Cardioplegia – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

667

Cardioplegia adalah obat yang dipergunakan untuk merawat, mengkontrol, mencegah, memperbaiki penyakit, operasi jantung dan kondisi lainnya. Berdasarkan etimologi bahasa, kata Cardioplegia berasal dari cardio + plegia dengan arti operasi yang dilakukan secara sengaja (penghentian sementara aktivitas jantung, sebelum operasi jantung). Cardioplegia diproduksi oleh Tempo Scan Pacific/DBL. Obat ini tidak termasuk dalam golongan obat bebas sehingga dalam pembeliannya harus menggunakan resep dokter.

Cardioplegia mampu meningkatkan kondisi pasien dengan menginduksi penangkapan depolarized cepat yang mudah reversibel dan juga menahan induksi eskemia jantung pada “cardiopulmonary bypass” atau operasi bypass jantung dan bedah jantung terbuka. Penggunaan Cardioplegia lebih sering dipergunakan pada saat operasi jantung, namun sebelum menggunakan obat itu sebaiknya konsultasikan detail kesehatan Anda dahulu dengan dokter.

Kandungan Cardioplegia

Cardioplegia mengandung magnesium klorida, kalium klorida dan procaine HCl. Magnesium klorida atau yang biasa disebut dengan magnesium chloride mempunyai fungsi sebagai suplemen mineral yang sangat berguna dalam pencegahan dan mengobati kekurangan magnesium dalam darah. Magnesium sendiri juga sangat penting dalam perkembangan fungsi sel, saraf, otot, tulang dan jantung normal.

Kalium klorida dalam Cardioplegia juga merupakan suplemen mineral dengan fungsi mengobati ataupun mencegah jumlah kalium menjadi rendah didalam darah. Kalium Klorida sendiri biasa disebut juga dengan potassium choride yang memiliki peranan sangat penting dalam darah karena membantu sel, ginjal, jantung, otot dan saraf berfungsi dengan baik.

Sedangkan procaine HCl atau yang disebut juga dengan procaine hydrochloride dalam Cardioplegia dipergunakan untuk mencegah, merawat, mengkontrol dan memperbaiki penyakit dalam berbagai kondisi dan gejala. Komposisi Cardioplegia dalam setiap 20 ml adalah :

  • MgCl2 (Magnesium klorida atau Magnesium chloride) 16 mmol
  • KCL (Kalium klorida atau Potassium chloride) 16 mmol
  • Procaine HCl (Procaine hydrochloride) 1 mmol

Fungsi Cardioplegia

Fokus dari Cardioplegia adalah perawatan operasi jantung, oleh sebab itu obat ini hanya digunakan pada saat operasi jantung yaitu dengan menghentikan sementara aktivitas jantung, sebelum operasi jantung dilakukan.

Indikasi Cardioplegia

Indikasi utama dari Cardioplegia adalah sebagai penahan induksi eskemia jantung pada “cardiopulmonary bypass” dan bedah jantung terbuka.

Dosis dan cara penggunaan Cardioplegia

  1. Siapkan 1 liter larutan acetated ringers
  2. Kemudian siapkan 20 ml Cardioplegia
  3. Kemudian larutkan 20 ml Cardioplegia tersebut ke dalam 1 liter larutan acetated ringers
  4. Pada saat pencampuran pergunakan teknik aseptik
  5. Sebagai langkah awal, masukkan secara cepat ke dalam pangkal pembuluh aorta jantung sebanyak 300 ml/m² luas permukaan tubuh/menit, selama 3 menit
  6. Bila aktifitas miokardial tetap berlangsung atau muncul kembali, masukkan 300 ml/m² luas permukaan tubuh/menit, selama 2 menit
  7.  Ulangi pemberian Cardioplegia setiap 30 menit atau secepatnya, jika temperatur miokardial mencapai 18° C atau aktifitas jantung timbul kembali 

Peringatan Cardioplegia

  • Cardioplegia tidak boleh digunakan dalam kondisi injeksi intravena
  • Sebelum menggunakan Cardioplegia, sebaiknya informasikan riwayat kesehatan Anda kepada dokter. Riwayat ini terkait dengan alergi yang diderita, penyakit yang sudah ada, kondisi kesehatan saat ini, rencana kehamilan dan lain lain.

Kemasan Cardioplegia

Kemasan Cardioplegia berupa Ampul 20 mL x 5 x 1

Penyimpanan Cardioplegia

  • Simpan Cardioplegia pada suhu temperatur ruangan
  • Jauhkan dari panas ataupun cahaya langsung
  • Usahakan untuk tidak membekukan Cardioplegia, kecuali dalam kondisi sangat diperlukan
  • Jangan membuang Cardioplegia ke toilet atau menuangkannya ke drainase karena bisa mengkontaminasi lingkungan 

Kadaluwarsa Cardioplegia

Cardioplegia yang kadaluwarsa dapat menjadi tidak efektif untuk merawat kondisi pasien. Pastikan selalu mengecheck expirednya.

Efek Samping Cardioplegia

Penggunaan Cardioplegia tidak berpotensi ketagihan, tetapi mempunyai efek samping yang kemungkinan dapat terjadi, namun tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping bisa membuat kebal atau masuk dalam kondisi langka dan serius, terlebih lagi jika efek samping tersebut tidak hilang. Efek samping yang mungkin terjadi :

Kontradiksi Cardioplegia

Kontradiksi Cardioplegia yang mungkin terjadi adalah Hipersensitivitas