Home Featured 6 Penyebab Asma pada Anak Wajib Ibu Ketahui

6 Penyebab Asma pada Anak Wajib Ibu Ketahui

by Putri Yohani Masnun

Penyakit asma dapat terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak dan dapat menyebabkan sesak napas ketika kambuh. Penyakit ini merupakan penyakit kronis dimana saluran napas mengalami penyempitan sehingga menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas. Jika terjadi pada anak, penyakit ini dapat membuatnya menjadi lemas dan tidak dapat beraktivitas dengan lancar. Tentunya ini penyakit ini harus diatasi agar anak dapat kembali aktif, tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja penyebab asma pada anak, seperti berikut ini.

1. Lahir Prematur

Anak yang terlahir prematur jauh lebih rentan menderita asma, karena dalam kondisi tersebut biasanya paru-paru belum benar-benar matang sehingga kerap mengalami gangguan kesehatan. Apalagi bayi prematur cenderung lahir dengan berat badan rendah, daya tahan tubuhnya lebih lemah dan rentan terserang penyakit.

2. Alergi

Alergi terhadap apapun seperti debu, makanan atau polusi dapat meningkatkan resiko penyakit asma dan memudahkan penyakit tersebut untuk kambuh berulang kali. Hal ini dikarenakan saat tubuh mengeluarkan reaksi alergi, saluran pernapasan dapat mengalami peradangan dan menyempit sehingga menyebabkan sesak napas.

3. Faktor Keturunan

Anak-anak yang orang tua atau anggota keluarganya memiliki riwayat penyakit asma akan lebih beresiko mengalami penyakit yang sama, termasuk penyakit asma. Hal ini dikarenakan sifat genetik yang diturunkan, karena itu anak yang menderita penyakit asma karena faktor ini lebih sulit untuk disembuhkan.

4. Infeksi Saluran Pernapasan

Jika anak sering mengalami infeksi saluran pernapasan yang terjadi berulang kali, seperti pneumonia pada anak misalnya, maka penyakit asma akan mudah menyerang. Infeksi saluran pernapasan membuat saluran napas mengalami peradangan sehingga dapat membengkak dan memicu munculnya asma.

5. Terpapar Asap Rokok

Baik anak-anak maupun orang dewasa sama rentannya dengan penyakit asma jika sering terpapar asap rokok. Asap rokok mengandung banyak senyawa berbahaya, bila terhirup maka zat racun di dalamnya akan menempel pada saluran pernapasan dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius. Tidak hanya menyebabkan asma, asap rokok juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan lainnya bahkan hingga kanker paru.

6. Masalah Kulit Kronis

Ternyata, penyakit asma juga dapat dipicu dengan adanya penyakit kulit kronis yang diderita, seperti penyakit eksim misalnya. Anak-anak yang mengalami masalah tersebut harus berkonsultasi dengan dokter segera untuk mencegah terjadinya penyakit asma sebelum penyakit tersebut muncul.

Itulah penyebab penyakit asma pada anak yang sebaiknya diwaspadai setiap orang tua. Penyakit ini mungkin tidak sampai menimbulkan kematian, namun dapat sangat menyiksa karena rasa sakitnya. Apalagi anak-anak masih dalam usia yang aktif, jika terkena asma tentu anak menjadi tidak bersemangat untuk melakukan apapun dan tentu saja ini tidak baik untuk perkembangannya. Waspadai penyakit yang menyebabkan sesak napas ini dan segera bawa ke dokter jika anak mengalami ciri-ciri asma.

You may also like