Home Featured Waspadai 6 Penyebab Asma Kambuh Lagi Setiap Hari

Waspadai 6 Penyebab Asma Kambuh Lagi Setiap Hari

by Putri Yohani Masnun

Penyakit asma termasuk salah satu penyakit yang menyerang organ pernapasan, tepatnya terjadi peradangan pada bagian bronkus. Peradangan tersebut dapat membuat saluran bronkus membengkak, terasa sakit dan terus mengeluarkan lendir secara berlebihan. Penyakit ini memang jarang menimbulkan kematian, namun rasa sakit yang dirasakan dapat sangat menyiksa penderitanya.

Penyakit asma sendiri tidak dapat disembuhkan, artinya penyakit ini akan terus ada sepanjang hidup. Namun pengobatan dan pola hidup sehat dapat membantu mencegah penyakit asma kambuh. Berikut ini merupakan penyebab yang dapat membuat penyakit asma dapat kambuh kembali.

1. Alergi

Penderita asma sangat rentan untuk mengalami penyakit tersebut kambuh dikarenakan alergi, baik karena alergi terhadap makanan maupun zat yang terhirup. Saat benda yang memicu alergi masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan beraksi dengan menghasilkan histamin. Senyawa tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh, termasuk organ pernapasan dan memicu kambuhnya penyakit asma.

2. Perubahan Suhu

Orang-orang yang menderita penyakit asma memang tidak pernah tahan dengan suhu dingin. Karena itu, mereka seringkali merasakan penyakitnya kambuh saat di malam hari karena udaranya yang lebih sejuk, atau ketika pergi ke dataran yang lebih tinggi. Jika Anda penyakit asma, sebaiknya antisipasi suhu dingin tersebut dengan selalu membawa perlengkapan untuk menghangatkan tubuh.

3. Olahraga

Olahraga memang baik untuk kesehatan, namun bagi penderita penyakit tertentu seperti asma misalnya, maka tidak semua olahraga dapat dilakukan. Jenis olahraga yang terlalu berat dapat membuat penyakit asma kambuh, karena kondisi yang lelah akan menuntut kita untuk juga ikut menarik napas dari mulut.

4. Asap Rokok

Orang sehat saja jika terus terpapar asap rokok bisa menjadi sakit, apalagi jika sebelumnya memang pernah menderita asma. Baik perokok aktif maupun pasif sangat beresiko mengalami penyakit asma karena asap rokok yang mengandung senyawa berbahaya dapat menyebabkan peradangan infeksi pada saluran pernapasan.

5. Pekerjaan Tertentu

Beberapa pekerjaan yang menuntut untuk banyak berinteraksi atau terpapar zat kimia dapat memicu penyakit asma kambuh kapan saja. Pekerjaan yang dimaksud antara lain seperti pekerjaan pengrajin kayu, peternak, bidang konstruksi dan lainnya. Untuk menghindari masalah tersebut, sebaiknya gunakan alat yang dapat melindungi tubuh dari paparan zat kimia selama bekerja.

6. Naiknya Asam Lambung

Asam lambung ternyata juga berpengaruh terhadap kambuhnya asma, karena zat asam yang naik ke saluran atas dapat mengenai organ di sekitarnya dan memicu peradangan pada saluran napas seperti bronkus. Karena itu, penting sekali untuk menjaga kondisi lambung seperti menghindari makanan penyebab asma kambuh agar selalu dalam kondisi baik dan tidak menimbulkan berbagai penyakit komplikasi.

Kambuhnya penyakit asma dapat menjadi penyebab sesak napas tiba-tiba, dan kondisi ini sangat tidak nyaman untuk dirasakan. Bila gejala yang muncul sangat mengganggu, Anda mungkin perlu ke dokter agar bisa mendapatkan obat untuk meredakan gejala tersebut.

You may also like