Home Featured Sering Disepelekan, Ini 7 Penyebab Penyakit Asma Bronkial

Sering Disepelekan, Ini 7 Penyebab Penyakit Asma Bronkial

by Putri Yohani Masnun

Asma bronkial merupakan salah satu jenis asma yang paling umum terjadi, dengan peradangan pada saluran bronkus dan menyebabkan produksi lendir berlebih. Pembengkakan pada bronkus ditambah lendir yang berlebih pada paru-paru menyebabkan saluran napas tersumbat sehingga penderitanya akan mengalami kesulitan bernapas. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun gejalanya dapat dikendalikan agar tidak kambuh dengan melakukan berbagai terapi. Penyebab penyakit asma bronkial dapat dipicu oleh berbagai faktor sebagai berikut.

1. Asap Rokok

Perokok aktif maupun pasif dapat mengalami penyakit asma bronkial kapan saja, akibat paparan senyawa berbahaya dari asap rokok yang dihirup. Selain asap rokok, berbagai zat racun dari polusi, asap kendaraan, debu hingga parfum atau wewangian yang bertebaran di udara juga dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami ciri-ciri asma.

2. Infeksi Virus

Infeksi berbagai jenis virus pada saluran pernapasan atas dapat menyebabkan seseorang terkena asma, bahkan asma dapat beresiko kambuh berulang kali. Karena itu, jangan pernah sepele jika Anda menderita penyakit pilek dan flu, apalagi jika sampai pernah mengalami pneumonia karena virus yang menyerang dapat menyebabkan peradangan pada bronkus.

3. Alergen

Salah satu penyebab seseorang terserang asma adalah karena adanya reaksi alergi terhadap alergen tertentu. Beberapa orang dapat mengalami alergi jika di sekitarnya terdapat hewan tertentu, serbuk sari, jamur hingga tungau. Karena itu, untuk mencegah terjadinya asma, orang yang mudah alergi harus menghindari lingkungan yang terdapat alergen di sekitarnya.

4. Faktor Cuaca

Penyakit asma juga sangat dipengaruhi oleh cuaca, terutama untuk cuaca yang dingin, berangin hingga perubahan cuaca yang terlalu ekstrem. Sebagai cara mencegah alergi dingin, penderita asma dapat memakai baju yang hangat dan menghindari keluar rumah atau beraktivitas di luar ruangan.

5. Olahraga

Banyak orang yang beranggapan penderita asma tidak boleh berolahraga agar asmanya tidak kambuh. Padahal olahraga yang tepat dan sesuai bisa membantu mencegah munculnya gejala penyakit asma. Namun, tentu saja jenis olahraga yang dilakukan perlu diperhatikan. Penderita asma sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat yang dapat membuat napas menjadi berat.

6. Stres Berat

Banyak penyakit yang dapat muncul saat seseorang sedang mengalami stres. Stres berat atau depresi dapat membuat pikiran tertekan, menyebabkan kondisi tubuh menjadi asam dan menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Salah satu dampak dari stres adalah timbulnya penyakit asma, karena itu hindari stres agar kesehatan selalu terjaga.

7. Obat-obatan

Obat diproduksi dengan tujuan untuk membantu penyembuhan penyakit, namun beberapa jenis obat tertentu dapat menimbulkan efek samping sehingga memicu penyakit lainnya muncul. Jenis obat seperti aspirin, beta-blocker dan NSAID dapat memicu munculnya penyakit asma pada seseorang.

Itulah penyebab penyakit asma bronkial yang penting untuk kita ketahui, agar kita dapat lebih waspada dan menghindarinya. Penyebab asma pada anak dan orang dewasa seperti yang dijelaskan di atas tidak hanya penting dipahami oleh penderita asma saja, namun juga keluarga dan orang-orang di sekitarnya agar dapat membantu penderita asma mencegah penyakit asma muncul.

You may also like