dan menghentikan penjangkitan ke bagian tubuh lainnya.

Fungsi Obat Artesunate

Artesunate merupakan obat yang digunakan untuk perawatan dan pengobatan penyakit Malaria Plasmodium Falciparum Malaria Resisten Klorokuin dan Malaria Tahan Kina Parah di kalangan anak-anak, balita, sampai orang dewasa. Obat A ini mengandung dua bahan aktif yang memiliki fungsi optimal di dalam penyembuhan menyakit malaria. Bahan aktif tersebut meliputi Artesunate yang mana merupakan obat anti-malaria.

Obat ini akan meningkatkan kondisi pasien dengan melakukan fungsi utamanya untuk berinteraksi dengan heme dalam membunuh parasit protozoa yang di bawa oleh nyamuk malaria. Saat obat mulai bereaksi umumnya pasien akan mengalami beberapa efek samping terhadap reaksi yang ditimbulkan obat malaria yang satu ini.

Kontraindikasi dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Obat Artesunate

Selain sebagai obat penyembuhan penyakit malaria yang mana memiliki fungsi untuk melakukan interaksi dengan heme dalam membunuh parasit protozoa yang di bawa oleh nyamuk malaria. Obat ini juga memiliki kontraindikasi yang tidak dianjurkan untuk digunakan oleh beberapa pasien dengan kondisi kesehatan tertentu.

Beberapa kontraindikasi memang ditemukan dalam obat-obatan yang mengandung Artesunate. Berikut adalah kontraindikasi Artesunate yang harus anda ketahui untuk menghindari terjadinya efek samping yang lebih berbahaya:

  • Di 3 bulan kehamilan pertama
  • Ibu menyusui
  • Hipersensitivitas

Obat Artesunate dapat digunakan untuk beberapa riwayat penyakit tertentu dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak dokter terkait. Jika seseorang dalam 3 bulan pertama kehamilannya mengalami penyakit malaria. Maka penggunaan obat Artesunate tetap dapat diguankan dengan syarat mendapat resep dari dokter.

Prosedur Minum Obat Artesunate

Penggunaan obat-obatan yang mengandung Artesunate tidak dapat dilakukan sendiri tanpa menggunakan resep dari dokter. Dalam penggunaannya, sebaiknya anda melakukan konsultasi seputar informasi yang dapat anda lakukan dalam penggunaan obat Artesunate. Anda bisa memberikan informasi secara lengkap mengenai riwayat kesehatan sebelumnya. Misalnya seperti adanya alergi, sensitivitas di bagian tubuh lain, penyakit atau kelainan tertentu, penggunaan obat tertentu seperti multi vitamin, suplemen, herbal atau lainnya. Karena di beberapa kondisi kesehatan tertentu anda akan lebih kebal dengan penggunaan obat semacam ini.

Point Penggunaan Obat Artesunate yang Harus Diperhatikan:

  1. Gunakan atau konsumsi obat Artesunate setelah makan. Karena beberapa kasus penggunaan obat Artesunate yang tidak dilakukan setelah makan akan menimbulkan efek samping seperti pingsan secara mendadak, mual, muntah, mata kabur, pusing, dan perubahan hormon dalam sekejap.
  2. Hindari untuk pasien dengan riwayat penyakit Hypomagnesia dan Hypokalaemia.
  3. Interaksi obat yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Penggunaan obat Artesunate tidak dapat digunakan tanpa menggunakan resep dari dokter. Obat ini digunakan untuk penyembuhan dan perawatan penyakit malaria berat. Artesunate dapat digunakan dengan cara diminum seperti obat oral lainnya. Obat ini tidak dianjurkan digunakan sebagai infus, dll.

Ukuran Dosis Obat Artesunate

  • Dosis Untuk Orang Dewasa
    • Dosis total 600 – 800 mg/hari
    • Obat ini diberikan selama 5 – 7 hari berturut-turut dengan pengkonsumsian 3 kali sehari.
  • Dosis Untuk Anak-Anak
    • Dosis total 12 mg/hari
    • Obat ini diberikan selama 5 – 7 hari berturut-turut dengan pengkonsumsian 3 kali sehari.
  • Dosis Untuk Injeksi : dosis awal adalah 2,4 mg/kg BB per i.v. Setelah itu obat dapat diberikan dalam dosis yang sama setiap 12 jam dalam 24 jam (2 kali sehari). Setelah itu pada hari ke 2 – ke 5, obat Artesunate diberikan sekitar 2,4 mg/kg dalam 24 jam sekali.

