6 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Berat Badan Bayi

137

Apakah Anda merasa khawatir karena berat badan bayi Anda tidak naik dari waktu ke waktu? Padahal Anda sudah memberikan ASI atau susu formula yang cukup untuk bayi. Sementara hasil pemeriksaan dokter tidak menemukan kelainan apapun.

Untuk bayi yang sudah berusia enam bulan lebih maka sebenarnya sudah bisa menerika makanan. Hanya saja makanan tertentu yang bisa dikunyah dan mengandung nutrisi yang cukup untuk tubuh bayi. Penyebab berat badan bayi tidak naik biasanya disebabkan karena tubuh bayi kekurangan kalori. Sementara itu ada banyak sumber makanan yang kaya dengan kalori dan sehat untuk bayi Anda.

Berikut ini beberapa daftar makanan sehat untuk meningkatkan berat badan bayi.

  1. Alpukat

Makanan pertama yang bisa Anda coba  berikan adalah alpukat. Alpukat mengandung kalori yang sangat tinggi. Selain itu juga kaya dengan asam folat, vitamin E, seng, mangan dan nutrisi lain. Cara terbaik untuk memberikan alpukat pada bayi adalah dengan menumbuk alpukat dan mencampurnya dengan susu formula atau buah lain seperti pisang. Anda juga bisa mencoba menggiling alpukat sampai halus dan mencoba memberikan langsung pada bayi Anda.

  1. Keju

Selain alpukat maka Anda juga bisa memberikan keju. Keju menjadi makanan yang paling sehat untuk bayi Anda. Tentu saja jika bayi Anda tidak menderita alergi produk susu atau produk sapi. Cara terbaik untuk memberikan keju adalah mencampurnya dengan telur, bubur bayi atau jenis makanan yang lain. Anda juga bisa mencoba memberikan keju parut untuk bayi.

  1. Mentega dan Kentang

Kemudian Anda juga bisa memberikan mentega tawar dan kentang. Dua makanan ini mengandung kalori yang sangat menyehatkan. Campuran lain yang bisa Anda berikan seperti sayuran rebus dan minyak zaitun. Menu makan pagi seperti kentang yang dikukus, dihaluskan dan diberi lelehan mentega bisa menjadi favorit untuk bayi.

  1. Kuning Telur

Kuning telur juga bisa meningkatkan berat badan bayi dengan cepat. Kuning telur kaya dengan protein yang bisa meningkatkan aktifitas otak bayi. Selain itu kandungan lemak pada kuning telur juga bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. Jadi silahkan memberikan telur rebus pada bayi Anda. Anda juga bisa memasukkan telur yang dimasak ke dalam bubur bayi.

  1. Ubi Manis

Ubi jalar atau ubi manis juga sangat baik untuk menjaga berat badan bayi. Daging ubi yang lembut dan manis kaya dengan beta karoten. Nutrisi ini yang bisa menambah berat badan bayi. Selain memberikan ubi kukus atau bubur  ubi pada bayi, maka ubi juga bisa dimasak dengan sup kacang, ayam, dan kentang.

  1. Pisang

Pisang bisa menjadi makanan sehat yang bisa diberikan setiap hari kepada bayi Anda. Pisang kaya dengan sumber karbohidrat dan protein. Pisang bisa dibuat menjadi pisang tumbuk yang dicampur dengan ASI perah, kemudian berikan pada bayi dengan sendok. Rasa pisang yang manis biasanya disukai oleh bayi. Selain itu Anda juga bisa mencampur pisang dengan alpukat dan keju.

Itulah daftar makanan sehat untuk meningkatkan berat badan bayi. Jika Anda memiliki masalah yang  sama maka cobalah memberikan beberapa makanan di atas. Selain itu juga konsultasikan ke dokter anak agar bayi Anda mendapatkan pemeriksaan lengkap.