10 Efek Samping Daun Meniran Waspadai Sebelum Terlambat

Daun meniran atau dalam bahasa ilmiah Phyllanthus niruri merupakan jenis tanam yang bayak ditemukan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Sebagai salah satu jenis tanaman obat ini memang wajar ketika banyak orang yang meninginkannya. Daun dari tanaman ini terkenal memiliki rasa yang manis. Dari daun inilah yang akan banyak menemukan berbagai macam manfaat untuk tubuh Anda.

Era sekarang yang lebih ngetren akan pengobatan herbal. Tentu dengan daun meniran ini banyak mengandung vitamin. Sebab tanpa efek samping dan juga menyehatkan. Berbeda dengan obat-obatan yang memiliki efek samping. Meskipun tidak langsung sembuh seperti obat pada umumnya. Namun, keberadaan daun meniran sangat membantu. Selain banyak ditemukan, juga murah soal cara membuatnya. Kebiasaan masyarakat mengolah daun meniran dengan cara di rebus dan diambil air rebusan itu. Tetapi, tidak saja itu banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk menemukan khasiat itu. Untuk mengetahui leih lanjut artikel ini akan membahas beberapa efek samping dari daun meniran.

Efek samping positif daun meniran.

  1. Mengatasi Susah Buang Air Kecil

Daun meniran ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi buang air kecil. Tentu ketika Anda susah buang air kecil akan merasakan ketakutan. Sebab salah akan mengira terkena penyakit kencing batu. Selain itu, ketika susah kencing memang begitu menyakitkan. Untuk mengatasinya dapat menggunakan daun meniran. Sebab daun ini mampu membersihkan kuman atau bakteri yang berad di saluran kencing. Sehingga, akan memperlancar buang air kecil Anda.

  1. Mengatasi Penyakit Malaria

Duan meniran juga dapat mengatasi penyakit malaria. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini memang begitu menakutkan. Penderita dapat mengalami kematian ketika tidak segara ditangani secara lebih serius dan juga cepat. Karena semakin lama kondisi tubuh akan semakin droup. Jangan khawatir daun meniran dapat menyembuhkan penyakit malaria itu karena mengandung antioksidan. Cara untuk menggunakan daun ini cukup mudah tinggal merebus dengan cengkeh dan kayu putih. Tunggu hingga mendidih dan ambil airnya. Minum secara rutin setiap hari. Dijamin penyakit malarian akan teratasi.

  1. Mengatasi Demam

Ketika Anda mengalami demam dapat menggunakan daun meniran. Daun ini memiliki kandungan yang dapat menurunkan demam Anda. Cara untuk menggunakan terbilang mudah. Daun meniran di tumbuk tidak terlalu halus. Cara menggunakan seperti orang mengkompres.

  1. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Sebab penyakit ini akan membuat tubuh penderita akan mengalami kondisi menurun yang begitu drastis. Selain itu, juga dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini disebabkan oleh kadar gula yang berlebih yang terdapat dalam tubuh. Cara untuk mengurangi kadar gula ini dapat menggunakan daun meniran. Daun ini dipercaya dapat mengontrol akan kadar gula dalam tubuh.

  1. Mengurangi Rasa Nyeri

Nyeri dalam tubuh sangat menyiksa. Terlebih bagi Anda  yang memiliki banyak kesibukan tentu akan sangat menganggu dan juga mambatasi ruang gerak. Nyeri ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya karena kecapekan. Daun meniran ternyata dapat mengobatti rasa nyeri. Kandungan dari flavonoi, tanin, benzonoid, dan filostoroind akan mengurangi dan mengobati ras nyeri pada tubuh Anda. Selain itu juga merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh.


  1. Mengatasi Radang Sendi

Radang sendi merupakan sebuah panyakit yang tidak dapat dianggap sepela. Karena dampak yang ditimbulkan dapat mengenggu sistem metabolisme tubuh. Penyakit ini sering dialami oleh orang dewasa yang memiliki banyak aktivitas yang tinggi. Sehingga, jelas akan menganggunya. Untuk mengatasinya dapat menggunakan daun meniran. Karena menyandung senyawa yang memiliki kegunaan seperti anti inflamasi.

Selain efek positif, ternyata daun meniran juga memiliki dampak negatif dalam tubuh.

  1. Diarang untuk Ibu Hamil

Daun meniran meskipun memiliki manfaat yang begitu besar untuk tubuh, seperti yang dijelaskan di atas. Ternyata juga memiliki dampak negatif untuk tubuh. Dampak tersebut akan sangat dirasakan kepada ibu hamil. Sebab ketika mengkonsumsi rebusan duan meniran ini dipercaya dapat mengugurkan kandungan. Untuk itulah, untuk ibu hamil wajib untuk menghindarinya.

  1. Penderita Gagal Ginjal

Pada penderita gagal ginjal mengkonsumsi rebusan dauan meniran dalam jangkan waktu yang lama dapat menimbulkan dampak negatif. Karena daun meniran ini akan menyebabkan disfungsi ereksi dan menyebabkan gagal ginjal. Tentu bagi anda yang terkena penyakti gagal ginjal wajib untuk menghindarinya. Sehingga, akan mengurangi resiko terburuk bagi tubuh.

  1. Menganggu Kesuburan

Bagi Anda yang baru saja menikah atau pada masa pra nikah. Penting untuk mewaspadai atau menghindari mengkonsumsi rebusan daun meniran secara berlebih. Sebab daun ini dapat mengngangu kesuburan dari kandungan. Tentu hal ini tidak ingin menimpa Anda. Untuk itulah penting menjaga dan sangat berhati-hati.

  1. Menganggu Metabolisme

Ketika Anda mendengar akan manfaat yang begitu tinggi tentu akan mengkonsumis secara berlebih. Hal demikian menganggu sistem metebolisme dalam tubuh. Karena nutrisi yang masuk dalam tubuh tidak seimbang.

 

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup