Dextrosin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

645

Dextrosin merupakan sebuah obat yang digunakan untuk membantu mengatasi berbagai macam masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan seperti pilek, flu, bersin, maupun juga digunakan sebagai obat untuk membantu mengobati pilek yang disertai dengan batuk.

Di dalam Dextrosin terkandung suatu zat aktif yang dinamakan dextromethorphan yang nantinya akan berperan dalam menekan dahak, dimana zat aktif ini masuk ke dalam kategori morphinan maupun juga glyceryl guaiacolate. Jika anda ingin mendapatkan Dextrosin, maka anda tidak perlu harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu karena memang Dextrosin bisa anda dapatkan secara bebas karena dijual di toko  – toko obat.

Di bawah ini merupakan informasi penting mengenai Dextrosin sebelum anda ingin mengkonsumsinya.

Fungsi Dextrosin

  1. Dextrosin merupakan sebuah obat yang digunakan untuk membantu mengobati masalah hidung tersumbat.
  2. Dextrosin juga digunakan untuk membantu mengobati pilek yang disertai dengan batuk, baik batuk berdahak maupun batuk tidak berdahak.
  3. Indikasi lain dari Dextrosin adalah digunakan untuk membantu mengatasi bersin – bersin.
  4. Dextrosin juga bisa digunakan untuk membantu mengobati flu yang tidak kunjung sembuh.

Jika anda ingin mendapatkan penjelasan yang berhubugnan dengan indikasi dari Dextrosin, maka anda bisa bertanya kepada dokter untuk meminta penjelasan yang lebih lengkap mengenai apa saja indiaksi dari Dextrosin.

Kontraindikasi Dextrosin

  • Anda tidak dianjurkan memberikan Dextrosin kepada seseorang yang pernah mengalami gangguan hipersensitifitas.
  • Dextrosin juga tidak boleh diberikan kepada pasien yang pernah memiliki riwayat kepekaan terhadap obat yang tergolong kedalam simpatometik seperti efedrin, pseudoefedrin, dan juga fenilefrin.
  • Dextrosin akan menyebabkan kontraindikasi jika anda mengkonsumsi obat – obatan yang termasuk ke dalam MAO atau yang merupakan singkatan dari monoanime oksidase.

Dosis Dextrosin

Untuk dosis yang harus anda berikan kepada seseorang yang ingin mengkonsumsi Dextrosin adalah sebanyak 1 tablet dan dikonsumsi sebanyak 4 kali dalam sehari. Perlu anda ingat bahwa dosis tersebut hanya untuk orang dewasa. Jika ada anak – anak yang ingin mengkonsumsi Dextrosin, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Efek Samping Dextrosin

  • Efek samping yang bersifat umum yang akan anda alami ketika anda mengkonsumsi Dextrosin adalah seperti mulut kering, tenggorokan kering, dan juga terkadang bisa membuat anda mengalami mual tanpa muntah.
  • Dextrosin juga diketahui bisa menyebabkan seseorang yang mengkonsumsinya akan mengalami kehilangan nafsu makan.
  • Perlu anda tahu bahwasanya obat  – obatan yang termasuk ke dalam golongan simpatometik jika dikonsumsi akan menyebabkan anda mengalami beberapa kondisi seperti kecemasan, ketekutan, tremor, kegelisahan, insomnia, dan juga bahkan bisa mengakibatkan iritabilitas dan keadaan yang berhubungan dengan psikotik.
  • Untuk efek samping bagi anda yang mengkonsumsi Dextrosin terutama untuk jangka panjang bisa mengakibatkan retensi urin atau bahkan bisa mengakibatkan anda mengalami pembesaran prostat.
  • Jika anda menggunakan Dextrosin untuk dosis yang lebih besar, maka kemungkinan akan menyebabkan anda mengalami kejang epilepsi.

Hal – Hal Yang Harus Anda Perhatikan

  1. Anda harus selalu mengkonsumsi Dextrosin sesuai dengan takaran dosis yang telah ditentukan.
  2. Bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi Dextrosin, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter karena dikhawatirkan bisa membahayakan kesehatan anda dan bayi anda.
  3. Jika anda mengalami beberapa masalah yang berhubungan dengan alergi terhadap penggunaan Dextrosin, maka yang harus anda lakukan adalah segera hentikan penggunaan Dextrosin dan hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan secepatnya.
  4. Untuk penderita penyakit jantung, penyakit ginjal, hipertrofi prostat, dan juga hipertiroid harus berhati – hati dalam menggunakan Dextrosin.