Intip 8 Makanan Yang Biasa Dianggap Menyehatkan Padahal Tidak Selalu

418

Intip 8 Makanan Yang Biasa Dianggap Menyehatkan Padahal TidakSalah satu cara menurunkan berat badan yang baik adalah dengan memilih makanan bernutrisi seimbang untuk dikonsumsi setiap hari. Ada sejumlah makanan tertentu yang dianggap menyehatkan dan seringkali diasup saat sedang berdiet, padahal tak selalu benar-benar sehat dan aman untuk menurunkan berat badan. Ini dia makanan-makanan yang dimaksud dan Anda perlu kenali.

  1. Granola Bar

Camilan ini dianggap sebagai camilan sehat yang bahkan kerap dijadikan menu sarapan bagi yang sedang berdiet, tapi juga sering dikonsumsi sebagai camilan tengah hari. Dibandingkan permen atau coklat, memang benar kalau granola bar ini alternatif yang lebih baik dan sehat, tapi kalau cara memasak atau membuatnya tepat.

Ada beberapa produk granola bar yang kemungkinan tak kalah bergula, berlemak dan berkalori dari permen dan coklat. Hati-hati jika Anda lebih suka granola bar dengan choco chip, sebab kandungan gulanya cukup tinggi sehingga pastikan untuk memilih granola bar yang less atau low sugar ketimbang yang tinggi gula.

  1. Salad

Karena terdiri dari sayuran dan juga terkadang ada buahnya, makanan ini dianggap paling menyehatkan. Tapi Anda harus tahu juga kalau ada salad yang tidak sehat dan tidak akan efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Bila topping salad yang dipilih adalah junk food, semacam keju lemak tinggi, potongan daging ayam goreng, atau daging babi asap, jelas tak menyehatkan.

Belum lagi pemilihan dressing yang sembarangan seperti penggunaan mayonaise juga bisa saja malah menjadikan salad penambah berat badan Anda. Salad yang menyegarkan dan menyehatkan adalah salad dengan topping yang sehat dan penambahan dressing berupa minyak zaitun. Walau kandungan kalori dan lemaknya tinggi, jenis lemak pada minyak ini adalha lemak tak jenuh sehingga tak perlu khawatir.

  1. Sup Ayam

Jika Anda memilih sup yang kalengan, jelas hal ini tak akan membantu apapun pada program diet penurunan berat badan Anda. Sup jenis kalengan sudah pasti kaya akan lemak serta sodium yang jika sering-sering dikonsumsi malah hanya akan menambah berat badan.

Supaya lebih aman, cobalah memasak sup ayam sendiri agar dapat memperkirakan dan menggunakan bumbu penyedap seperlunya saja; dengan begitu, sup buatan sendiri akan jauh lebih aman, rendah sodium serta tentunya dijamin sehat. Jika ingin tetap membeli serta mengonsumsi sup kalengan, pastikan Anda cek lebih dulu bagian label gizi.

  1. Sandwich

Sandwich karena berisikan sayur, telur rebus dan daging ayam bukan lantas berarti sudah pasti sehat apalagi baik bagi kesehatan dan berat badan. Banyak sandwich yang berisikan daging kaya lemak serta sodium, bahkan seringkali penggunaan mayonaise terlalu banyak.

Jika ingin tetap mengonsumsi tapi ingin memberikan tubuh kadar nutrisi yang baik, cari dulu informasi nutrisi yang tepat mengenai sandwich. Jika Anda ingin membuat sendiri ataupun membelinya, pilih mayonaise yang rendah lemak atau bahkan dengan dressing yang juga terjamin rendah lemak.

  1. Yogurt

Yogurt kita kenal sebagai sumber probiotik tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, tapi ada juga yogurt yang tak semenyehatkan yang Anda kira karena kaya akan lemak apalagi gula. Jadi jika ingin konsumsi yogurt, pastikan untuk memilih produk yogurt low sugar dan low fat.

  1. Smoothie

Bukankah smoothie terbuat dari buah dan sayur segar yang pastinya kaya serat dan bagus untuk kesehatan tubuh, termasuk diet? Smoothie apalagi yang tergolong produk komersial biasanya kaya akan gula jenis fruktosa dengan kandungan yogurt serta jus sari buah yang sangat rendah sehingga meminumnya hanya akan membuat badan lebih mudah gemuk. Smoothie buatan sendiri jelas lebih aman, bernutrisi dan menyehatkan.

  1. Teh Kemasan

Teh memang dikenal menyehatkan dan mampu membantu proses turunnya berat badan, tapi tahukah Anda kalau teh kemasan kaya akan kandungan gula yang pastinya hanya akan membuat tubuh lebih cepat gemuk? Jadi sebelum menikmatinya, baca dan cek dengan teliti label pada kemasan untuk melihat jumlah kadar gulanya.

  1. Jus Buah Kemasan

Jus buah memang segar dan pastinya sehat, tapi tidak demikian bila Anda memilih jus buah kemasan yang kadar gula sudah pasti seabrek, belum lagi adanya kandungan bahan pengawet. Membuat jus buah sendiri akan jauh lebih aman dan dianjurkan daripada apabila Anda ingin jus yang benar-benar sehat bernutrisi.

Jenis-jenis makanan tersebut memang sehat, tapi ada pula golongan yang tak sehat karena kandungan sodium, gula, lemak, serta kalori yang lebih tinggi. Telitilah sebelum membeli dan mengonsumsi makanan serta minuman tersebut agar tubuh terjaga tetap sehat dan berat badan tetap stabil.