Actrapid HM Injection 100 IU/ML – Obat Apa – Fungsi Obat – Dosis Dan Efek Samping

779

Actrapid HM injection 100 IU/ML merupakan obat yang berbentuk injeksi, yang digunakan untuk penderita penyakit diabetes mellitus juga bisa di gunakan bagi penderita intravena seperti hiperglikemia. Zat aktif yang terkandung dalam obat injeksi actrapid HM ini adalah Neutral solution of human monocomponent (HM) insulin (DNA rekombinan). Obat Actripid HM ini juga bermanfaat untuk membantu produksi normal insulin, dengan membantu transfer gula dari darah ke jaringan tubuh lainnya.

Obat Actripid HM injeksi ini di gunakan bagi perawatan, control, pencegahan dan perbaikan penyakit diabetes mellitus, atau biasa di sebut diabetes basah. Gejala-gejala yang dialami penderita diabetes mellitus bisa di kenali dari menurunnya berat badan secara drastic, rasa haus yang berlebihan, dan lain sebagainya.

Zat Aktif Yang Terkandung Dalam Actrapid HM

Zat aktif yang terkandung dalam obat Actrapid HM ini adalah Human Monocomponent Insulin 100 IU, rDNA. Human monocomponent insulin 100 IU, rDNA ini di produksi menggunakan teknologi DNA rekombinan pada sacharomyces cerevicae. Human monocomponent insulin ini di gunakan bagi penderita diabetes yang memiliki ketergantungan akut pada insulin, dan kondisi akut atau hiperglikemia. Obat Actrapid HM ini di gunakan untuk mengontrol kadar glukosa dalam tubuh penderita diabetes.

Cara kerja human monocomponent insulin ini adalah dengan cara memfasilitasi pengambilan glukosa dengan mengikat reseptor insulin pada sel otot dan lemak. Juga menghambat output glukosa dari hati. Human monocomponent insulin adalah insulin yang memiliki cara kerja cepat. Dengan kcepatan setengah jam, mencapai efek maksimumnya dalam waktu satu setengah jam sampai tiga setengah jam, dan memiliki durasi aksi tujuh sampai delapan jam.

Dosis Penggunaan Actrapid HM

Dosis obat Actrapid HM tidak dapat di pastikan, karena dosis penggunaan obat Actrapid HM ini bersifat individual. Yang artinya setiap pasien penderita diabetes basah memiliki dosis yang berbeda penggunaannya. Oleh karena itu Actrapid HM injeksi ini tidak bisa di gunakan sembarangan, harus sesuai dengan petunjuk dokter. Konsultasikan dengan dokter yang menangani anda, agar tidak mengalami kelebihan dosis atau malah tidak merasakan efek dari obat ini.

Biasanya kebutuhan insulin pada setiap individu adalah 0,3-1 IU/kg setiap harinya. Namun bisa lebih tinggi bagi penderita diabetes dengan resistensi insulin. Penggunaan insulin harus bersamaan dengan makanan atau camilan dengan karbohidrat selama 30 menit. Bagi penderita gangguan ginjal atau hati dapat mengurangi penggunaan insulin ini, hal ini akan meringankan kerja hati dan ginjal.

 

Efek Samping Dari Actrapid HM Injeksi

Efek samping Actrapid HM di sebabkan oleh besarnya dosis yang di gunakan, sehingga bisa saja efek samping setiap penderita diabetes berbeda. Efek samping yang biasanya terjadi pada penderita diabetes adalah hipoglikemia. Gejala hipoglikemia biasanya terjadi secara tiba-tiba, segera hubungi dokter yang menangani anda jika terjadi gejala gula darah terlalu rendah atau disebut dengan hipoglikemia. Efek samping lain yang terjadi akibat penggunaan obat Actrapid HM injeksi adalah urticaria dan ruam, tapi efek samping ini jarang sekali terjadi.

Efek samping yang sangat langka akibat dari penggunaan obat Actrapid HM injeksi ini adalah terjadinya syok anafilaktik. Yaitu reaksi akut yang berujung pada kematian jika terlambat di tangani pihak medis. Gangguan kesehatn system saraf otak juga termasuk dalam efek samping yang sangat jarang terjadi seperti neuropati perifer misalnya, yang sifatnya reversible.

Hipoglikemia yang terjadi akibat efek samping dari penggunaan obat ini dapat menyebabkan ketidaksadaran pada pasien atau kejang-kejang. Bahkan sampai pada efek kerusakan otak sementara atau permanen dan kematian. Pengguna obat Actrapid HM ini juga bisa terkena efek samping kerusakan mata. Seperti gangguan refraksi gejala-gejala kerusakan mata ini biasanya bersifat sementara.

