6 Efek Minum Vitamin C Sebelum Tidur Wajib Diketahui

1886

Vitamin C merupakan salah satu kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh tetap fit ketika berkegiatan sehari-hari. Mengonsumsi vitamin C juga sangat dianjurkan jika tubuh mengalami ciri-ciri kekurangan vitamin C, seperti sedang tidak sahat atau sedang dalam masa penyembuhan. Meskipun demikian, konsumsi vitamin C harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jangan sampai berlebihan. Minum vitamin C yang melebihi kebutuhan hanya akan sia-sia karena akan dikeluarkan lagi melalui urinasi.

Vitamin C bersifat mudah larut dan banyak ditemukan di kebanyakan buah-buahan dan sayuran. Meskipun demikian, menurut banyak ahli gizi, vitamin C mudah sekali hilang. Umumnya karena proses oksidasi yang berlangsung cepat. Nah, jika ingin mendapatkan vitamin C utuh, bisa mendapatkannya melalui suplemen. Namun, kebanyakan orang bingung mengenai waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen vitamin C. Ada yang bilang pagi hari ada yang bilang malam hari sebelum tidur.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas mengenai pendapat mengenai minum vitamin C di malam hari. Apakah boleh-boleh saja dan bagaimana efek minum vitamin C sebelum tidur bagi kesehatan. Sebelum menjelaskan lebih jauh, pertama-tama penting untuk mengetahui manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Seperti yanng sudah disinggung sebelumnya, vitamin C sangat diperlukan bagi tubuh terutama pada saat tubuh sedang dalam keadaan tidak fit atau sedang dalam masa penyembuhan. Tapi secara keseluruhan sebenarnya apa saja sih manfaat vitamin C bagi tubuh? Berikut adalah manfaat-manfaatnya.

1. Membuat Tubuh Sehat dan Bugar

Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas banyak. Mengonsumsi vitamin C dari buah-buahan maupun suplemen yang sesuai dengan kebutuhan vitamin C harian akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Dampak lanjutan dari itu yaitu meningkatkan mood jadi lebih baik.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Vitamin C tidak hanya baik dikonsumsi untuk membuat tubuh sehat dan bugar, namun manfaat lainnya lagi yaitu dapat mencegah terkena penyakit kanker. Mengonsumsi vitamin C dari sumber-sumber alami yang pas dengan kebutuhan vitamin C harian dapat membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat sementara sel-sel kanker jadi berkurang.

3. Memperbaiki Sel-Sel Kulit

Manfaat vitamin C selanjutnya adalah untuk memperbaiki sel-sel jaringan kulit yang rusak. Kerusakan sel kulit banyak penyebabnya,  bisa karena paparan sinar matahari dan kurangnya konsumsi vitamin C. Maka dari itu jika ingin kulit Anda menjadi sehat maka konsumsi vitamin C yang cukup.

4. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya memperbaiki sel dan jaringan kulit, manfaat vitamin C lainnya juga dapat mencegah penuaan dini. Dengan asupan vitamin C yang cukup setiap harinya, dapat membuat kulit terhindar dari keriput dan juga kekeringan.

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling umum dialami oleh kebanyakan orang. Penyebabnya bisa macam-macam, dari makanan yang dikonsumsi salah satunya. Jika asupan vitamin C kita cukup, maka risiko penyakit jantung ini dapat ditangkal.

6. Menyembuhkan Flu/Pilek

Pada saat cuaca sedang tidak bagus-bagusnya sementara imunitas tubuh menurun, maka tubuh sangat rentan terkena flu atau pilek. Dengan mengonsumsi vitamin C lebih dari kadar harian sangat dianjurkan karena dapat menyembuhkan flu dan pilek.

7. Mencegah Risiko Terkena Stroke

Tidak hanya mencegah risiko penyakit jantung, manfaat lain dari vitamin C yaitu menurunkan risiko terkena penyakit stroke. Stroke juga merupakan salah satu penyakit yang umum menyerang orang usia 40 tahun ke atas. Namun, akhir-akhir ini ada juga yang terkena stroke ketika berumur 20 dan 30an. Nah, dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup setiap harinya, risiko terkena penyakit stroke bisa dicegah.

