Khasiat Susu Kental Manis Untuk Kesehatan Tubuh

327

Di pasaran cukup banyak jenis susu dan olahan susu beredar secara bebas, dimana salah satu diantaranya adalah susu kental manis. Rasanya gurih dan enak dengan harga dibandrol cukup terjangkau sehingga sekarang ini susu kental manis menjadi primadona.

Apakah susu kental manis bukan merupakan produk susu ?

Kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan bahwa beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa susu adalah sebuah produk / bahan makanan yang dihasilkan oleh kelenjar – kelenjar susu dan hanya ada di dalam tubuh kelompok Mamalia saja. Manusia sendiri dapat dimasukkan ke dalam golongan Mamalia khususnya kaum hawa mampu memproduksi ASI dalam jumlah mencukupi dan bersifat menyehatkan calon bayi.

Nah dari keterangan tersebut di atas berarti bahwa beberapa jenis susu yang dibuat dari bahan dasar berupa nabati seperti susu Kedelai tidak dapat diklaim sebagai olahan produk susu meskipun bentuk dan rasa layaknya susu murni ! Sama seperti susu kental manis kalengan, dimana banyak pakar kesehatan menilai bahwa susu jenis ini tidak dapat termasuk ke dalam golongan susu murni, jadi sama dengan susu Kedelai yaitu bukan seratus persen produk olahan susu.

Menurut BPOM menjelaskan bahwa organisasi ini sudah mengatur tentang isu apakah susu kental manis dapat dikelompokkan sebagai produk olahan susu ? BPOM mengaturnya dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan No. 21 tahun 2016 tentang kategori kelompok pangan. Dijelaskan lebih lanjut bahwa susu kental manis adalah produk susu yang dalam prosesnya menghilangkan sebagian kandungan air sehingga berbentuk cairan kental.

Apakah kandungan gizi yang terdapat di dalam susu kental manis ?

Beberapa kabar berita beredar bahwa kandungan gizi dari susu kental manis kalengan didominasi oleh gula ! Kandungan gula dan lemak di dalam susu kental manis mencapai sekitar 70 % dan beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa kabar ini tidak benar (dari berbagai sumber berita). Kandungan susu kental manis yang sebenarnya sudah diatur dalam ‘Standar Nasional Indonesia No. 2971 tahun 2011’ yang lalu. Di dalam susu jenis ini dijelaskan bahwa :

  • Mengandung gula susu kental manis kisaran 51% s/d 56%.
  • Mengandung lemak susu kental manis kisaran 43% s/d 48%.

Nah kesimpulannya adalah dilihat dari sudut karakteristik dan aturan yang diaplikasikan, susu kental manis dapat dimasukkan ke dalam kelompok produk susu. Dimana cara meminumnya disarankan dicampur dengan air panas secukupnya takaran susu agar kandungan di dalam susu setara dengan susu bubuk lainnya.

Apakah khasiat dari susu kental manis bagi kebugaran dan kesehatan tubuh anda ?

Langsung saja simak ulasan singkat dari kami tersebut di bawah ini :

  • Susu kental manis bermanfaat untuk memberi dukungan terhadap proses pemenuhan kebutuhan asupan gizi yang mencukupi terhadap tubuh anda. Kandungan di dalam susu jenis ini adalah Kalsium dan terdiri dari beragam asupan gizi yang bersifat makro dan mikro. Sangat diperlukan oleh tubuh anda. Yang dimaksud dengan gizi makro adalah terdiri dari Karbohidrat, Protein, dan Lemak. Sedangkan yang dimaksud dengan gizi mikro adalah terdiri atas Vitamin dan Mineral.
  • Bagus untuk memperbaiki kualitas tidur. Dengan anda suka mengonsumsi susu setiap malam hari maka dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari, seperti halnya produk susu sapi yang lainnya berbentuk bubuk, terdapat zat Asam Amino di dalamnya yang dibutuhkan tubuh untuk dapat beristirahat.
  • Yang terakhir adalah susu kental manis tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti tersebut di atas, juga dapat menambah cita rasa lezat pada makanan dan minuman. Bisa dicampurkan dengan beragam makanan / minuman manis dan bergizi.

Apakah manfaat dari susu kental manis untuk wajah ?

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan tentang manfaat apa saja yang diperoleh dari susu kental manis untuk perawatan wajah, adalah sebagai berikut :

1/Mencegah terjadinya penuaan dini

Manfaat susu kental manis yang pertama adalah dijadikan sebagai masker untuk perawatan wajah agar tidak terjadi penuaan dini. Caranya adalah campurkan susu kental manis 100 ml dengan buah stroberi ranum sekitar 50 gr, haluskan hingga membentuk pasta lalu bersihkan wajah dan oleskan dengan masker ini. Biarkan selama 30 menit lalu basuh dengan air bersih, Rutin lakukan setiap hari hingga mendapatkan wajah yang awet muda.

2/Menghilangkan flek hitam

Semakin tua usia maka wajah akan rentan terserang flek / noda hitam. Nah cara alami dalam menghilangkan noda hitam ini adalah dengan mengaplikasikan masker dari susu kental manis. Caranya adalah bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan susu kental manis pada area wajah yang terkena noda hitam. Lakukan dengan rutin sekali sehari selama wajah anda terlihat kusam.

3/Menghilangkan mata panda

Mata panda adalah kondisi buruk dimana muncul lingkaran hitam di kedua area mata dan menjadi masalah besar khususnya bagi remaja putri yang suka tampil sempurna ketika sedang berada di luar rumah. Penampilan mereka menjadi kurang cantik dan menarik karena ada kantung mata hitam di area bawah kedua mata. Gunakan susu kental manis untuk menyamarkan kantung mata yang berwarna hitam.

Caranya adalah cukup diseduh susu kental manis dengan air mendidih secukupnya saja, lalu aduk rata dan dinginkan. Baru dimasukkan ke dalam kulkas selama 1 jam. Bersihkan wajah, keringkan lalu ambil kapas dua lembar cukup tebal dan celupkan ke susu, selanjutnya kompres mata sekitar 15 menit saja. Rutin lakukan selama anda sakit hingga menghasilkan wajah yang bersih. 

4/Mencerahkan kulit wajah

Sama seperti cara tersebut di atas, bersihkan wajah lalu oleskan susu kental manis ke area wajah dan leher tipis – tipis dan merata, diamkan sambil relaks sekitar 30 menit lalu mandi dengan air dingin / air hangat. Lakukan dengan rutin 2 s/d 3 kali dalam seminggu hingga terlihat wajah anda cerah.

5/Mengencangkan kulit

Caranya adalah campurkan 1 sdm susu kental manis, 1 sdm parutan wortel, dan secukupnya saja madu murni. Aduk rata hingga membentuk masker dan dapat anda aplikasikan setiap malam hari menjelang anda tidur, selama 15 menit saja lalu basuh wajah dengan memakai air hangat. Dapat juga untuk menghilangkan noda – noda bekas jerawat.

Itulah ulasan singkat mengenai kandungan susu kental manis yang memiliki banyak manfaat selain bercita rasa enak dan gurih sebagai pelengkap makan menu sarapan pagi seperti roti tawar atau secangkir minuman cokelat. Semoga berguna bagi anda.