Deca Durabolin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Deca Durabolin adalah merupakan salah satu jenis obat yang masuk kedalam kelompok obat-obatan kontrasepsi golongan hormonal, yang biasanya digunakan sebagai obat tambahan untuk terapi spesifik dengan kondisi patologis serta dapat juga digunakan untuk mangatasi penyakit osteoporosis.

Obat Deca Durabolin ini diproduksi oleh N.V. Organon Oss Holland dalam bentuk Injeksi atau suntik dengan ukuran 25 mg/ml, 50 mg/ml, 100 mg/ml, dan 200 mg/ml. Obat Deca Durabolin sendiri mengandung senyawa Nandrolon dekanoat, yang dimana senyawa ini merupakan senyawa dari golongan anabolic steroid, yang bekerja dengan cara meningkatkan pertumbuhan jaringan didalam tubuh serta meningkatkan kadar hemoglobin dan ukuran sel darah merah dalam aliran darah.

Indikasi:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai indikasi dari penggunaan obat Deca Durabolin yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Deca Durabolin ini, yaitu:

  1. Seringkali digunakan sebagai obat tambahan untuk terapi spesifik
  2. Untuk mangatasi osteoporosis.
  3. Dapat juga digunakan sebagai usaha diet disaat kondisi patologis.

Dosis & Cara Penggunaan:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai dosis dan cara penggunaan dari obat Deca Durabolin yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Deca Durabolin ini, yaitu:

Pemberian dosis untuk terapi spesifik dan tindakann diet pada kondisi patologis:

  • Dosis untuk dewasa: berikan obat ini sebanyak 25-50 mg.
  • Dosis untuk anak-anak dengan BB > 30 kg: berikan obat ini sebanyak 15 mg.
  • Dosis untuk anak-anak dengan BB 20-30 kg: berikan obat ini sebanyak 7.5 – 10 mg.
  • Dosis untuk anak-anak dengan BB 10-20 kg: berikan obat ini sebanyak 5 – 7.5 mg.
  • Dosis untuk anak-anak dengan BB < 10 kg: berikan obat ini sebanyak 5 mg.

Pemberian dosis untuk terapi Osteoporosis:

  • Dosis untuk dewasa: berikan obat ini sebanyak 50 mg setiap 2-3 minggu sekali.

Pemberian dosis untuk pengobatan paliatif tertentu pada wanita yang bersifat menyebar:

  • Dosis untuk dewasa: berikan obat ini sebanyak 50 mg setiap 2-3 minggu sekali.

Kontra Indikasi:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai kontra indikasi dari penggunaan obat Deca Durabolin yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Deca Durabolin ini, yaitu:

  1. Para pengguna yang memiliki riwayat penyakit jantung ataupun penyakit liver, sangat tidak disarankan untuk menggunakan obat Deca Durabolin.
  2. Sangat tidak disarankan untuk para ibu hamil dan menyusui, menggunakan obat Deca Durabolin ini, karena obat Deca Durabolin ini menurut FDA (Food and Drugs Administration) masuk kedalam obat kategori X. Obat Kategori X artinya bahwa obat ini telah terbukti dapat menyebabkan resiko terhadap kehamilan serta bayi yang sedang menyusui ibu pengguna obat Deca Durabolin ini.
  3. Dilarang menggunakan obat Deca Durabolin ini, apabila level kalsium pada darah pengguna sangat tinggi melebihi batas normal.
  4. Hindari penggunaan obat Deca Durabolin ini, untuk para pengguna yang sedang mengalami kondisi prostat yang membesar.
  5. Jangan pernah menggunakan obat Deca Durabolin ini, apabila pengguna menderita penyakit diabetes, baik diabetes melitus tipe I ataupun tipe II.

Efek Samping:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai efek samping dari penggunaan obat Deca Durabolin yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Deca Durabolin ini, yaitu:

  1. Diare
  2. Bengkak pada pergelangan kaki
  3. Kebotakan
  4. Pertumbuhan payudara
  5. Perubahan warna kulit
  6. Sakit kepala
  7. Rasa gembira berlebih
  8. Meningkatnya seksualitas
  9. Mual
  10. Gatal-gatal
  11. Urin bewarna gelap
  12. Insomnia
  13. Muntah
  14. Iritasi pada saluran kemih
  15. Masalah kesuburan
  16. Perubahan siklus menstruasi pada wanita
  17. Impotensi.
  18. Testikel bermasalah.
  19. Suara wanita menjadi lebih berat
  20. Pembesaran organ seks (clitoris)
  21. Kesulitan bernafas atau asma
  22. Radang tenggorokan
  23. Jerawat
  24. Urtikaria
  25. Penis membesar pada pria yang belum pubertas
  26. Sering mengalami ereksi yang menyakitkan pada pria yang telah pubertas

Interaksi dengan Obat Lain:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai hasil interaksi dari penggunaan obat Deca Durabolin bersamaan dengan obat-obatan lainya, yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Deca Durabolin ini, yaitu:

  • Hindari penggunaan obat Deca Durabolin ini bersamaan dengan obat-obatan anti koagulan, seperti obat warfarin ataupun carbamazepine. Karena interaksi dari kedua jenis obat-obatan tersebut dapat menyebabkan meningkatkan resiko terkenanya efek samping dari kedua obat-obatan tersebut.

Peringatan dan Perhatian:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai peringatan dari penggunaan obat Deca Durabolin yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Deca Durabolin ini, yaitu:

  1. Obat Deca Durabolin ini hanya dapat digunakan sebagai pengobatan paliatif (hanya meringankan, bukan menyembuhkan), sehingga diperlukan pengobatan lebih lanjut lagi.
  2. Berhati-hati dalam menggunakan obat Deca Durabolin ini, pada saat pengguna sedang mengalami migrain.
  3. Para pengguna yang memiliki riwayat kejang, seperti epilepsi, disarankan untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan obat Deca Durabolin ini.
  4. Apabila pengguna sedang mengalami pembengkakkan pada kaki ataupun pada pergelangan kaki, disarankan untuk segera menghentikan penggunaan obat Deca Durabolin ini.