Home Featured Waspadai! Penyakit Yang Menyebabkan Sesak Nafas

Waspadai! Penyakit Yang Menyebabkan Sesak Nafas

by Tri Astuti

Sesak nafas adalah sensasi ketika dada terasa sesak dan pola nafas menjadi sangat pendek atau tidak seperti biasanya. Dalam istilah medis kondisi ini sebut dengan dispnea. Sesak nafas akan membuat dada menjadi berat dan perasaan tidak cukup untuk bernafas dengan baik. Orang yang sering merasa sesak nafas seperti akibat obesitas, olahraga dan dampak dari asap atau polusi udara. Namun sebenarnya sesak nafas juga bisa jadi tanda atau disebabkan oleh penyakit tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang menyebabkan sesak nafas dan harus diwaspadai.

  1. Asma

Asma adalah sebuah kondisi ketika saluran udara menuju paru-paru mengalami penyempitan dan pembengkakan sehingga lendir pada saluran ini menjadi sangat banyak. Kondisi ini yang membuat penderita sulit bernafas, batuk dan mengi. Asma memang bukan penyakit yang bisa disembuhkan tapi bisa dikelola dengan baik. Penderita harus menjauhi semua pemicu asma termasuk alergi, istirahat cukup dan hidup dengan sehat.

  1. Serangan Jantung

Serangan jantung juga akan menyebabkan aliran darah ke jantung tersumbat sehingga paru-paru juga tidak bekerja dengan normal. Kondisi ini paling sering terjadi karena adanya penyumbatan akibat kolesterol, zat berbahaya dan lemak pada arteri yang kemudian membentuk plak. Serangan jantung mendadak paling sering terjadi pada penyakit jantung koroner. Selain serangan jantung maka penyakit gagal jantung juga akan menyebabkan sesak nafas mendadak pada penderitanya.

  1. Tekanan Darah Rendah

Kondisi tekanan darah rendah juga bisa menyebabkan sesak nafas dan gejala ini paling sering diabaikan. Tekanan darah yang tidak normal atau hipotensi akan menyebabkan sakit kepala, sesak nafas dan pingsan. Dalam kondisi yang sangat buruk maka bisa menyebabkan kematian mendadak. Penyebab tekanan darah rendah termasuk seperti dehidrasi, pendarahan dan operasi medis.

  1. Pneumonia

Orang yang menderita penyakit pneumonia juga bisa terkena sesak nafas yang cukup sering. Sebenarnya hal ini terjadi ketika ada infeksi yang berkembang pada salah satu atau dua paru-paru penerita. Akhirnya paru-paru akan berisi nanah atau cairan. Selain sesak nafas maka juga disertai gejala lain seperti demam, menggigil dan batuk berdahak.

  1. Kondisi Tertentu

Selain beberapa penyakit tersebut maka sesak nafas juga bisa terjadi karena masalah kesehatan tertentu. Misalnya seperti:

  • Keracunan karbon monoksida.
  • Pneumothorax akibat trauma atau kecelakaan.
  • Pendarahan akibat kecelakaan atau prosedur medis.
  • Sumbatan pada saluran pernafasan, misalnya kasus anak kecil menelan mainan atau koin.

Itulah beberapa penyakit yang menyebabkan sesak nafas dan harus diwaspadai. Karena itu segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika sudah mengalami beberapa gejala tersebut.

You may also like