Home Merk Obat A-ZMerk Obat D Damuvit – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Damuvit – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Robi Diansah

Damuvit adalah merupakan salah satu jenis obat-obatan yang masuk kedalam kelompok obat multivitamin, yang dimana obat Damuvit ini seringkali digunakan untuk mengatasi serta mencegah terjadinya kondisi kekurangan vitamin B kompleks serta Vitamin C pada penggunanya.

Obat Damuvit sendiri diproduksi oleh PT. Pyridam Indonesia, yang dimana pada setiap tabletnya memiliki beberapa komposisi, yaitu vitamin B1 (50 mg), vitamin B2 (25 mg), vitamin B6 (10 mg), vitamin B12 (5 mcg), nicotinamide (100 mg), Ca pantothenate (25 mg), vitamin C 500 mg, dan folic acid (0.5 mg).

Indikasi:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai indikasi dari penggunaan obat Damuvit yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Damuvit tersebut, yaitu:

  • Obat Damuvit ini seringkali digunakan untuk mengatasi dan mencegah kondisi terjadinya kekurangan vitamin B kompleks serta Vitamin C.

Dosis & Cara Penggunaan:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai dosis dan cara penggunaan dari obat Damuvit yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Damuvit tersebut, yaitu:

  • Pergunakan obat Damuvit ini sebanyak 1 kapsul per hari.
  • Damuvit ini dapat digunakan sebelum ataupun sesudah makan, namun demi mencegah terjadinya gangguan pencernaan, disarankan untuk menggunakan obat Damuvit ini bersamaan atau setelah makan.

Kontra Indikasi:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai kontra indikasi dari penggunaan obat Damuvit yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Damuvit tersebut, yaitu:

  • Hidari penggunaan obat Damuvit ini, apabila pengguna memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap vitamin B kompleks dan vitamin C.
  • Disarankan untuk para ibu hamil dan menyusui untuk tidak menggunakan obat Damuvit ini, karena obat ini dimasukkan kedalam golongan obat kategori C oleh FDA. Artinya obat ini sudah terbukti dapat menyebabkan resiko terhadap janin hewan percobaan, walaupun masih belum ada percobaan terhadap ibu hamil secara langsung.

Efek Samping:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai efek samping dari penggunaan obat Damuvit yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Damuvit tersebut, yaitu:

  1. Diare
  2. Mulas
  3. Ruam Kulit
  4. Gatal-gatal
  5. Rasa tidak nyaman di lambung
  6. Depresi
  7. Gelisah
  8. Mual
  9. Muntah
  10. Biduran atau urtikaria
  11. Sensitif terhadap sinar matahari
  12. Hati Terasa Seperti Terbakar
  13. Kelemahan otot
  14. Dispepsia
  15. Konstipasi
  16. Sakit Perut
  17. Jantung Berdebar
  18. Mengantuk
  19. Sakit Kepala.
  20. Pernafasan terasa sesak
  21. Mudah lelah
  22. Kerusakan hati
  23. Insomnia (sulit tidur)

Interaksi dengan Obat Lain:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai hasil interaksi dari penggunaan obat Damuvit bersamaan dengan obat-obatan lainya yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Damuvit tersebut, yaitu:

  1. Dilarang mengkonsumsi obat Damuvit ini pada saat sedang mengkonsumsi obat antibiotik seperti obat azithromycin, clarithromycin, ataupun erythromycin. Hal tersebut disebabkan karena interaksi kedua jenis obat-obat ini dapat meningkatkan resiko terkena efek samping dari penggunaan kedua jenis obat-obatan tersebut.
  2. Hindari mengkonsumsi obat Damuvit ini, apabila pengguna menderita penyakit parkinson dan sedang mengonsumsi obat levodopa. Hal tersebut disebabkan karena obat levodopa ini dapat berinteraksi dengan obat Damuvit, sehingga menyebabkan hilangnya manfaat dari obat levodopa tersebut.
  3. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi jenis obat-obatan hydantoins seperti obat phenytoin, pada saat sedang mengkonsumsi obat Damuvit ini. Hal tersebut disebabkan harena interaksi dari kedua obat-obatan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya manfaat dari penggunaan obat Damuvit ini.

Peringatan dan Perhatian:

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai peringatan dari penggunaan obat Damuvit yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum menggunakan obat Damuvit tersebut, yaitu:

  1. Pada saat mengkonsumsi obat Damuvit ini, disarankan untuk tidak konsumsi alkohol ataupun merokok. Karena kedua hal tersebut dapat mengurangi penyerapan obat Damuvit oleh tubuh.
  2. Hati-hati dalam mengkonsumsi obat Damuvit ini, untuk para pengguna yang sedang menderita penyakit tekanan darah rendah ataupun para pengguna yang sedang melakukan terapi kemoterapi
  3. Pengguna yang memiliki detak jantung yang tidak normal, harus selalu berhati-hati pada saat mengkonsumsi obat Damuvit ini.
  4. Untuk para penderita penyumbatan saluran empedu, sirosis hati, ataupun hepatitis, sebelum mengkonsumsi obat Damuvit ini, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

You may also like