Home Merk Obat A-ZMerk Obat G Gestin F1 – Fungsi – Obat Apa Dan Dosis

Gestin F1 – Fungsi – Obat Apa Dan Dosis

by Robi Diansah

Gestin-F1Gestin F1 merupakan merek obat kontrasepsi bulanan untuk wanita. Tujuanya adalah untuk menunda kehamilan pada sebagian orang yang telah menikah. Menunda kehamilan adalah suatu hal yang dilakukan sebagian pasangan dengan alasan tertentu. Baik untuk menunda kehamilan atau memberi jarak pada kehamilan berikutnya. Hal ini  sebaiknya perlu dikonsultasikan dengan dokter kandungan.

Dokter umumnya akan  memberikan beberapa pilihan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah dengan memberikan obat kontrasepsi untuk 1 bulan seperti merek obat Gestin F1. Gestin merupakan obat suntik untuk bagian tubuh yang tidak boleh dipijat saat hamil dan mencegah kehamilan dalam 1 bulan. Obat suntik ini diproduksi oleh pabrik Harsen.

Kandungan Gestin F1

Obat suntik yang disebut obat kontrasepsi bulanan Gestin F1 ini memiliki kandungan zat aktif penting yang bekerja untuk menghambat proses pembuahan atau rahmi turun saat hamil muda pada wanita. Beberapa zat aktif tersebut seperti Medroxyprogesterone acetate 50 mg dan Estradiol cypionate 10 mg.

Fungsi Gestin F1

Gestin F1 obat suntik yang diberikan pada wanita hamil ini memang berfungsi untuk kontrasepsi mencegah kehamilan bulanan. Intinya, obat suntik gestin f1 ini akan menghambat pembuahan yang terjadi agar tidak terjadi kehamilan.

Dosis Gestin F1

Obat suntik kontrasepsi bulanan untuk wanita ini sebaiknya diberikan berdasarkan dosis yang tepat yang dianjurkan hanya dengan 6 menu ini jadikan tulang anda kuat di masa kehamilan yang dianjurkan dokter. Pemberian obat suntik ini dilakukan secara berjangka seperti berikut ini:

  • Berikan sebanyak 0.5 mL IM pada area deltoid, gluteus maximus atau bagian paha depan pasien. Berikan saat memasuki hari pertama haid atau setidaknya 4 minggu setelah persalinan
  • Berikan suntikan ke-2 dengan rentang waktu 1 bulan dari suntikan pertama. Jika melebihi 33 hari, maka sebaiknya tidak dilakukan suntikan ulang dan harus kembali menunggu hingga haid datang berikutnya

Kontraindikasi Gestin F1

Penggunaan obat kontrasepsi Gestin F1 ini juga dapat menyebabkan kontraindikasi berupa reaksi hipersensitif. Selain itu, reaksi yang terjadi adalah hipertensi berat serta diabetes dengan kelainan pembuluh darah. Beberapa kontraindikasi lainya yang lebih berbahaya juga bisa dialami pasien. Sebaiknya segera hubungi dokter jika mengalami kontraindikasi tersebut.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum menggunakan obat suntik Gestin F1 ini, sebaiknya pasien memperhatikan dan menghindari makanan untuk mempercepat hamil .  Perhatikan beberapa hal penting berikut ini, agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari Gestin F1 :

  1. Pasien yang menderita gangguan fungsi hati yang kurang baik atau pasien yang sedang menyusui sebaiknya tidak menggunakan obat suntik ini
  2. Pasien diabetes dan pra diabetes juga sebaiknya tidak menggunakan obat ini
  3. Bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit epilepsy, asma hingga jantung serta kebiasaan minum alcohol juga tidak disarankan menggunakan obat ini.

Gestin F1 untuk Wanita Hamil

Obat suntik Gestin F1 atau disebut obat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan bulanan ini memang diperuntukan bagi wanita, yang juga melakukan olahraga untuk ibu hamil yang penting untuk dilakukan.

Gestin F1 dikhususkan bagi yang ingin menunda kehamilan. Namun, jika wanita tersebut memang sedang hamil, obat Gestin f1 ini tentu tidak diijinkan untuk digunakan, karena dikhawatirkan akan membahayakan janin dalam kandungan.

You may also like