6 Langkah Mudah Terlihat Langsung Cantik Setelah Melahirkan

124

Sejak mulai hamil sampai melahirkan maka tubuh ibu akan mengalami beberapa perubahan. Semua disebabkan oleh hormon yang berubah sejak awal sampai menyebabkan morning sickness. Kemudian semakin tua usia kehamilan, tubuh ibu terkena dampak yang sedikit memalukan, seperti stretch mark, lemak yang menggelambir dan kenaikan berat badan. Jika sudah melihat semua kondisi tersebut biasanya ibu akan merasa sangat malu. Apalagi setelah melahirkan pasti akan merasa tidak percaya diri. Tapi banyak wanita yang langsung cantik setelah melahirkan, baik dari bentuk tubuh dan wajahnya. Anda penasaran? Berikut langkahnya.

  1. Cari Bantuan

Setelah melahirkan maka pekerjaan ibu akan menjadi semakin banyak. Tidak hanya mengurus atau menyusui bayi tapi pekerjaan rumah lain. Hal ini yang membuat ibu tidak memiliki waktu untuk mengurusi tubuh. Karena itu solusinya adalah mintalah bantuan dari orang sekitar untuk membantu merawat bayi. Kemudian Anda bisa menggunakan sedikit waktu luang untuk mengurusi diri sendiri mulai dari membersihkan wajah dan istirahat.

  1. Riasan Sederhana

Ibu menyusui yang baru melahirkan akan kurang tidur karena menggunakan waktu malam untuk mengurus dan menyusui bayi. Karena itu pada saat pagi hari wajah ibu akan terlihat kusam dan lelah. Untuk menghilangkan kesan yang kusut maka ibu mandi di pagi hari. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang aman untuk ibu menyusui. Kemudian gunakan riasan dasar seperti bedak, lip gloss, dan eyeliner kecil. Meskipun riasan ini sangat sederhana tapi sudah bisa membuat wajah ibu bersinar.

  1. Mulai Olahraga Ringan

Olahraga menjadi salah satu cara agar wajah terlihat cantik dan bersinar. Ibu yang baru saja melahirkan bisa mulai olahraga setelah mendapatkan izin dari dokter yang merawat. Termasuk jika ibu melewati persalinan normal atau caesar. Sebaiknya ibu mulai melakukan gerakan sederhana saja seperti rajin berjalan kaki di pagi hari sambil menghirup udara segar.

  1. Cukupi Waktu Tidur

Biasanya ibu yang baru melahirkan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengurus bayi. Tapi ternyata ibu justru tidak cukup istirahat. Sementara itu cara istirahat terbaik untuk ibu adalah dengan tidur. Jadi sebisa mungkin ibu harus cukup tidur sambil merawat bayi. Caranya dengan ikut tidur ketika bayi tertidur dan tahu batasnya kapan harus bangun untuk aktifitas yang lain.

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Makanan dan minuman sehat sangat penting untuk ibu yang baru saja melahirkan. Ibu harus mendapatkan sumber protein, lemak sehat, mineral, vitamin dan air. Semua bahan ini bisa ditemukan dari daging ayam tanpa kulit, daging sapi, ikan, buah-buahan dan sayuran.

  1. Berpakaian Rapi

Biasanya ibu yang menyusui cenderung malas untuk merubah penampilan. Namun syarat agar terlihat cantik adalah bisa mengenakan pakaian yang rapi dan nyaman. Ibu bisa menggunakan baju rumahan yang dibuat khusus untuk ibu menyusui dan jenis pakaian yang lain. Bahan pakaian juga harus nyaman untuk ibu seperti katun yang mudah menyerap keringat.