Kliran – Fungsi – Obat Apa – Dosis – Dan Cara Penggunaan

205

Kliran merupakan obat yang diproduksi oleh PT. Bernofarm yang tersedia dalam bentuk tablet salut selaput. Di dalam Kliran, terkandung ondansetron yang berperan di dalam mengatasi mual dan juga muntah yang mana kondisi ini diakibatkan oleh kemoterapi. Sekedar informasi bahwa kemoterapi merupakan sebuah metode pengobatan kanker menggunakan obat-obatan.

Ada juga yang berpendapat bahwa kemoterapi merupakan pengobatan kanker dengan memanfaatkan obat yang dirancang khusus untuk membunuh sel kanker. Kebanyakan orang yang menjalani kemoterapi akan dilakukan di rumah sakit dengan metode memasukkan obat melalui infus alias disuntik. Namun, seiring dengan perkembangan di dunia medis, maka para ahli sudah menemukan sebuah metode pemberian obat dengan cara diminum.

Pengobatan kanker menggunakan kemoterapi sudah tentu akan menimbulkan efek samping. Salah satu efek samping yang dialami adalah mual dan muntah. Namun, kondisi tersebut masih bisa diatasi salah satunya dengan cara mengkonsumsi Kliran. Untuk bisa memperoleh Kliran, maka anda harus menyertakan resep dokter karena anda tidak bisa mendaptkan secara sembarangan di apotek.

Di bawah ini akan kami berikan informasi lain yang berhubungan dengan Kliran:

  • Kliran merupakan obat yang digunakan untuk mengobati mual tanpa muntah yang disebabkan oleh pengobatan menggunakan kemoterapi.
  • Kliran juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah berupa mual dan muntah yang disebabkan oleh radioterapi.
  • Obat ini juga diindikasikan untuk mengobati mual dan muntah yang dialami setelah menjalani operasi.

Dosis Kliran

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada anda seputar takaran dosis Kliran:

  • Dosis yang diberikan untuk mengatasi mual dan juga muntah yang disebabkan oleh radioterapi adalah 8 mg. Dosis tersebut harus diberikan secara oral untuk setiap 12 jam. Nantinya dosis akan dimulai pada saat 1 sampai dengan 2 jam sebelum menjalankan radioterapi.
  • Dosis yang nanti akan diberikan kepada anak-anak yang usianya lebih dari 4 tahun adalah 5 mg/mL. Dosis tersebut akan diberikan secara IV dalam setiap 15 menit sebelum menjalani kemoterapi. Kemudian, dosis akan dilanjutkan dengan dosis oral yaitu sebanyak 4 mg untuk setiap 12 jam.
  • Seseorang yang mengkonsumsi Kliran bisa mengkonsumsinya bersama makanan maupun tidak.

Cara Penggunaan Kliran

Beberapa hal yang berhubungan dengan cara penggunaan Kliran adalah sebagai berikut:

  1. Kliran harus selalu digunakan sebagaimana dosis yang sudah ditentukan oleh dokter.
  2. Anda jangan sekali-kali menambah maupun juga mengurangi dosis Kliran jika tidak mendapatkan izin dokter.
  3. Jika selama menggunakan Kliran ternyata menimbulkan reaksi alergi seperti ruam kulit atau gatal, maka anda harus segera menghubungi dokter.
  4. Yang tidak kalah penting, Kliran harus digunakan secara rutin dan dianjurkan di jam yang sama. Tujuannya untuk membuat Kliran semakin bekerja lebih efektif.
  5. Selama menggunakan Kliran, pasien dilarang mengkonsumsi alkohol maupun merokok.

Cara Penyimpanan Kliran

  1. Simpanlah Kliran di tempat yang memiliki suhu ruangan, yakni kering dan tidak lembab.
  2. Jangan pernah menyimpan Kliran di tempat yang dekat dengan benda yang mengeluarkan bau menyengat.
  3. Jauhkan Kliran dari jangkauan anak-anak dan jauhkan dari tempat makan.