6 Efek Samping Air Tebu Untuk Kesehatan

7765

Efek samping air tebu merupakan dampak buruk akibat telah ditambahkan gula buatan atau bahan lain yang memicu munculnya keluhan kesehatan. Air tebu adalah salah satu minuman pelepas dahaga yang memiliki efek menyegarkan dan mampu memulihkan kondisi tubuh yang sedang mengalami kelelahan.

Efek samping

6 efek samping jika mengkonsumsi air tebu secara tidak bijak :

1. Gula darah meningkat
Efek samping Air tebu yang telah ditambahkan dengan gula buatan jika dikonsumsi secara berkebihan dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan memicu diabetes. Gula buatan mampu merangsang organ pankreas untuk aktif mengeluarkan insulin yaitu hormon yang mampu mengendalikan kestabilan kadar gula dalam darah. Kondisi ini dapat menyebabkan kadar gula meningkat tajam.
Baca juga : Cara menurunkan gula darah tinggi secara alami

2. Batuk berdahak
Efek samping air tebu yang menyerang anak anak adalah berupa sering terserang batuk batuk yang mendadak yang sebelumnya diawali dengan kerongkongan yang gatal dan serak. Air tebu biasanya dicampurkan dengan biang gula agar rasanya menjadi tambah manis dapat menyebabkan batuk batuk terutama batuk berdahak, Hal itu disebabkan akibat tenggorokan mengalami iritasi. Baca juga : Cara mengobati Batuk berdahak secara alami

3. Cepat dahaga
Air tebu memang sangat manis dan menyegarkan dahaga namun cepat menyebabkan dahaga datang kembali. Dahaga yang datang akan dua kali lipat terasa sangat menyiksa dan akibatnya seseorang bisa mengalami mulut pahit dan kering. Efek samping air tebu yang paling mudah terjadi karena rasa manis alaminya yang melebihi rasa gula pasir.

4. Bobot tubuh meningkat
Terlalu sering minum minuman air tebu dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kegemukan. Rasa manis yang dihasilkan dari air tebu mampu menyebabkan seseorang terserang rasa lapar dan ingin terus mengemil makanan ringan. Kondisi ini menyebabkan seseorang akan berpotensi menderita peningkatan bobot tubuh yang signifikan.

5. Sakit perut
Air tebu dapat menyebabkan sakit perut pada segala usia jika didalamnya telah terakumulasi dengan debu dan kotoran lain hasil dari radikal bebas yang telah terkontiminasi dengan bakteri. Jika sistem pencernaan telah ditunggangi bakteri maka akan mengiritasi dinding lambung dan usus yang memicu sakit perut yang dibarengi dengan mencret atau diare.

6. Sariawan
Efek samping air tebu berpotensi mudah terjadi ketika seseorang menikmati tebu dengan cara menghisap sari tebu dan menggigit daging batang tebu beresiko menyebabkan luka dan sariawan. Serabut halus yang ada pada tebu dapat menimbulkan gesekan gesekan antara bibir dan serabut tebu yang berpotensi mengakibatkan iritasi atau luka yang lama lama nantinya adalah cikal bakal munculnya sariawan.
Baca juga : Obat Sariawan

Solusi
Tips terbaik dan paling aman mengkonsumsi air tebu

• Hancurkan daging tebu yang telah dikupas bersih lalu peraslah sarinya. Sari air tebu tidak ditambahkan pemanis buatan kecuali madu dan gula jagung. Tetapi sari tebu yang langsung dinikmati tanpa ada penambahan gula apapun sudah lebih nikmat rasanya.

• Tidak mengkonsumsi air tebu dalam keadaan telah berada didalam cawan atau gelaas selama lebih tiga hari walaupun telah disimpan didalam lemari pendingin, Karena rasa manis dalam tebu mudah terakumulasi dengan udara dingin yang menyebabkan rasa menjadi tidak nikmat lagi dan berubah sedikit asam.

• Tidak menyimpan batang tebu yang siap diolah untuk diperas airnya pada sembarang tempat karena beresiko dilewati , Digigiti lalu terkencingi oleh tikus yang dapat menyebabkan penyakit leptospirosis yang dapat menyebabkan kematian.

Penting : Mengkonsumsi air tebu pada dasarnya tidak berbahaya asalkan dikonsumsi secara moderat atau wajar dan dalam kondisi tidak terkontiminasi dengan bakteri atau radikal bebas. Ada baiknya bersihkan langsung batang tebu sesaat setelah tercabut dari tempatnya tumbuh. Setelah dibersihkan simpanlah pada lemari pendingin atau langsung diolah pada mesin pemerah tebu agar citarasanya dapat dinikmati secara maksimal.