Home Merk Obat A-ZMerk Obat I Invega Sustenna – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

Invega Sustenna – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

by Robi Diansah

Invega Sustenna adalah obat yang diresepkan dalam bentuk injeksi pada pasien dengan penderita Skizofrenia, Skizoafektif dan kondisi gangguan khusus lainnya. Invega Sustenna adalah obat antipsikotik (obat penenang utama) yang digunakan untuk terapi pengobatan psikosis (seperti delusi, halusinasi, paranoia, atau gangguan jiwa), terutama dalam skizofrenia dan bipolar.

Indikasi Invega Sustenna

Obat ini diindikasikan untuk membantu mengatasi gejala seperti keterangan diatas, yaitu Skizofrenia, Skizoafektif, gangguan bipolar dan kondisi gangguan khusus lainnya.

Kontraindikasi Invega Sustenna

Penggunaan obat Invega Sustenna ini tentu saja memerlukan pengawasan khusus dari dokter, karena terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti hipersensitif dan lain sebagainya jika digunakan bersama obat-obatan tertentu lainnya.

Beritahukan dokter apabila pengguna memiliki masalah kesehatan lain, khususnya seperti pengguna lanjut usia yang memiliki gejala Demensia dan Alzheimer, pengguna dengan gangguan ginjal atau hati, gangguan jantung, diabetes, dan hipertensi.

Jangan menggunakan obat ini apabila pengguna alergi terhadap paliperidone, paliperidone palmitate, risperidone, atau salah satu bahan obat Invega Sustenna Injection. Lihat petunjuk pemakaian dan daftar lengkap bahan-bahan Invega Sustenna pada brosur atau leaflet yang ada pada kemasan.

Kandungan Invega Sustenna

Invega Sustenna Injection ini mengandung komposisi aktif yang berupa Paliperidone, paliperidone palmitate, risperidone. Obat ini dikemas dalam bentuk injeksi atau injection dengan detail berupa 1 Prefilled Syringe 0.75ML + 2 Needle, 1 Prefilled Syringe 1.5ML + 2 Needle, 1 Prefilled Syringe 0.25ML + 2 Needle, 1 Prefilled Syringe 0.5ML + 2 Needle, 1 Prefilled Syringe 1ML + 2 Needle

Dosis dan Cara Penggunaan Invega Sustenna

Dosis dari obat Invega Sustenna ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker atau merujuk pada kemasan produk.

Perhatian

  1. Simpan obat di temperatur ruangan, jauh dari panas dan cahaya langsung. Jangan membekukan obat kecuali diperlukan oleh brosur kemasan. Jauhkan obat dari anak-anak dan hewan peliharaan.
  2. Obat ini (Antipsikotik) efektif dalam meredakan gejala psikosis dalam jangka pendek.
  3. Jangan menggunakan obat ini apabila pengguna alergi terhadap paliperidone, paliperidone palmitate, risperidone, atau salah satu bahan obat Invega Sustenna Injection. Lihat petunjuk pemakaian dan daftar lengkap bahan-bahan Invega Sustenna pada brosur atau leaflet yang ada pada kemasan.
  4. Sebelum melakukan pengobatan, beritahu dokter tentang semua kondisi pengguna, termasuk jika pengguna memiliki riwayat Neuroleptic Malignant Syndrome (NMS), riwayat masalah jantung, termasuk serangan jantung, gagal jantung, irama jantung abnormal, atau sindrom QT panjang, riwayat kadar kalium atau magnesium yang rendah dalam darah, gerakan lidah, wajah, mulut, atau rahang yang tidak terkontrol (tardive dyskinesia), memiliki riwayat masalah ginjal atau hati, menderita diabetes atau memiliki riwayat diabetes, memiliki jumlah sel darah putih yang rendah, memiliki tekanan darah tinggi, riwayat kejang atau epilepsi.
  5. Penggunaan untuk pasien yang sedang hamil atau berencana untuk hamil tidak dianjurkan karena belum diketahui efek yang akan timbul.
  6. Jika pengguna sedang hamil, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter
  7. Bayi yang lahir dari seorang pengguna Invega Sustenna dapat mengalami gejala-gejala seperti tremor, iritabilitas, kantuk yang berlebihan, kejang mata, kejang otot, nafsu makan menurun, nafsu makan berkurang, sulit bernapas, atau gerakan lengan dan kaki yang tidak normal. Segera beritahu dokter apabila gejala ini terjadi.
  8. Invega Sustenna dapat masuk kedalam ASI milik seorang pengguna yang menyusui. Oleh karena itu konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter.

You may also like