Dexpain – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

133

Dexpain merupakan jenis obat tablet dan suntik yang dimanfaatkan untuk meredakan sakit yang terbilang ringan hingga yang menengah yang dialami di dalam tubuh. Beberapa nyeri yang sering timbul seperti nyeri gigi, nyeri haid, bahkan nyeri karena terkilir sekalipun juga dapat diatasi obat Dexpain ini.Obat yang diproduksi oleh Novell Pharmaceutical ini dapat dikonsumsi hanya oleh pasien penyebab kaki ngilu  dewasa saja, karena termasuk jenis obat resep dokter.

Kandungan Dexpain

Dexpain suntik dan tablet memiliki kandungan zat aktif Dexketoprofen yang dapat bekerja sebagai anti inflamasi non steroid yang dapat menghambat produksi zat prostaglandin yaitu senyawa yang dilepaskan tubuh dan sebagai penyebab rasa sakit dalam tubuh.

Fungsi Dexpain

Obat Dexpain ini memiliki fungsi utama sebagai pereda rasa sakit badan sakit semua dan menyembuhkan inflamasi. Rasa sakit terkadang kita rasakan ketika mengalami beberapa gangguan penyakit seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit bekas operasi hingga sakit karena terbentur benda di sekeliling kita dan membuat terkilir. Keluhan penyakit seperti ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi Dexpain.

Dosis Dexpain

Pemberian dosis biasanya disesuikan dengan kondisi dan tingkat keparahan dari nyeri yang dirasakan. Dosis untuk obat tablet dan suntik ini berbeda-beda. Dosis yang dapat diberikan pada pasien yang sering mengalami nyeri , Setiap 50 mg/ml diberikan dosis maksimal 150 mg/hari yang dibagi dari 8 hingga 12 jam pemberian obat.

Efek Samping Dexpain

Baik Dexpain dalam bentuk tablet maupun cairan suntik, pemberian penyebab sakit gigi dosis yang berlebihan atau kurang dari dosis yang seharusnya, dapat menimbulkan efek samping tertentu pada penderitanya. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa timbul:

  1. Muntah
  2. Mual
  3. Perut mulas
  4. Nyeri di area yang disuntik
  5. Diare
  6. Dispepsia
  7. Sakit kepala
  8. Sembelit
  9. Kelelahan

Efek samping yang dirasakan mungkin akan berbeda-beda, tergantung dari seberapa parah kondisi yang dialami pasien.

Kontraindikasi Dexpain

Penggunaan obat suntik Dexpain juga menimbulkan kontraindikasi obat sakit gigi berlubang  berupa hipersensitiftas yang mempengaruhi sistem imun dalam tubuh, serta kontraindikasi dapat muncul jika dikonsumsi oleh pasien yang memiliki riwayat penyakit seperti:

  • Asma
  • Penyakit penurunan fungsi hati
  • Penyakit Crohn
  • Tukak lambung
  • Radang usus
  • Gagal jantung
  • Gangguan pendarahan

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum mengkonsumsi Dexpain, baik yang berbentuk tablet maupun sakit kepala  suntikan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  1. Ketika sudah mengkonsumsi obat Dexpain, sebaiknya Anda tidak berkendara dulu karena dikhawatirkan akan menyebabkan kantuk
  2. Hindari konsumsi lebih dari resep yang dokter telah berikan
  3. Simpanlah obat tablet maupun obat suntik ini pada suhu ruangan, bukan di tempat yang lembab atau terpapar langsung sinar matahari 
  4. Jika ada alergi atau efek samping yang parah setelah pemakaian, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda

Dexpain Untuk Wanita Hamil

Wanita hamil tentunya berada dalam kondisi sangat rentan jika  kepala sering terasa berat pusing dan mual harus mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu. Khusus untuk Dexpain yang merupakan obat resep dokter, sebaiknya sebelum menggunakanya wanita hamil harus berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan takaran yang tepat atau memang seharusnya tidak usah menggunakan obat Dexpain ini.