Efek samping yang paling sering di temukan adalah terjadinya lipodistrofi pada bekas suntik, yaitu memar, bengkak, gatal, nyeri, dan hematoma. Hal ini bersifat sementara, akan sembuh dengan sendirinya selama perawatan. Dan gejala edema saat inisiasi insulin, gejala edema ini terjadi hanya sementara.

Kenali gejala awal liver atau disfungsi hati, penyakit gagal jantung kongestif, saat penggunaan obat Actrapid HM ini. Agar dapat memudahkan dan mempercepat penanganan efek yang terjadi pada tubuh penderita diabetes.

Kontraindikasi

Kontraindikasi yang harus di perhatikan dari obat ini adalah jangan berikan obat Actrapid HM ini pada penderita alergi dan hipoglikemia. Akan sangat aman jika anda menyebutkan riwayat alergi yang anda miliki.

Interaksi Obat

Obat Actrapid HM memiliki interaksi dengan obat lain, yang mana setiap obat memiliki efek yang berbeda interaksinya jika di konsumsi bersamaan dengan Actrapid HM ini. Berikut ini adalah obat-obat yang dapat berinteraksi dengan obat Actripid HM dan efeknya :

  • Beta Blocker bisa menutupi gejala hipoglikemia dan dapat menunda pemulihannya.
  • Aspirin, steroid anabolic, captopril, isinopril, enalapril, agen hipogokemik oral (OHA) dan yang termasuk dalam jenis obat analgesic lainnya dapat berimbas kepada menurunnya kebutuhan insulin pada tubuh penderita diabetes. Sebelum mengkonsumsi obat Actrapid HM bersama dengan obat analgesic harus tahu jenis obat analgesic fungsi efek samping dosisnya, agar tidak terjadi interaksi yang lebih fatal
  • Alkohol dapat membuat hipoglikemik insulin semakin tinggi intensitasnya dan efeknya.
  • Obat ini jika di konsumsi bersamaan dengan Actrapid HM dapat meningkatkan kebutuhan insulin.
  • Konsumsi obat Actrapid HM dengan insulin dapat mengakibatkan penyakit gagal jantung kongestif. Hal ini di sebabkan karena obat Actrapid HM ini mengandung pioglitazone. Yang meningkatkan resiko gagal jantung kongestif jika di gunakan bersamaan dengan insulin. Penggunaan pioglitazone dengan insulin harus di pantau gejala gagal jantung kongestif. Agar tidak fatal kejadiannya di kemudian hari harus di konsultasikan dengan dokter yang menangani anda.

Peringatan Penggunaan Actrapid HM

Karena Actrapid HM merupakan obat yang harus di gunakan dengan resep dokter, sehingga pengguna obat Actrapid HM ini harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Obat ini merupakan obat yang harus di gunakan atas anjuran dokter. Karena penggunaan dosis yang tidak benar dapat menyebabkan hipoglikemia.
  • Jangan menghentikan penggunaan obat Actrapid HM ini secara tiba-tiba tanpa anjuran dari dokter, karena dapat mengakibatkan hiperglikemia, terutama pada penderita diabetes tipe-1.
  • Pastikan anda bukan penderita kelainan ginjal atau penyakit hati, karena kebutuhan insulin bagi penderita penyakit ini biasanya berkurang.
  • Kebutuhan insulin bisa meningkat sesuai keadaan pasien, biasanya saat keadaan demam atau infeksi, pasien membutuhkan lebih banyak insulin.
  • Obat Actrapid HM ini mengandung metacresol yang dapat menyebabkan alergi.
  • Sebaiknya jangan menyetir sendiri atau menggunakan mesin apapun saat menggunakan obat Actrapid HM ini.
  • Penggunaan obat Actrapid HM ini pada ibu menyusui tidak berpengaruh pada kondisi janin, namun harus menyesuaikan dosisnya saja.
  • Harus segera konsultasi kepada dokter yang menangani anda, jika terjadi penurunan gula darah atau alergi.
  • Hentikan Penggunaan Actrapid HM ini jika terjadi penurunan fungsi hati.
  • Sebutkan obat apa saja yang saat ini sedang anda konsumsi baik vitamin, obat apotik, obat herbal dan obat lainnya, untuk menghindari kontraindikasi yang terjadi akibat konsumsi obat bersamaan dengan Actrapid HM.
  • Obat Actrapid HM di gunakan bagi perawatan, pencegahan, control dan perbaikan bagi penyakit diabetes mellitus.