Aman Tidak Makan Kemangi Saat Hamil Sebagai Lalapan?

58

Ketika ibu hamil mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti ayam goreng, ikan lele goreng, ayam bakar, ikan bakar dan berbagai jenis makanan lain maka biasanya akan disajikan dengan lalapan. Isi lalapan seperti kubis, terong, daun pepaya rebus dan daun kemangi. Daun kemangi memiliki aroma yang sangat harum dan memiliki rasa sedikit pedas yang menyegarkan.

Makan lalapan seperti daun kemangi dipercaya bisa menghilangkan rasa amis saat makan ikan, ayam atau bebek. Tentu saja ini sangat membantu ibu hamil yang masih berjuang untuk mengatasi morning sickness.

Tapi, aman tidak makan kemangi saat hamil sebagai lalapan? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Daun Kemangi ?

Daun kemangi adalah dedaunan yang diambil dari tanaman kemangi yang masih muda atau ujung daun yang masih muda. Tanaman kemangi mudah tumbuh dimana saja asalkan mendapatkan sinar matahari dan air yang cukup. Daun sering digunakan untuk bumbu memasak, campuran sup segar, dan lalapan. Daun kemangi kaya dengan sumber nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, protein dan zat-zat alami lain. Nah sebelum kita melihat, aman atau tidak daun kemangi untuk ibu hamil maka baca dulu manfaatnya berikut ini.

Manfaat Daun Kemangi untuk Ibu dan Janin

  1. Sumber Vitamin K

Kemangi mengandung vitamin K yang sangat penting untuk membantu proses pembekuan darah selama hamil. Manfaat ini juga sangat penting untuk menjaga keselamatan bayi saat lahir agar ibu tidak mengalami perdarahan. Vitamin K juga sangat penting untuk membuat luka persalinan ibu cepat pulih sehingga mengurangi risiko kehilangan darah yang berlebihan.

  1. Baik untuk Pertumbuhan Janin

Kandungan vitamin A dalam kemangi ternyata sangat penting untuk pertumbuhan janin. Vitamin A bahkan mematangkan proses perkembangan jaringan jantung, paru-paru, sistem syaraf pusat dan tentunya mata. Jadi memang sangat menguntungkan untuk janin.

  1. Baik untuk Proses Pembentukan Tulang Janin

Kemangi mengandung mineral yang sangat penting untuk proses pembentukan tulang dan tulang rawan janin yaitu mangan. Terkadang ibu hamil tidak mendapatkan mangan yang cukup sehingga tulang janin menjadi lemah dan menyebabkan masalah kesehatan tulang saat sudah lahir. Mangan juga sumber antioksidan yang bisa mengurangi risiko kerusakan sel pada ibu dan janin sehingga menurunkan potensi cacat lahir.

  1. Sumber Asam Folat

Kemangi ternyata juga menjadi sumber asam folat yang sangat penting untuk mendukung proses produksi darah untuk ibu dan janin. Bahkan asam folat mencegah cacat tabung syaraf atau spina bifida yang bisa menyebabkan bayi cacat lahir dan mengalami kematian setelah kelahiran.

  1. Menurunkan Risiko Anemia

Ibu hamil memang sangat rentan dengan anemia, karena itu konsumsi kemangi sebagai sumber zat besi memang sangat baik. Kemangi akan meningkatkan produksi hemoglobin sehingga sangat baik untuk ibu dan janin. Bahkan ini juga penting untuk membuat tubuh ibu hamil penuh dengan energi.

  1. Memastikan Sistem Kekebalan Tubuh

Kemangi mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, niasin, riboflavin dan sumber vitamin lain. Juga mengandung mineral penting seperti mangan, seng, magnesium, kalium, fosfor, dan tembaga yang sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Jadi kemangi penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin secara keseluruhan.

Efek Samping Kemangi untuk Ibu dan Janin

  1. Daun kemangi yang belum dicuci atau belum dicuci sampai bersih kemungkinan masih mengandung bakteri atau virus yang bisa menyebabkan sakit perut, keracunan listeria dan risiko toxoplasma.
  2. Konsumsi kemangi berlebihan menyebabkan rasa panas pada tenggorokan, kejang, pusing, darah dalam urin, dan kehilangan kesadaran karena keracunan.
  3. Konsumsi kemangi dalam jumlah banyak akan menurunkan kadar gula darah dengan cepat sehingga ibu hamil bisa terkena hipoglikemik dengan tanda pusing dan gemetar.

Jadi Kemangi Aman Tidak untuk Ibu Hamil?

Kemangi sebenarnya sangat aman untuk ibu hamil karena kaya dengan manfaat untuk ibu dan janin. Tapi disarankan untuk mengonsumsi kemangi dalam jumlah yang sedikit saja dan pastikan kemangi sudah bersih. Selain itu konsultasikan dengan dokter kandungan yang merawat sehingga bisa mendapatkan saran medis yang tepat.

Begitulah informasi mengenai aman tidak makan kemangi saat hamil sebagai lalapan? Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan pendamping medis Anda sehingga lebih tepat untuk kesehatan ibu dan janin.