Formom – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

2355

Formom adalah salah satu obat yang difungsikan sebagai salah satu  suplemen dan multivitamin serta asam folat  yang sangat baik dan diperntukkan bagi para ibu hamil dan serta ibu menyusui yang diberikan selama masa kehamilan dan masa menyusui. Obat ini dalam penggolongan jenis obat masuk dalam jenis obat bebas terbatas.

Di mana dalam membeli obat formom itu kita bisa membelinya secara bebas tanpa membutuhkan resep yang diberikan dari dokter. Obat ini di produksi oleh pabrik obat bernama Pyridam Farma. Obat jenlis formom ini hadir dalam bentuk ukuran tablet dan kita bisa membeli obat formom ini per strip.

Fungsi dari obat formom

Segala macam jenis obat yang di jual di pasaran dan di masyarakat pastilah memilih fungsi dan manfaat yang berguna bagi para penggunanya.  Termasuk obat formom sendiri dapat memberikan manfaat dan fungsi bagi para ibu hamil dan  menyusui guna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi para ibu hhamil dan ibu menyusui selama masa mengandung dan menyusui

Kandungan dari obat formom

Semua macam jenis obat yang di perjual belikan di apotek pastilah  memiliki kandungan zat yang berguna untuk para penggunanya. Adapun zat dan kandungan yang terdapat di dalam obat formom yaitu meliputi Beta-karoten 10,000 IU, Ca lactate 250 mg, Ca pantothenate 7.5 mg, copper sulfate 0.1 mg,  folic acid  1,000 mcg, Fe fumarate 90 mg, nicotinamide 20 mg, K iodide 100 mcg,   fluoride  1 mg, vit B1 mononitrate 10 mg, vit B2 2.5 mg,   vitamin B6   15 mg, vit B12 4 mcg,  vitamin C  100 mg,  vitamin D  400 IU.

Dosis Penggunaan obat formom

Bila kita meminum obat dan vitamin pastilah memiliki aturan atau dosis pemakaian obat. Adapun dosis pemakaian obat yang tepat bagi ibu hamil dan ibu menyusui yaitu dapat di minum 1x sehari 1 taplet. Obat ini dapat di minum dan di berikan bersama dengan makanan.

Efek Samping dari obat formom

Setiap obat pasti mempunyai efek samping bila dikonsumsi secara terus menerus oleh para penderita dalam  jangka waktu yang panjang. Begitu pula dengan obat formom ini yang juga membawa efek samping pada pegguna bila dikonsumsi terus-menerus. Adapun efek samping dari Formom yaitu:

Kontraindikasi dari obat formom

Biasanya segala macam jenis obat yang di jual di apotek dapat mengakibatkan kontraindikasi bagi para pengguna obat  yang  di konsumsi. Adapun bagi para ibu hamil dan ibu menyusui yang mengonsumsi obat formom tidak mengakibatkan kontraindikasi bagi para penggunanya. Jadi sangat baik dan tidak berbahaya jika di konsumsi secara rutin selama masa hamil dan masa menyusui.

Tambahan khusus bagi pengguna obat formom

  • Obat formom ini haruslah di simpan pada tempat yang kering dan harus di simpan dari di tempat yang tidak terkena kontak sinar matahari secara langsung
  • Obat formom ini harus di simpan di tempat yang aman hal ini dilakukan untuk menghindari agar tidak di sentuh oleh jangkauan anak anak maupun hewan peliharaan di rumah.
  • Gunakan obat formom ini sesuai dengan dosis penggunaan supaya tidak mengakibatkan efek samping bagi para ibu hamil dan ibu menyusui
  • Obat formom ini dapat mengakibatkan efek samping berupa pusing , mual , muntah , dan demam bagi para ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui anaknya.