Efek Minum Vitamin C Sebelum Tidur

Setelah membahas mengenai manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh, kini saatnya membahas mengenai efek vitamin C sebelum tidur. Efek ini bisa dialami berbeda atau bahkan berkebalikan bagi setiap orang. Penting diketahui bahwa reaksi tubuh setiap orang terhadap vitamin yang masuk ke dalam tubuh berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasannya:

1. Pusing

Tidak semua vitamin dapat di minum setiap saat. Ada vitamin yang paling baik diminum pada saat pagi hari sebelum memulai kegiatan dan ada yang malam hari. Nah untuk vitamin C, menurut pendapat umum medis, vitamin C dapat diminum kapan saja karena sifatnya yang mudah larut. Boleh diminum baik itu pagi, siang, maupun malam hari sebelum tidur. Jadi, boleh-boleh saja minum vitamin C sebelum tidur.

Meskipun demikian, efek minum vitamin C sebelum tidur dapat menyebabkan pusing sebagai akibat kelebihan vitamin C dalam tubuh. Misalnya, Anda meminum suplemen vitamin C setiap hari padahal asupan vitamin C harian Anda sebenarnya sudah cukup. Namun, jika memang asupan vitamin C harian Anda memang kurang, efek minum vitamin C sebelum tidur tidak akan membuat Anda pusing.

2. Mual

Kondisi yang kedua ini adalah efek minum vitamin C sebelum tidur yang juga dialami bersamaan dengan munculnya rasa pusing. Ketika Anda merasa pusing, hampir selalu diikuti dengan rasa mual yang mengganggu. Hal ini karena tubuh Anda menolak masuknya vitamin C ke dalam tubuh Anda. Singkatnya, tubuh Anda sudah menampung cukup banyak vitamin C sehingga sudah tidak bisa lagi menerima vitamin C lagi. Artinya, Anda harus berhenti mengonsumsi vitamin C dulu. Tunggu hingga tubuh Anda memang membutuhkannya.

3. Muntah

Efek minum vitamin C selanjutnya adalah muntah. Reaksi ini muncul mengikuti reaksi yang sebelumnya, yaitu rasa pusing dan mual. Pada kasus yang sudah parah, bahaya kelebihan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan muntah. Biasanya, ini tidak hanya disebabkan oleh konsumsi vitamin C yang berlebihan namun dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi sebelumnya. Ada kandungan tertentu yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan vitamin C sehingga akibatnya Anda akan mengalami muntah.

4. Sulit Tidur

Efek minum vitamin C sebelum tidur menyebabkan sulit tidur bagi sebagian orang. Memang ada banyak orang yang mengaku mengalami sulit tidur setelah mengonsumsi vitamin C di malam hari sebelum tidur. Namun, secara medis ini masih belum terbukti. Meskipun banyak yang mengalami kesulitan tidur, penelitian membuktikan bahwa tidak ada kaitannya antara minum vitamin C sebelum tidur dengan sulit tidur. Meskipun demikian, karena reaksi orang berbeda-beda, jadi memang dapat membuat sulit tidur.

5. Tidur Nyenyak

Berkebalikan dengan poin sebelumnya,  efek minum vitamin C sebelum tidur juga dapat menyebabkan tidur menjadi nyenyak. Banyak orang yang mengaku bahwa tidurnya menjadi nyenyak setelah minum vitamin C sebelum tidur. Tentu memang belum bisa dibuktikan secara medis, namun hal ini tidak bisa diindahkan karena banyak yang mengalaminya.

6. Membuat Tubuh Bugar Saat Bangun di Pagi Hari

Efek minum vitamin C sebelum tidur yang keenam atau yang terakhir yaitu membuat tubuh menjadi segar bugar saat bangun di pagi hari. Bagi mereka yang merasa cocok minum vitamin C sebelum tidur, biasanya akan merasakan manfaat ini ketika bangun tidur. Hal ini bisa jadi karena orang tersebut mengonsumsinya pada saat kondisi tubuh sedang tidak fit dan butuh vitamin C. Pada saat tidur, virus-virus pembawa penyakit tadi dilenyapkan oleh vitamin C yang dikonsumsi. Maka dari itu ketika bangun keesokan harinya tubuh menjadi segar bugar.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan efek minum vitamin C sebelum tidur di malam hari. Pada dasarnya tubuh kita sangat membutuhkan vitamin C terutama pada saat sedang sakit dan lesu. Namun, konsumsi vitamin C harus disesuaikan dengan kebutuhan karena jika berlebihan tubuh akan menolak dengan memunculkan reaksi-reaksi seperti pusing, mual, dan muntah. Konsumsi vitamin C secukupnya agar terhindari dari penyakit akibat kekurangan vitamin C yang dapat membahayakan kesehatan.