Home Makanan Inilah 6 Makanan untuk Penderita Autoimun Paling Tepat

Inilah 6 Makanan untuk Penderita Autoimun Paling Tepat

by Putri Yohani Masnun

Penderita penyakit autoimun memiliki banyak pantangan makanan dan minuman, karena faktor makanan sangat mempengaruhi baik buruknya kondisi kesehatan penderita autoimun. Penderita autoimun sendiri kerap merasakan gejala yang sangat menyiksa seperti munculnya ruam disertai gatal dan perih pada kulit, sakit di dada, pembengkakan, nyeri otot dan tubuh yang terasa lemas. Kondisi tersebut tentu dapat menghambat aktivitas sehari-hari, karena itu kita perlu bertindak agar gejala berkurang. Berikut ini terdapat makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi penderita autoimun untuk membantu menekan gejala yang muncul.

1. Makanan yang Kaya Omega-3

Makanan sumber omega-3 dipercaya mampu mencegah dan meringankan gejala peradangan yang kerap dialami penderita autoimun seperti penyakit lupus. Ikan salmon, tuna dan sarden dapat Anda konsumsi untuk mengatasi gejala tersebut. Selain itu, gejala badan sering kesemutan pun akan berkurang dengan rutin mengkonsumsi makanan ini.

2. Minum Teh

Selain air putih, teh bisa menjadi alternatif Makanan untuk Penderita Autoimun untuk diminum apalagi jika yang dipilih adalah teh hijau. Senyawa fitokimia seperti flavonoid dan kathekin sangat membantu untuk memberikan efek rileks, juga mengurangi gejala autoimun yang sedang muncul.

3. Jahe

Jahe yang merupakan bumbu dapur dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai keluhan yang dialami penderita lupus sebagai Makanan untuk Penderita Autoimun. Tidak hanya dimasukkan ke dalam makanan, namun jahe juga cukup nikmat dijadikan minuman. Jahe sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita rheumatoid arthritis.

3. Buah-buahan

Tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai jenis buah dapat memberikan asupan nutrisi yang tinggi sekaligus sumber antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan. Bahkan penderita autoimun pun sebaiknya rutin mengkonsumsi buah seperti apel, dan jenis lainnya yang kaya vitamin C. Selain dikonsumsi langsung buah juga dapat dijadikan jus untuk autoimun yang menyegarkan.

4. Sayur-sayuran

Selain buah, sayur juga sangat direkomendasikan untuk menjadi Makanan untuk Penderita Autoimun karena kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Wortel dan sayuran berdaun hijau lebih baik karena kandungan serat dan nutrisinya yang sangat membantu mempercepat penyembuhan penyakit autoimun bukan malah mengkonsumsi Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Autoimun.

5. Makanan Berserat

Penderita autoimun juga membutuhkan makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Selain dari sayuran, serat juga bisa didapat dari sereal, biji-bijian dan gandum utuh. Makanan ini juga membantu melancarkan proses metabolisme sehingga organ pencernaan penderita autoimun tidak perlu bekerja terlalu keras.

6. Teh Herbal tanpa Biji

Selain pengobatan secara medis, banyak penderita autoimun yang memilih untuk berobat ke ahli herbal, atau berusaha meramu ramuan herbal sendiri. Teh herbal dapat dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk penderita autoimun karena ada banyak kandungan senyawa yang diperoleh dari teh yang terbuat dari ramuan herbal tersebut.

Nah, itulah makanan untuk penderita kelainan autoimun beserta dengan minuman yang mengandung senyawa kimia yang baik untuk tubuh sehingga dapat mencegah Penyebab Autoimun. Dengan mengkonsumsi makanan di atas, maka penderita autoimun dapat merasa lebih baik karena gejala penyakit yang dirasakan berangsur sembuh.

You may also like