Sudah Hamil Tapi Tidak Ada Tanda-Tanda Kehamilan, Normal Tidak?

56

Anda sudah terlambat menstruasi dan sudah melakukan tes kehamilan, hasilnya garis merah dua, atau positif hamil. Tapi Anda tidak merasakan gejala sama sekali. Anda mungkin yakin memang sudah hamil, tapi Anda harus menghitung lagi usia kehamilan Anda.

Ada beberapa ibu yang sudah merasakan berbagai tanda kehamilan semenjak usia kehamilan masuk ke usia 4 sampai 5 minggu. Tapi ada juga ibu yang sama sekali merasa tidak sedang hamil padahal sudah hamil 6 minggu. Nah semua kondisi sudah hamil tapi tidak ada tanda-tanda kehamilan, normal tidak? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Penyebab

Semua wanita hamil seharusnya mengalami beberapa gejala yang tidak nyaman seperti morning sickness, ngidam, selalu ingin makan berlebihan dan juga tidak nafsu makan. Tapi ada juga ibu hamil yang justru merasa biasa saja. Misalnya saja justru merasa tubuh kuat, penuh dengan energi, ingin berhubungan intim, dan nafsu makan yang cukup beras. Nah inilah beberapa gejala langka yang perlu diperhatikan.

Kondisi ini sebenarnya disebabkan oleh dorongan hormon yang berbeda-beda untuk setiap tubuh ibu hamil. Beberapa wanita yang juga akan mengalami keterlambatan gejala hamil terutama jika sebelumnya menjadi perokok aktif.

Morning sickness sendiri bukan termasuk gejala yang harus dialami oleh ibu hamil. Morning sickness hanya cara alami tubuh dalam menjaga dan melindungi janin dari berbagai sumber penyakit termasuk penyakit bawaan pada janin.

Jadi, Anda Hamil Atau Tidak?

Jika Anda sudah merasakan curiga kalau hamil tapi tidak ada gejala sama sekali maka cobalah untuk menunggu selama 1 atau 2 minggu lagi. Jika Anda memang hamil maka biasanya beberapa gejala muncul cepat dalam waktu beberapa minggu. Namun sangat disarankan untuk tetap menemui dokter kandungan Anda, sehingga pemeriksaan dengan USG atau tes kehamilan yang lebih akurat bisa dilakukan.

Tiba-Tiba Tubuh Terasa Aneh

Terkadang setelah dinyatakan hamil tapi tidak ada gejala sama sekali, maka itu juga bisa menjadi pertanda buruk. Termasuk ketika sudah muncul tubuh menjadi aneh atau ada gejala yang tidak biasa maka disarankan untuk segera pergi ke dokter. Berikut ini gejala tidak normal yang harus diwaspadai.

  1. Tiba-tiba pandangan sering kabur dan kepala pusing atau ada sensasi melayang.
  2. Merasa panas pada bagian betis dan tumit kaki.
  3. Tubuh demam selama kurang lebih 24 jam.
  4. Kram perut dan tidak nyaman pada perut bawah.
  5. Terdapat bercak tidak normal atau perdarahan dari vagina.
  6. Merasa tidak ada gerakan dalam perut atau kehilangan jejak janin.
  7. Mual, diare dan terus muntah selama1 hari.

Nah, jadi bisa disimpulkan bahwa sudah hamil tapi tidak ada tanda-tanda kehamilan, normal tidak? memang harus dibuktikan dengan pemeriksaan dokter. Sangat penting sekali untuk menemui dokter agar kondisi kehamilan bisa dipantau.