Home Featured Makan Kue Bulan Berlebihan, Pria Ini Alami Perubahan Warna Darah Menjadi Putih

Makan Kue Bulan Berlebihan, Pria Ini Alami Perubahan Warna Darah Menjadi Putih

by Erlita

Makan makanan yang mengandung minyak dan gula tinggi mungkin bagi sebagian orang tak berpengaruh apapun bagi kesehatan tubuh, hanya saja ada beberapa orang yang sangat rentan terhadap kedua jenis makanan tersebut. Rupanya, seorang pria dari Hangzhou, China yang diketahui bermarga Wang dan sudah berusia paruh baya mengalami hal tak menyenangkan gara-gara jenis makanan bergula dan berminyak tinggi.

Seperti biasa, tradisi perayaan festival musim gugur kurang lengkap rasanya kalau tak menyediakan kue bulan sebagai kudapan di tengah-tengah masyarakat yang merayakan. Kue blan yang rasanya nikmat di lidah ini tentunya boleh saja disantap, tapi tidak dianjurkan terlalu banyak atau berlebihan.

Menurut lansiran dari Bastille Post selaku media lokal, pria ini ternyata malah mengonsumsi kue bulan secara berlebihan hingga warna darahnya berubah menjadi putih seputih susu. Wang tak menyadari bahwa kebiasaannya makan 3-4 kue bulan dalam sehari setiap hari selama 4 bulan telah memberi perubahan buruk bagi darahnya.

Belum lagi dirinya yang mengesampingkan kesehatan ginjalnya padahal ia adalah seorang pasien uremik dengan masalah gagal ginjal, seharusnya cuci darah perlu ia jalani dengan rutin. Barulah suatu hari Wang melakukan pengambilan darah di sebuah klinik yang hasilnya begitu mencengangkan para staf medis sebab aliran darah Wang termasuk lambat.

Bukan hanya itu, darahnya pun begitu keruh dengan perubahan warna yang terjadi mirip seperti warna susu. Usai diperiksa di laboratorium, hasil tes darah menunjukkan bahwa kadar trigliseridanya 10 kali lebih tinggi dari angka normal seharusnya, yakni berada di angka 16,6 mmol/L. Padahal kalau kadar trigliserida dalam darah normalnya hanya di bawah 1,7 mmol/L.

Dokter segera menghubungi Wang untuk menginformasikan hasil pemeriksaan darah di mana kadar trigliseridanya sudah di tingkat bahaya yang membuat Wang kaget sekaligus menyesal karena tak mampu lagi menikmati kue bulan yang ia gemari. Ini karena kue bulan kaya lemak dan gula sehingga dokter perlu mengingatkan Wang untuk tak mengonsumsi makanan manis terlalu banyak, apalagi Wang sendiri sudah punya gangguan kesehatan pada ginjalnya.

Sekilas fakta mengenai kue bulan sendiri, kue tradisional ini secara umum memiliki isi pasta kacang merah, kuning telur asin atau biji teratai yang menjadi lambang bulan purnama dan tak ketinggalan lemak babi menjadi bahan pembuatan bagian luar kue ini. Inilah kenapa kue bulan tak seharusnya dimakan berlebihan setiap hari dalam jangka panjang, namun untungnya usai menjalani perawatan kesehatan Wang kembali baik dan dirinya kini mulai mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat.

You may also like