15 Buah Buahan Untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Penyakit ini menyerang siapa saja, tidak mengenal usia. Mereka yang kurang memerhatikan asupan makanan akan menjadi sasaran dari penyakit ini. Selain itu, kondisi tubuh yang menurun akibat aktivitas yang berlebih juga menjadi faktor pemicu dari sembelit. Namun, yang paling umum adalah kekurangan serat dalam tubuh. Serat ini dapat ditemukan dalam buah dan sayuran. Untuk itulah bagi Anda yang mengalami sembelit perbanyak makan sayur dan buah. Sebab penyakit yang ini lama kelamaan menyebabkan gangguan pencernaan itu sendiri. Karena hasil sisa proses makanan yang ada dalam pencernaan tidak dapat keluar. Semakin lama dapat menjadi racun dan sarang penyakit untuk tubuh.

Seperti disinggung di atas penyebab sembelit adalah kurangnya serat. Serat dapat ditemukan dalam buah. Untuk itulah, artikel berikut akan mengupas buah yang dapat mengatasi sembelit. Sehingga, dampak buruk untuk tubuh akan dapat terhindari.

  1. Apel Merah

Buah apel terkenal memiliki rasa yang enak, manis, dan menyegarkan. Rasa yang demikian juga sebanding dengan manfaat yang didapatkan. Karena apel merah mengandung serat yang tinggi, mengandung asam organik, dan juga kalium. Serat inilah yang akan membantu dalam menyembuhkan penyakit sembelit dalam tubuh Anda. Selain itu, mengkonsumsi apel merah ini dapat melunakkan fases dan memperlancar BAB. Penting untuk Anda makan rutin demi kesembuhan sembelit.

  1. Pisang

Buah ini tidak saja memiliki rasa yang manis, melainkan sangat membantu untuk mengatasi sembelit. Kandungan  Serat yang terdapat dalam pisang membantu dalam menurunkan susah BAB. Selain memiliki kandungan serat, juga mengandung antioksidan yang bagus untuk menangkal berbagai kemungkinan radikal bebas. Sehingga, jelas ketika makan buah ini Anda akan menikmati manfaat ganda.

  1. Belimbing

Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang khas, yaitu asam dan manis. Namun, jangan hanya terpaku pada kedua rasa itu. Lebih baik pada manfaat yang didapatkan. Buah ini dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol. Tentu tidak saja itu, juga sangat bagus untuk penderita sembelit. Karena dapat membantu memperlancar BAB.

  1. Melon

Buah untuk membantu mengatasi sembelit selanjutnya adalah melon. Buah yang sering dijadikan jus ini dapat mengatasi seseorang yang mengalami dehidrasi. Selain itu, bagi Anda yang menderita darah tinggi juga sangat bagus untuk menurunkan. Tentu dengan manfaat itu akan semakin menambah kehagiaan dan kesukaan untuk menikmati buah melon ini.

  1. Buah Berry

Buah ini memiliki kandungan kadar air yang tinggi, meskipun demikian juga makanan yang mengandung serat tinggi. Tentu sangat baik untuk penderita sembelit. Penting untuk diingat buah ini mengandung kalori yang rendah. Sehingga, sebaiknya digunakan untuk makanan penutup atau dijadikan menu sarapan yang dicampurkan dengan oatmeal.

  1. Buah Naga

Buah yang akhir-akhir ini banyak dicari oleh masyarakat ini tidak saja sekedar manis. Bauh ini memiliki khasiat untuk mengatasi simbelit. Ketika Anda menikmati buah ini akan membantu dalam memperlacarkan BAB. Selain itu, buah ini cocok untuk menghilangkan dehidrasi karena selesai aktivitas ataupun karena seteleh berpuasa.

  1. Buah-buahan Kering

Untuk mengatasi sembelit jangan dibayangkan hanya buah basah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Buah-buahan kering juga sangat membantu menyembuhkan susah BAB atau sembelit. Meskipun kering kadar serat dan vitamin yang ada didalamnya tetap terjaga dengan baik. Adapun yang termasuk dalam buah kering ini misalnya keripik pisang, kurma, dan lainnya.


  1. Nanas

Nanas ternyata mengandung 100 gram serat per 1 gramnya. Tentu serat inilah yang akan membantu menyembuhkan sembelit. Karena akan memudahkan keluarganya fases dari usus. Fases inilah yang akan menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk keluar.

  1. Ubi Jalar

Ubi memiliki kandungan vitamin A dan betakarotin yang membentu dalam melancarkan buang air besar. Sehingga, masalah semacam sembelit akan dapat teratasi dengan cepat dan tanpa menimbulkan efek samping apapun. Cara untuk mendapatkan manfaat ubi ini cukup mudah, rebus lalu konsumsi rutin setiap hari. Selain rasanya yang enak juga tinggi manfaat.

  1. Pepaya

Buah pepaya memang terkenal sebagai ramuan obat. Kandungan dari pepaya ini tidak saja serat tetapi juga antikangker dan antioksidan. Tentu dengan memakan buah ini Kamu akan terjaga dari berbagai macam penyakit, salah satunya sembelit.

  1. Tomat

Tomat ini tergolong ini memiliki kandungan untuk menjaga kesehatan hati Anda. Selain itu, serat yang tinggi begitu penting untuk menurunkan resiko sembelit yang lebih parah.

  1. Aplukat

Buah yang sering digunakan jus ini mengandung 2,2 gram serat setiap 100 gramnya. Tentu kandungan yang cukup banyak ini membantu dalam proses penyembuhan sembelit.

  1. Mangga

Buah yang banyak disukai masyarakat kita ini memiliki khasiat untuk menghilangkan dehidrasi, kaya gizi dan vitamin. Selain itu, juga membantu melarutkan dan melunakkan fases dalam pencernaan sehingga mudah untuk dikeluarkan.

  1. Stroberry

Rendah kalori, antioksidan, dan serat yang tinggi dalam buah ini sangat cocok untuk penderita sembelit. Karena akan menyembuhkans secara perlahan dan alami.

  1. Lemon

Buah yang satu ini jangan dianggap sepele, kandungan vitamin C dan antioksidan mampu mengilangkan racun dalam tubuh. Selain itu, membantu melancarkan pencernaan.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Sehat