Boleh Tidak Makan Tiram Saat Hamil? Ibu Hamil Harus Baca Ini

76

Mengonsumsi makanan laut sudah pasti akan membuat tubuh lebih sehat berkat nutrisi yang didapatkan. Tapi ada sebuah isu yang mengatakan jika makanan laut sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Akhirnya banyak ibu hamil yang benar-benar mengikuti anjuran ini termasuk dengan larangan makan tiram. Ada rasa khawatir bahwa ibu hamil mungkin akan mengalami gejala keracunan makanan akibat terkontaminasi bahan berbahaya dari tiram. Baiklah agar tidak ragu lagi, akan kami jelaskan mengenai boleh tidak makan tiram saat hamil?

Tiram Aman Saat Hamil Asalkan!

Tiram sebagai makanan sehat  yang akan memberikan nutrisi untuk ibu dan janin dalam kandungan. Hanya saja tiram yang akan dimakan oleh ibu hamil sebaiknya sudah dimasak sampai benar-benar matang. Ibu hamil tidak boleh makan tiram mentah karena bisa terkena kontaminasi salmonella atau bahan logam berat seperti merkuri. Jadi asalkan tiram matang dan dimasak dengan alat-alat yang bersih, maka ibu hamil bisa makan tiram.

Nutrisi Tiram untuk Ibu Hamil

Tiram menjadi nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Diantaranya seperti:

  1. Sumber protein yang akan mendukung pertumbuhan janin dan melindungi payudara serta rahim ibu selama hamil.
  2. Asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak janin dan menurunkan risiko kehamilan seperti resiko keguguran, prematur dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah.
  3. Mineral yodium, seng dan selenium. Ini sangat penting untuk menjaga pertumbuhan janin dan sistem endokrin ibu hamil.
  4. Zat besi yang sangat baik untuk mencegah anemia pada ibu hamil.
  5. Kalium yang sangat penting untuk keseimbangan cairan tubuh ibu hamil sehingga ibu tetap segar.
  6. Vitamin D, sebuah vitamin yang akan bekerja untuk memperkuat tulang janin dan menjaga kesehatan tulang ibu.

Tips Makan Tiram untuk Ibu Hamil

  1. Pastikan Anda hanya memilih tiram dengan cangkang yang masih tertutup segar, berbau air dan direndam dengan air asin.
  2. Langsung memasak tiram setelah membeli dan hindari menyimpan tiram di lemari es.
  3. Rendam tiram sambil disikat kerangnya agar semua bakteri dan kotoran hilang.
  4. Masak dengan cangkang yang utuh karena ini lebih aman untuk ibu hamil.
  5. Cara memasak yang lebih aman adalah dengan merebus tiram dengan cangkang yang utuh, tambahkan bumbu rempah untuk menghilangkan amis dan masak dalam waktu yang cukup sampai matang.
  6. Ibu hamil sebaiknya tidak makan tiram dalam jumlah yang lebih banyak karena bisa menyebabkan masalah untuk tubuh seperti kolesterol dan risiko kontaminasi merkuri.

Efek Samping Jika Ibu Hamil Makan Tiram Mentah

  1. Kemungkinan ibu bisa terkontaminasi listeria yang bisa menyebabkan diarea dan sakit perut sehingga ibu bisa mengalami kontraksi dini.
  2. Ibu hamil bisa mengalami keguguran, keracunan, bayi lahir prematur dan kematian bayi dalam kandungan karena racun dari tiram sebab ibu hamil cenderung memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Nah sekarang sudah jelas bukan, boleh tidak makan tiram saat hamil? Agar lebih aman lagi sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang merawat karena dokter lebih mengetahui status kesehatan ibu hamil.