Combiplex – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

444

Obat Combiplex ini adalah merupakan salah satu jenis obat yang masuk kedalam kelompok obat suplement vitamin dan mineral, yang seringkali dipergunakan untuk membantu mencegah dan mengatasi terjadinya defisiensi vitamin B kompleks pada pengguna.

Obat Combiplex sendiri dbuat dan juga didistribusikan oleh PT. Berlico Mulia Farma, dalam kemasan kaplet, yang dimana pada setiap kapletnya memiliki kandungan senyawa pyridoxine HCl (2 mg), thiamine HCl (2 mg), rivoflavin (2 mg), nicotinamide (20 mg), dan Kalsium pantothenate (10 mg).

Indikasi:

Dibawah berikut ini adalah beberapa indikasi dari penggunaan obat Combiplex yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Combiplex tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Obat Combiplex ini seringkali dipergunakan sebagai obat untuk mengatasi dan mencegah terjadinya defisiensi vitamin B komplek pada tubuh pengguna.

Dosis & Cara Penggunaan:

Dibawah berikut ini adalah dosis dan cara penggunaan obat Combiplex yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Combiplex tersebut, yaitu sebagai berikut:

Dosis obat Combiplex untuk pencegahan defisiensi vitamin B komplek:

  • Berikan obat Combiplex ini sebanyak 1-2 kaplet per hari.
  • Pergunakan obat Combiplex ini bersamaan dengan makanan atau tidak.

Dosis obat Combiplex untuk pengobatan defisiensi vitamin B komplek:

  • Berikan obat Combiplex ini 3 kali sehari, dengan masing-masing bagian sebanyak 1-2 kaplet.
  • Pergunakan obat Combiplex ini bersamaan dengan makanan atau tidak

Kontra Indikasi:

Dibawah berikut ini adalah beberapa kontra indikasi dari penggunaan obat Combiplex yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Combiplex tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari penggunaan obat Combiplex ini, apabila pengguna memiliki riwayat hipersensitifitas terhadap vitamin B kompleks, seperti pyridoxine HCl, thiamine HCl, rivoflavin, nicotinamide, dan Kalsium pantothenate.
  2. Untuk penderita kondisi medis obstruksi biliaris (penyumbatan saluran empedu), disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat Combiplex tersebut.
  3. Penderita penyakit sirosis hati, tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi obat Combiplex ini.
  4. Tidak disarankan untuk pengguna yang menderita penyakit hepatitis, mengkonsumsi obat Combiplex ini.

Efek Samping:

Dibawah berikut ini adalah beberapa efek samping dari penggunaan obat Combiplex yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Combiplex tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Jerawat
  2. Sakit kepala
  3. Sembelit
  4. Hilangnya selera makan
  5. Diare
  6. Perubahan suasana hati
  7. Perasaan gembira berlebihan
  8. Depresi
  9. Mual
  10. Gatal-gatal
  11. Pembengkakan tubuh
  12. Kelelahan otot
  13. Menggigil
  14. Memar
  15. Pendarahan
  16. Demam

Interaksi dengan Obat Lain:

Dibawah berikut ini adalah beberapa daftar efek yang timbul akibat dari interaksi obat Combiplex dengan obat-obatan lainnya yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Combiplex tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari penggunaan obat Combiplex ini bersamaan dengan obat-obatan anti kejang seperti obat Arbamazepine dan primidone, karena interaksi kedua obat-obatan tersebut dapat menyebabkan hilangnya manfaat dari penggunaan obat tersebut
  2. Hindari mengkonsumsi alkohol pada saat sedang menggunakan obat Combiplex ini, karena hal tersebut dapat mengakibatkan meningkatnya efek sedasi pada alkohol.

Peringatan dan Perhatian:

Dibawah berikut ini adalah beberapa peringatan dari penggunaan obat Combiplex yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Combiplex tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Simpan obat Combiplex ini pada tempat yang sejuk dan terhindar dari cahaya matahari.
  • Hati-hati memberikan obat Combiplex ini untuk para pengguna yang sedang menderita penyakit Ulkus peptikum.