Ciri – Ciri Obat Artesunate

Obat dengan kandungan garam Artesunate umumnya berbentuk pil atau tablet yang digunakan dengan cara diminum. Obat ini sebenarnya dapat diberikan kepada pasien dengan cara injeksi (bukan infus). Selain itu obat Artesunate dapat anda temukan pada apotek, dokter, atau medis terkait.

Apa yang Terjadi Jika Overdosis?

Overdosis adalah keadaan dimana pasien mengkonsumsi obat lebih banyak dari yang semestinya di anjurkan. Biasanya keadaan ini menimbulkan beberapa efek samping yang bereaksi di dalam tubuh seperti muntah, pusing, kejang, hipersensitive, demam, hingga gejala lainnya.

Penggunaan obat Artesunate sebaiknya jangan dikonsumsi melebihi dosis yang sudah diresepkan oleh dokter. Apabila ingin menambah dosis untuk penyembuhan yang lebih optimal, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter yang terkait. Namun apabila penambahan dosis yang dilakukan menimbulkan beberapa efek samping yang tidak sewajarnya. Maka segeralah bawa pasien ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Bagaimana Cara Penyimpanannya?

  1. Simpan Artesunate pada suhu atau temperatur ruangan yang stabil, jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung.
  2. Jangan menyimpan Artesunate dalam suhu udara di bawah minus hingga membuat obat menjadi beku. Obat hanya dapat dibekukan jika diperlukan saja.
  3. Jauhkan dari jangkauan anak-anak ataupun hewan peliharaan yang ada di rumah.
  4. Hindari untuk membuang obat Artesunate pada ruang toilet atau ke drainasse. Karena jika dilakukan dapat mengkontaminasi ruang atau lingkungan sekitar.
  5. Selalu lakukan konsultasi pada pihak dokter yang terkait atau pihak apoteker untuk kebaikan dalam penggunaan serta penyimPanan obat-obat Artesunate secara aman.

Efek Samping Obat Artesunate

Beberapa kondisi kesehatan tertentu biasanya penggunaan Artesunate akan menimbulkan beberapa gejala atas reaksi efek samping yang didapatkan dari obat ini. Efek samping yang dialami mungkin sifatnya tidak terlalu parah, dimana anda akan mengalami beberapa gangguan tubuh tertentu dalam jangka yang lumayan pendek. Selain itu, sifatnya kontraduktif, dimana antara pengguna satu dengan pengguna lainnya tidak mengalami efek samping yang sama.

Berikut beberapa efek samping atas penggunaan Artesunate yang mungkin saja bisa terjadi :

  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Badan letih dan lesu
  • Batuk
  • Ruam dan gatal di kulit
  • Detak jantung yang tidak normal
  • Sakit di bagian otot dan persendian
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Pankreatitis
  • Mata berkunang-kunang
  • Pandangan kabur
  • Arhralgia
  • Insomnia
  • Tinnitus
  • Anoreksia
  • Anemia
  • Neutropenia
  • Kantuk, dll.

Jika gejala di atas anda rasakan setelah pengkonsumsian obat Artesunate, maka segera konsultasikan ke dokter atau pihak medis terkait untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Peringatan Penggunaan Artesunate

Sebelum melakukan penggunaan Artesunate, maka selalu informasikan kepada pihak medis mengenai riwayat kesehatan anda sebelumnya. Misalnya seperti adanya alergi, sensitivitas di bagian tubuh lain, penyakit atau kelainan tertentu, penggunaan obat tertentu seperti vitamin, suplemen, herbal atau lainnya. Karena dibeberapa kondisi kesehatan tertentu anda akan lebih kebal dengan penggunaan obat semacam ini.

Peringatan lain juga harus diperhatikan jik suntikan yang dilakukan pada pasien penderita malaria berat dengan menggunakan obat Artesunate mengalami kekuruhan setelah dilakukan pelarutan. Obat ini dapat digunakan dengan cara peminuman seperti obat oral lainnya. Selain itu obat tidak dianjurkan digunakan dalam bentuk infus dan sebagainya.

