14 Makanan yang harus Dihindari Saat Berbuka Puasa Jangan Dikonsumsi

1072

Ketika berpuasa organ yang paling banyak mendapat serangan rasa tidak nyaman adalah pencernaan. Kondisi pencernaan yang mengalami gangguan berat akan mempengaruhi struktur jaringan lain yang dapat mengagalkan puasa itu sendiri.

Solusi

Makanan yang manis, Pedasm Asam dan berlemak adalah  makanan yang paling banyak disukai masyarakat modern karena dinilai lebih cepat, Lebih lezat, Praktis dan mengenyangkan. Untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap dalam kondisi terbaiknya. Hendaknya anda memahami apa alasan yang tersembunyi dari beberapa makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa.

1.Makanan tinggi garam

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam secara berlebihan dan terus menerus saat berbuka puasa dapat menyebabkan cepatnya muncul rasa dahaga terus menerus , Tubuh terserang dehidrasi  dan efek jangka panjangnya adalah penumpukan garan dalam tubuh menyebabkan penyakit darah tinggi dan hipertensi .

2. Makanan tinggi lemak

Makanan berlemak yang harus dihindari untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah kentang goreng , Ayam goreng pakai kulit dan lain lain  tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan organ pencernaan bekerja menjadi lebih berat sehingga memperlambat makanan untuk dicerna.

3. Makanan mengandung gas

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gas tinggi saat berbuka puasa  jika dimakan dalam jumlah yang banyak misalnya  durian, Buah nangka , Kedondong, Sayur sawi, Kol dan lain lain  ternyata hanya akan merangsang naiknya asam lambung dan kerja lambung menjadi semakin berat. Maka dari itu makanan yang mengandung gas adalah jenis makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa .

4. Makanan terlalu manis

Makanan manis dapat meningkatkan energi bagi yang beraktivitas rutin namun mengkonsumsi makanan yang terlalu manis secara berlebihan saat berbuka puasa dapat menyebabkan tenggorokan tiba tiba kering, Menyebabkan haus, Perut terasa tidak nyaman dan kembung. Makanan terlalu manis misalnya kue donat mengandung kalori tginggi tapi rendah nutrisi.

5. Makanan pedas

Makanan pedas boleh boleh saja disantapa saat sedang berbuka puasa tetapi harus pada batas yang wajar, Tidak perlu terlalu banyak. Makanan pedas dapat memicu asam lambung cepat naik  dan muncuknya rasa panas pada bagian perut hingga menyebabkan rasa nyeri dimana rasa nyerinya menjalar ke ulu hati sehingga uku hati terasa panas dan seperti ditusuk.

6. Makanan terlalu asam

Makanan yang terlalu asam dapat menyempitkan peredaran darah, Menekan saraf saraf dan dinding lambung, Bahkan rasa asam yang berlebihan bisa membentuk lubang dan luka pada dinding usus atau lambung sehingga mempercepat munculnya penyakit asam lambung.

7. Jeroan

Makanan yang masuk sebagai makanan jenis Jeroan misalnya ampela, Jnatug, Usus, Babat, Kulit, Gajih dan lain lain adalah jenis makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa karena kedua jenis makanan tersebut rendah nutrisi tetapi kaya akan kolesterol. Akibat bahaya konsumsi jeroan bagi kesehatan yang paling terkenal didunia adalah meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga menyebabkan penyakit stroke.

8. Makanan mentah

Hindari makanan mentah apapun alasannya karena didalam makanan yang tidak dikemas melalui proses perebusan atau dimasak sampai matang terlebih dahulu maka dipastikan banyak terdapat berbagai macam bibit penyakit yang hidup dan berpotensi menyebarkan wabahnya didalam tubuh dalam hitungan menit saja. Makanan apapun yang tidak dimasak hingga matang atau masih mentah merupakan makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa.

9. Makanan  setengah matang

Makanan yang dipanggang atau dibakar merupakan jenis makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa  karena masuk dalam daftar makanan setengah matang yang tidak sehat.  Saat pemanggangan berlangsung maka disinyalir akan ada potongan atau serpihan serpihan pembakaran yang melekat pada makanan yang sedang dipanggang. Serpihan tersebut dapat menjadi radikal bebas yang berbahaya jika termakan atau masuk dalam tubuh.

10.Makanan mengadung logam

Makanan laut yang mengandung logam misalnya kepiting, Kerang, Lobster dan lain lain memang mengandung pula zat protein yang tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh namun ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan maka makanan tersebut adalah makanan yang harusc dihindari saat berbuka puasa karena menyebabkan reaksi alergi, Asam lambung naik,  Diare, Sakit kepala, Mual, Ulu hati terasa panas atau bahkan menyebabkan kadar kolesterol meningkat tajam. Bahaya makanan laut bagi kesehatan tersebut dapat mempengaruhi tubuh saat berpuasa yaitu berkaitan dengan mudahnyan tubuh menderita kelelahan.

11.Terlalu banyak karbohidrat

Saat berbuka puasa tidak dianjurkan makan makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan misalnya nasi puti , Karena karbohidrat yang berlebihan  dapat menyebabkan penumpukan glukosa didalam tubuh . Penumpukan gula yang juga berlebihan bisa menyebabkan muncuknya gejala diabetes. Gantilah makanan yang mengandung karbohidrat rendah tetapi tetap bisa mengenyangkan misalnya kentang rebus atau jenis umbi umbian. 

12.Makanan berbahan dasar keju

Apapun bentuk makana jika dibuat dengan bahan dasar keju, Maka beresiko menyebabkan tekanan pada lambung yang nantinya memicu nyeri pada perut, Kram otot perut sampai masalah ulu hati yang terasa tidak nyaman. Keju adalah salah satu makan yang harus dihindari saat berbuka puasa .

13.Mie instan

Mengkonsumsi makanan instan saat berbuka puasa tidak dilarang tetapi awali dulu dengan makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah. Makanan instan yang terbuat dari tepung atau terigu misalnya mie instan, Jenis mie untuk pembuatan spaggeti dan lain lain. Mie instan adalah produk makanan yang masuk kategori sebagai makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa.  Bahaya makan mie instan mentah bagim kesehatan adalah menyebabkan tubuh kesulitan menyerap nutrisi dari makanan  lain yang telah kita konsumsi dan kerugian lain yang diberika mie instan adalah tidak dapat menbantu menyokong energi pada tubuh saat tubuh membutuhkan energi cadangan.

14, Makanan kaleng

Makanan kaleng cenderung memilki nilai gizi yang rendah akibat proses pengemasan yang membutuhkan pemanasan maksimal dan terlalu lama diruang pendingin sehingga menyebabkan nutrisinya banyak yang hilang. Makanan kaleng merupakan salah satu yang cocok masuk daftar sebagai makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa.