Coyarin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Coyarin merupakan obat antibiotik yang biasa dipakai untuk membantu mengobati infeksi saluran pernapasan (ISPA), infeksi pada saluran kemih, infeksi saluran cerna dan infeksi kulit dan jaringan lunak. Obat kapsul Coyarin memiliki kandungan kombinasi antara Amoxicillin (antibiotik kategori ß-laktam) juga kandungan asam klavulanat (penghalang enzim ß-laktamase). Kombinasi kedua kandungan ini disebut dengan istilah coamoxiclav.

Obat yang diproduksi oleh Yarindo Farmatama ini dapat anda temukan di apotek sekitar anda, tetapi untuk mendapatkannya anda memerlukan resep khusus dari dokter anda karna tergolong keras. Obat ini dikemas dalam botol berisi 15 kapsul dengan kisaan harga 90 ribu rupiah perbotolnya. Bagi anda yang akan menggunakan obat antibiotik ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan mencari informasi seputar obat ini.

Berikut ini beberapa info lengkap terkait obat kapsul Coyarin !

Kandungan Obat Kapsul Coyarin

Obat kapsul Coyarin ini memiliki kandungan aktif Amoxicillin trihydrate 575 mg dan Clavulanate K 309 mg.

Coamoxiclav merupakan sejenis antibiotik kombinasi antara kandungan Amoxicillin (antibiotik kategori ß-laktam dan asam klavulanat) dengan penghalang enzim ß-laktamase. Kombinasi dari kandungan ini ditujukan untuk membantu meningkatkan spektrum aksinya kepada bakteri yang menghasilkan ß-laktamase yang resisten kepada antibiotik amoxicillin. Cara kerja Coamoxiclav yaitu dengan sistem menghalangi sintesis pada dinding sel balteri, sehingga jalur yang menyusun bagian utama pada dinding sel bakteri menjadi terganggu.

Indikasi Obat Kapsul Coyarin

Berikut ini beberapa kegunaan dari obat kapsul coyarin, diantaranya yaitu :

  1. Untuk mengatasi gangguan infeksi oleh bakteri yang sensitif kepada amoxicillin seperti infeksi Salmonella, otitis media akut, Lyme disesase, faringitis karna bakteri streptococcus, infeksi pada kulit, infeksi saluran kencing dan infeksi klamidia.
  2. Obat kapsul Coyarin juga dipakai untuk membantu mencegah gangguan endokarditis yang disebabkan bakteri pada penderita yang ketika perawatan gigi
  3. Obat Antibiotik ini juga dipakai untuk mengobati infeksi saluran pernapasan atas maupun bawah
  4. Membantu mengatasi infeksi pada tulang dan persendian juga pneumonia

Dosis Penggunaan Obat Kapsul Coyarin

Untuk penggunaannya sendiri sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter untuk memastikan gangguan yang sebenarnya anda rasakn dan untuk mendapatkan resep dosis obat yang sesuai. Karena pada tiap penderita penggunaan obat dapat berbeda – beda tergantung kondisi yang sedang dialami.

Efek Samping Obat Kapsul Coyarin

Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dapat anda rasakan selama menggunakan obat kapsul Coyarin :

  • Efek samping yang paling biasaterjadi diantaranya yaitu mual, muntah, ruam di kulit dan kolitis.
  • Penderita juga mungkin akan merasakan sakit kepala
  • diare juga terkadang bisa terjadi.
  • Efek samping yang jarang diantaranya yaitu gangguan tidur atau insomnia, perubahan mental, linglung, kecemasan, sensitifitas kepada sinar dan bunyi

Bila anda merasakan gejala – gejala efek samping yang mengganggu atau buruk sebaiknya anda mengkonsultasikannya kepada dokter anda.

Hal Penting Lainnya

Berikut ini beberapa informasi penting lainnya yang perlu anda ketahui terkait penggunaan obat kapsul coyarin :

  1. Hati-hati jika memberikan obat kapsul Coyarin ini pada pasien yang mempunyai gangguan fungsi hati dan ginjal yang kronis khususnya pada penggunaan jangka panjang.
  2. Hentikan penggunaan obat kapsul Coyarin apabila terjadi reaksi infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan
  3. Harap berhati-hati saat memakai obat antibiotik ini untuk Penderita dengan gangguan mononukleosis.
  4. Obat antibiotik ini tidak bisa digunakan untuk mengobati gangguan infeksi yang disebabkan oleh virus.
  5. Diharapkan untuk tidak menghentikan pengobatan dengan obat ini sebelum dosis dan durasi yang dianjurkan oleh dokter habis, hal ini untuk menghindari terjadinya resistensi terhadap obat.