Beberapa peringatan penting atas penggunaan obat Artesunate yang harus anda perhatikan:

  • Rencana untuk melakukan program kehamilan
  • Saat hamil
  • Menyusui
  • Pasca operasi
  • Penggunaan bagi anak-anak
  • Gangguan pendarahan
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit Peyronie
  • Hipersensitivitas

Saat penggunaan obat Artesunate, anda sedang mengkonsumsi obat lain dalam waktu yang bersamaan, maka efek dari Artesunate akan mengalami perubahan. Hal ini akan menimbulkan efek samping atas penggunaan obat Artesunate atau bahkan reaksi obat yang tidak dapat bekerja secara maksimal. Maka sebaiknya selalu katakan pada pihak medis atau dokter yang berkaitan mengenai kondisi kesehatan atau pengkonsumsian obat lain yang anda lakukan.

Berikut interaksi obat lain yang dapat mengganggu kinerja obat-obat dalam golongan Asenapine:

  • Meflokuin yang dapat meningkatkan efek kuratif
  • Chloroquine
  • Mefloquine
  • HIV Drugs
  • Protease Inhibitors
  • Primaquine
  • Non-Nucleoside Reverse Transcriptas Inhibotors

Apakah Obat Artesunate Dapat Digunakan Untuk Penyembuhan Penyakit Malaria Berat?

Ya, obat Artesunate memang digunakan dalam metode perawatan dan penyembuhan malaria berat termasuk malaria Plasmodium Falciparum yang telah beresisten terhadap klorokuin. Obat ini digunakan bagi para penyakit penderita malaria tropika dengan resep dari dokter terkait.

Apakah Obat Artesunate Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Penggunaan obat Artesunate harus disesuaikan berdasarkan dosis yang diresepkan dan dianjurkan oleh dokter. Obat-obat dalam golongan Artesunate tidak boleh digunakan secara pribadi tanpa menggunakan resep medis, hal ini untuk mengurangi terjadinya overdosis yang berdampak pada efek samping atas reaksi yang diberikan. Termasuk pengkonsumsiannya pada Ibu hamil dan penyusui.

Apakah Obat Artesunate Dapat Disertakan dengan Indikasi Obat Lain?

Pada penggunaan jenis obat Artesunate, pasien harus menginformasikan atas penggunaan obat-obat yang lain, seperti vitamin, suplemen, obat herbal, dan beberapa obat lain. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kontraindikasi obat pada zat adiktif yang terkandung dalam obat lain. Jadi selalu beri informasi secara terbuka pada dokter yang menangani anda.

Apakah Obat Artesunate Aman Digunakan Untuk Berkendara Setelah Pasien Mengkonsumsinya?

Obat Artesunate menimbulkan efek samping ringan berupa rasa kantuk yang berlebih. Biasanya setelah pengkonsumsian obat Artesunate, pasien dianjurkan untuk beristirahat. Jadi apabila setelah penggunaan obat ini pasien memutuskan untuk berkendara sendiri, maka sebaiknya hindari karena bisa jadi tubuh pasien akan mengalami rasa kantuk yang berlebih.

Apakah Obat Artesunate Digunakan Pasca Operasi?

Sebagai obat yang digunakan dalam metode perawatan, pengobatan dan pencegahan, Artesunate dapat digunakan untuk pasien pasca operasi. Penggunaan obat ini terutama bagi pasien setelah melakukan operasi, dosis dapat disesuaikan dengan anjuran yang diberikan oleh pihak medis atau dokter yang menangani.

Apakah Obat Artesunate Dapat Membuat Pasien Ketagihan?

Penggunaan obat Artesunate sebagian besar tidak menimbulkan reaksi ketergantungan atau ketagihan. Obat ini dikategorikan sebagai obat yang aman digunakan tanpa efek ketagihan yang dapat ditimbulkan. Namun, dalam penggunaan obat Artesunate maka selalu patuhi dosis yang berlaku pada label kemasan atau bisa juga dengan melakukan konsultasi ke dokter atau pihak medis yang terkait.

Apakah Penggunaan Artesunate Dapat Dihentikan Secara Langsung?

Dalam penggunaan obat Artesunate maka sebaiknya tidak langsung dihentikan secara langsung. Anda dapat mengurangi ukuran dosis secara bertahap. Karena jika dihentikan secara langsung kemungkinan reaksi obat akan menimbulkan efek timbal balik yang kurang positif. Jika ingin menghentikan pemakaian atau penggunaan Artesunate, maka konsultasikan kepada pihak medis mengenai cara terbaik untuk menghentikan pemakaian obat ini.

You may also like