Home Merk Obat A-ZMerk Obat D Day-Cal – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Day-Cal – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Robi Diansah

Obat Day-Cal adalah merupakan salah satu jenis obat multivitamin dan mineral, yang dimana obat ini seringkali digunakan untuk mencegah serta mengobati terjadinya defisiensi vitamin D dan kalsium, pada ibu hamil dan menyusui, serta pada orang lanjut usia.

Obat Day-Cal ini diproduksi oleh PT. Sanbe Farma, yang dimana pada saat pembuatannnya, pada setiap tabletnya terdapat beberapa komposisi, yaitu Ca carbonate (1,000 mg), vitamin D3 (1 mg), dan Mg oxide (250 mg). Obat Day-Cal sendiri telah didaftarkan ke BPOM dan teregistrasi di BPOM dengan nomor ijin: POM SD. 031 511 451

Indikasi:

Berikut adalah merupakan informasi tentang indikasi dari penggunaan obat Day-Cal yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Day-Cal tersebut, yaitu:

  • Obat Day-Cal ini dikonsumsi untuk mencegah terjadinya defisiensi vitamin D dan juga defisiensi kalsium, terutama pada ibu hamil dan menyusui, serta pada orang yang lanjut usia.

Dosis & Cara Penggunaan:

Berikut adalah merupakan informasi tentang dosis dan cara penggunaan obat Day-Cal yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Day-Cal tersebut, yaitu:

  • Pengguna dapat mengkonsumsi obat Day-Cal ini sebanyak 1-2 kali sehari, dengan masing-masing waktu diberikan dosis 1 tablet.
  • Untuk menghindari terkena gangguan pencernaan, lebih baik konsumsi obat Day-Cal ini bersama makanan ataupun setelah makan.

Kontra Indikasi:

Berikut adalah merupakan informasi tentang kontra indikasi dari penggunaan obat Day-Cal yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Day-Cal tersebut, yaitu:

  1. Para pengguna yang memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap senyawa yang terkandung dalam obat Day-Cal ini, yaitu senyawa Ca carbonate, vitamin D3, dan Mg oxide, dilarang mengkonsumsi obat Day-Cal ini.
  2. Obat Day-Cal ini mengandung gula buatan aspartam, selain itu juga mengandung senyawa fenilalanin, sehingga para penderita fenilketonuria ataupun ibu hamil yang memiliki kadar fenilalanin tinggi, sangat dilarang mengkonsumsi obat Day-Cal ini.
  3. Hindari mengkonsumsi obat Day-Cal ini, bagi para pengguna yang memiliki riwayat gangguan fungsi hati ataupun ginjal.

Efek Samping:

Berikut adalah merupakan informasi tentang efek samping dari penggunaan obat Day-Cal yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Day-Cal tersebut, yaitu:

  1. Gatal-gatal
  2. Demam.
  3. Bibir Bengkak
  4. Lidah terasa kelu.
  5. Sakit tenggorokan
  6. Kesulitan bernapas (asma)
  7. Pembengkakan pada wajah
  8. Mual
  9. Muntah
  10. Berkurangnya nafsu makan
  11. Sakit Kepala.
  12. Sembelit
  13. Mulut kering atau kehausan
  14. Meningkatnya frekuensi buang air kecil.

Interaksi dengan Obat Lain:

Berikut adalah merupakan informasi tentang efek dari interaksi obat Day-Cal dengan jenis obat-obatan lainnya yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Day-Cal tersebut, yaitu:

  1. Hindari mengkonsumsi obat Day-Cal ini bersamaan dengan obat-obatan pengikat fosfat tertentu seperti obat kalsium asetat. Hal tersebut perlu dilakukan karena interaksi dari kedua jenis obat-obatan ini dapat menyebabkan hilangnya manfaat penggunaan obat Day-Cal tersebut.
  2. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat Day-Cal ini bersamaan dengan suplemen fosfat seperti obat potassiumphosphate, karena dapat menyebabkan meningkatnya resiko pengguna terkena efek samping dari obat Day-Cal tersebut.
  3. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan obat Day-Cal ini bersamaan dengan obat-obatan yang mengandung Natrium polistiren sulfonat. Karena interaksi kedua jenis obat-obatan ini dapat menyebabkan berkurangnya keefektifan obat Day-Cal ini.

Peringatan dan Perhatian:

Berikut adalah merupakan informasi tentang peringatan dari penggunaan obat Day-Cal yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Day-Cal tersebut, yaitu:

  • Hati-hati dalam mengkonsumsi obat Day-Cal ini, apabila pengguna memiliki riwayat penyakit batu ginjal ataupun gangguan fungsi ginjal lainya.
  • Hindari mengkonsumsi Alkohol pada saat sedang menggunakan obat Day-Cal ini, karena hal tersebut dapat meningkatkan efek sedasi dari mengkonsumsi alkohol tersebut.
  • Untuk para pengguna yang sedang memiliki gangguan kelenjar parathyroid, disarankan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi obat Day-Cal ini, agar terhindar dari efek samping yang berbahaya.

You may also like