Apakah Perbedaan Antara Susu Kental Manis Dengan Krimer Kental Manis Kalengan ?

1351

Menurut Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru (dari berbagai sumber berita) menjelaskan bahwa susu kental manis / SKM merupakan produk minuman yang mengandung susu. Sama halnya dengan krimer kental manis / KKM adalah produk minuman yang mengandung krim dicampur dengan susu.

Susu kental manis / SKM lebih besar kandungan susunya dibandingkan dengan bahan – bahan yang lainnya, sementara krimer kental manis / KKM adalah produk olahan minuman yang memasukkan susu ke dalamnya tetapi memiliki porsi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan SKM. Nah keduanya sama – sama termasuk ke dalam 9 jenis subkategori susu kental yaitu susu evaporasi, adalah susu skim evaporasi, susu lemak nabati evaporasi, susu kental manis, susu kental manis lemak nabati, susu skim kental manis, krim kental manis, krimer kental manis dan khoa.

Apakah perbedaan antara susu kental manis dengan krimmer kental manis ?

Produk – produk olahan susu kental manis wajib mengandung susu sebagai bahan utama !

Produk olahan susu kental manis sejak pertama kemunculannya di pasaran diharuskan mengandung susu yang utama dibandingkan bahan pelengkap dan pelezat yang lainnya. Pernyataan ini diperjelas dengan Peraturan BPOM No. 21 tahun 2016 yang memberikan rincian tentang definisi dan bahan – bahan dari susu kental manis. Contohnya adalah susu kental manis yang terbuat dari bahan utama adalah susu sapi yang memiliki campuran gula dan air masing – masing porsi sebagai berikut : padatan susu kisaran 20 %, mengandung juga protein, mineral, vitamin, dan lemak. Karakteristik dasar dari susu kental manis adalah kandungan lemak susu wajib dikandung sekitar 8 %, dan kadar protein untuk plain kisaran 6,5 %. Susu kental manis adalah hasil rekonstitusi susu bubuk dengan diberi penambahan berupa gula dengan atau tanpa adanya penambahan bahan – bahan yang lain.

Menurut Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia / PKGK FKM UI, susu kental manis mengandung kadar protein dalam jumlah besar apabila dibandingkan dengan susu jenis yang lainnya dalam kategori susu kental. Karena kandungan susu di dalamnya, menyebabkan susu jenis ini berkualitas setara dengan susu lainnya yang seratus persen mengandung bahan utama adalah susu.

Nah dari penjelasan kami tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa yang membedakan antara susu kental manis dengan produk – produk olahan susu lainnya seperti pada bentuk cair atau bubuk adalah pada jumlah kandungan susunya. Begitu pula halnya dari segi kualitas, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi sebuah produk makanan bisa dikatakan cukup menyehatkan bagi si pengkonsumsi.

Masing – masing orang dapat mengonsumsi susu kental manis yang rasanya enak, asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Namun susu kental manis dilarang alias kurang cocok diberikan kepada bayi karena bayi memiliki keperluan lebih besar guna pertumbuhan otak dan organ – organ tubuh yang berbeda kondisi dengan orang dewasa, terutama sangat membutuhkan asupan protein hewani dalam jumlah yang mencukupi sehingga perlu diberikan susu bubuk khusus untuk mereka (dari berbagai sumber berita).