KA-EN 4B – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

276

Apakah anda tahu apa itu KA-EN 4B? Mungkin banyak dari anda yang memang masih belum mengetahui obat yang satu ini. KA-EN 4B merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan larutan yang memiliki pengaruh terhadap keseimbangan elektrolit yang biasanya digunakan sebagai larutan intravena.

KA-EN 4B berbentuk infus yang tentunya cara penggunaannya adalah dengan dimasukkan ke dalam tubuh. KA-EN 4B diproduksi oleh PT. Otsuka Indonesia dan tergolong ke dalam obat keras. Artinya, ketika anda menggunakan obat ini, maka anda harus memperhatikan segala instruksi yang telah diberikan oleh dokter. Dengan begitu, penggunaan KA-EN 4B akan memberikan hasil yang maksimal untuk kesembuhan anda.

Berikut ini kami akan memberikan informasi yang lebih lengkap seputar KA-EN 4B, termasuk tentang seperti apa dosis dan cara pemakaian yang tepat sesuai dengan ketentuan medis.

Fungsi KA-EN 4B

Perlu anda ketahui bahwa indikasi dari KA-EN 4B adalah sebagai obat untuk memelihara keseimbangan elektrolit dan juga air dalam kondisi dimana seseorang memperoleh asupan makanan yang tidak cukup atau tidak bisa mengkonsumsi makanan.

Komposisi KA-EN 4B

Adapun mengenai komposisi yang ada di dalam KA-EN 4B antara lain:

  • Na 50 sebanyak meq
  • K 20 meq
  • Cl 50 sebanyak meq
  • Lactate 20 meq
  • Glucose sebanyak 27 gram

Kontraindikasi KA-EN 4B

  • Perlu anda tahu bahwasanya KA-EN 4B tidak boleh diberikan kepada seseorang yang pernah mengalami oliguria dan juga hiperkalemia. Oliguria merupakan sebuah kondisi dimana pengeluaran urin kurang dari 1 ml/kg/jam yang dialami oleh bayi, sementara kurang dari 0.5 ml/kg/jam pada anak-anak, dan juga kurang dari 400 ml/kg/jam pada orang dewasa. Adapun untuk hiperkalemia, ia merupakan kondisi kelebihan kalium dalam tubuh yang mencapai lebih dari 5 mEq/L darah.
  • KA-EN 4B juga tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang pernah mengalami alergi atau penyakit addison maupun juga pasien yang memiliki kelebihan kadar natrium.
  • Obat ini akan berkontraindikasi jika digunakan oleh pasien yang pernah mengalami cidera hati yang berat.
  • Selain itu, diketahui juga bahwa KA-EN 4B akan berkontraindikasi terhadap pasien yang mengalami aritmia jantung.

Dosis KA-EN 4B

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa KA-EN 4B merupakan obat keras, dimana anda harus benar-benar memperhatikan takaran dosis yang anda gunakan. Untuk dosis secara umum yang diberikan kepada anak-anak maupun juga orang dewasa yang usianya lebih dari 3 tahun atau yang sudah memiliki berat badan lebih dari 15 kg adalah 500 sampai dengan 1000 mL.

Dosis tersebut diberikan pada satu kali pemberian dan diberikan secara IV atau intravena drip. Dosis ini harus diberikan secara rutin guna membuat KA-EN 4B bisa bekerja lebih maksimal demi kesembuhan anda.

Harga KA-EN 4B

Adapun mengenai harga yang harus anda keluarkan ketika membeli KA-EN 4B adalah Rp. 27.500. Namun, kemungkinan harga tersebut bisa berubah-ubah tergantung kebijakan tempat anda membeli obat tersebut.

Cara Penggunaan KA-EN 4B

  1. KA-EN 4B harus selalu digunakan sebagaimana instruksi yang sudah diberikan.
  2. Karena obat ini obat keras, anda tidak boleh secara sembarangan meningkatkan takaran dosis tanpa mendapatkan persetujuan dari dokter.
  3. Untuk penggunaan jangka waktu yang lama, kami menyarankan agar supaya anda bertanya terlebih dahulu kepada dokter.
  4. Selalu gunakan KA-EN 4B secara rutin dan disarankan di jam yang sama untuk semakin meningkatkan tingkat keefektifan dari obat ini.
  5. Jika selama menggunakan KA-EN 4B ternyata anda mengalami gatal atau ruam kulit, maka segera hubungi dokter.