15 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sembelit Yang Penting Anda Ketahui

Sembelit merupakan salah satu gejala penyakit yang mengganggu sistem pencernaan. Di mana sistem pencernaan tidak bisa berjalan dengan normal. Gangguan ini ditandai dengan sulitnya seseorang untuk mengeluarkan kotoran sisa pencernaan. Sehingga akan memunculkan rasa sakit, sebab terjadinya penumpukan racun sisa pencernaan. Sembelit, jika tidak dengan segera diatasi maka dampaknya akan berkelanjutan mengganggu yang lain. Sebab kandungan racun sisa pencernaan dapat menyebar ke dalam tubuh. Sembelit tidak memandang siapa, anak-anak, dewasa, maupun tua sangat berpotensi terkena gejala penyakit yang satu ini. Untuk itu penting segera melakukan penanganan agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Salah satu caranya adalah dengan kontrol makanan. Tidak semua makanan baik bagi penderita sembelit. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat sembelit. Berikut artikel ini akan menjelaskan beberapa makanan yang tidak boleh di makan saat dalam kondisi sembelit.

  1. Gorengan

Makanan pertama yang perlu dihindari bagi Anda yang mengalami sembelit adalah gorengan. Makanan yang ramai dijual belikan di pasar, pinggir jalan ini memang menggoda. Namun, panting Anda kontrol agar sembelit Anda tidak tambah parah. Sebab gorengan memiliki kandungan lemak yang tidak baik dalam proses pencernaan.

  1. Daging Merah

Makanan kedua yang tidak kalah penting Anda hindari adalah daging merah. Makanan yang satu ini masuk menjadi salah satu makanan yang menyebabkan konstipasi. Selain itu daging merah ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Sehingga akan berdampak terjadinya gangguan pencernaan. Selain itu daging merah ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencernanya.

  1. Makanan Cokelat

Coklat juga menjadi makanan selanjutnya yang penting dihindari bagi Anda penderita sembelit. Sebab coklat juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Sehingga lemak ini bisa membuat lambat proses pencernaan yang ada di dalam tubuh Anda. Sehingga akan berdampak buruk.

  1. Makan Nasi Putih Terlalu Banyak

Apapun itu jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak, maka akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan Anda. Termasuk nasi, meskipun nasi memiliki kandungan yang baik di dalam tubuh, namun jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak maka dampaknya pun akan sebaliknya. Sebab nasi juga mampu membuat konstipasi, selain itu nasi juga memiliki kandungan pati, yang sifatnya mengikat tinja. Sehingga membuat akan sulit ketik hendak BAB.

  1. Pisang

Di sisi lain menjadi buah yang baik dalam proses pencernaan. Namun di balik itu tidak semua pisang memiliki peran yang sama, salah satunya pisang hijau. Pisang berjenis ini ternyata memiliki kandungan pati yang cukup tinggi. Sehingga membuat pencernaan terganggu.

  1. Es Krim

Makanan yang sudah sangat memasar di berbagai kalangan, anak-anak maupun dewasa ini menjadi makanan selanjutnya yang penting untuk dihindari bagi Anda penderita sembelit. Di balik kenikmatana es krim, makanan ini memiliki kandungan gula dan susu yang lumayan tinggi. Sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan.

  1. Makanan yang Beku

Selain es krim, makanan beku menjadi makanan selanjutnya yang penting dihindari pagi Anda penderita sembelit. Sebab makanan beku ini banyak mengandung bahan pengawet, yang tentunya tidak baik dalam menjadi sistem pencernaan agar bisa berjalan degan lancar.

  1. Kue Kering

Makanan selanjutnya adalah kue kering. Makanan yang memiliki rasa yang gurih ini ternyata tidak baik dalam menjaga sistem pencernaan. Sebab di dalam kue kering ini rendah mineral  dan rendah serat. Selain itu kebanyakan koki kue menggunakan baking soda sebagai salah satu bahannya. Bahan ini tidak baik dalam pencernaan di dalam tubuh.


  1. Produk Makanan Olahan Susu

Banyak makanan yang menggunakan olahan susu yang dijual belikan di pasaran. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah keju dan mentega. Kedua makanan ini menjadi makanan tren masa kini. Banyak olahan makanan yang menggunakan olahan kedua bahan ini. Namun ternyata olahan ini dapat mengganggu sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh. Mengingat keduanya memiliki kandungan susu, dan susu memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

  1. Makanan Keripik Kentang

Tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Sebab keripik kentang sangat mudah dijumpai di pasaran. Namun keripik kentang ini tidak baik dalam menjaga penceraan tubuh. Sebab rendah mineral, sehingga akan lambat dalam proses pencernaannya.

  1. Kafein

Makanan yang mengandung kafein juga penting dihindari bagi Anda yang mengalami sembelit. Sebab kafein tidak baik dalam menjaga sistem pencernaan Anda.

  1. Jambu Biji

Selain pisang, buah selanjutnya yang penting dihindari saat sembelit adalah buah jambu biji. Sebab biji jambu ini membuat sistem pencernaan menjadi lambat, dan kemungkinan sembelit sangat tinggi.

  1. Makanan Fast Food

Makanan yang satu ini juga penting dihindari, sebab di dalamnya memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

  1. Makanan Bakso

Makanan bakso juga berpotensi memperparah sembelit Anda, sebab kandungan di dalamnya justru bisa menambah sembelit Anda.

  1. Sosis

Selanjutnya adalah sosis, makanan olahan yang satu ini juga penting dihindari untuk dikonsumsi ketika Anda mengalami sembelit. Sebab sosis memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga akan mengganggu sistem pencernaan Anda.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya