Ikan Kakap Dan Kandungan Gizi Di Dalamnya

1552

Ikan adalah hewan air yang terbanyak dihasilkan. Baik itu dari laut maupun air tawar. Yang dijual di mall – mall hingga pasar tradisional adalah ikan yang ditangkap secara langsung dari alam maupun hasil pembudidayaan pada kerambah atau kolam ikan.

Nilai gizi dalam daging ikan cukup banyak dimana sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Beberapa jenis ikan banyak mengandung protein dan zat Asam Omega 3 yang bermanfaat bagus untuk mengasah otak anak – anak agar tumbuh cerdas, serta menjaga dan merawat perkembangan otak. Maka dari itu setiap hari wajib anak – anak hingga orang dewasa mengkonsumsi ikan, baik itu ikan laut atau ikan air tawar.

Salah satu ikan yang terbanyak digemari adalah Ikan Kakap. Ada 2 jenis ikan ini yang dengan mudah dapat anda beli di pasar – pasar tradisional hingga mall – mall yaitu Ikan Kakap Putih dan Ikan Kakap Merah. Ikan Kakap disukai karena mempunyai tekstur daging yang lembut dengan cita rasa khas yaitu tidak amis dan gurih. Dipercaya banyak mengandung gizi cukup tinggi untuk pemenuhan asupan nutrisi penting guna menjaga kesehatan manusia.

Ikan Kakap merupakan ikan yang tumbuh subur di tengah laut secara berkelompok yaitu pada dasar samudera diantara celah – celah karang atau terumbu karang. Ciri – cirinya adalah bentuk tubuh bulat pipih disertai sirip yang memanjang di sepanjang area punggung. Terbanyak dijual di pasar karena banyak hidup di Indonesia adalah Kakap Merah / L. Campechanus dan beberapa yang lainnya agak jarang yaitu Kakap Putih.

Mengenal Tentang Kandungan Gizi / Nutrisi Dari Ikan Kakap

Nama bahan makanan : Ikan Kakap,

Banyaknya Ikan Kakap yang menjadi objek diteliti ( food weight ) sama dengan 100 gram,

Bagian Ikan Kakap yang bisa dikonsumsi ( Bdd / food edible ) sama dengan 8 % ,

Jumlah kandungan energy dari Ikan Kakap sama dengan 92 kkal,

Jumlah kandungan protein Ikan Kakap sama dengan 20 gram,

Banyaknya kandungan lemak Ikan Kakap sama dengan 0,7 gram,

Banyaknya kandungan karbohidrat Ikan kakap sama dengan 0 gram,

Banyaknya kandungan Kalsium Ikan Kakap sama dengan 20 mg,

Banyaknya kandungan fosfor Ikan Kakap sama dengan 200 mg,

Banyaknya kandungan zat Besi dari Ikan Kakap adalah sebesar 1 mg,

Banyaknya kandungan vitamin A dari Ikan Kakap adalah sebesar 30 IU,

Jumlah kandungan vitamin B1 dari Ikan Kakap adalah 0,05 mg,

Jumlah kandungan vitamin C dari Ikan Kakap adalah sebesar 0 mg,

Sumber informasi gizi adalah beragam publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sumber lainnya.

Manfaat Dari Ikan Kakap Terhadap Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

  • Zat Selenium

Seekor Ikan Kakap Merah yang seberat 100 gram mengandung sekitar 70 persen Selenium dari jumlah kandungan yang direkomendasikan setiap hari harus ada untuk pria dan wanita dewasa yang sedang mengikuti program diet pemenuhan 2000 kalori. Selenium dalam kondisi ini akan mendukung fungsi sel – sel darah putih yang dibutuhkan guna kelancaran kerja kelenjar tiroid sehingga dapat berfungsi notmal. Selenium adalah zat Antioksidan yang ampuh buat mencegah munculnya senyawa radikal bebas yang menyebabkan DNA mengalami kerusakan sehingga memicu munculnya penyakit kanker atau jantung dan rheumatoid arthritis.

Kekuatan di dalam Antioksidan Selenium ini akan meningkat tajam saat dikombinasikan dengan sumber vitamin E. Maka dari itu sajikan ikan panggang ini yang kaya akan kandungan Selenium dengan makanan tinggi vitamin E seperti sayur segar yaitu Asparagus, Kentang, dan sayuran hijau semacam Bayam, Kale atau Bit Hijau.

  • Vitamin A

Masing – masing 3 ons sajian masakan dari ikan Kakap Merah yang anda olah akan memberikan sekitar 14 persen sumbangan vitamin A terhadap kebutuhan yang seharusnya direkomendasikan khusus untuk wanita dewasa dan 10,8 persen untuk kelompok pria remaja dewasa. Vitamin A memiliki fungsi menjaga system kekebalan tubuh dan memproduksi sekaligus pemeliharaan kesehatan tulang dan kulit serta mata dimana vitamin A berperan penting dalam membantu system kerja sel – sel reproduksi dan diferensiasi.

Maka dari itu konsumsi vitamin A dalam jumlah yang mencukupi setiap hari karena dapat membantu menurunkan risiko anda terkena gangguan mata seperti katarak / degenerasi makula dihubungkan dengan usia si penderita. Vitamin A adalah nutrisi yang larut dalam lemak dimana akan membutuhkan sumber – sumber lemak dari makanan untuk mudah diserap oleh usus.

  • Zat Kalium

Ikan Kakap Merah cukup banyak mengandung Kalium yaitu kisaran 444 miligram atau sekitar 9,4 persen terhadap pemenuhan kebutuhan harian anda akan zat Kalium dengan perbandingan porsi yaitu 3 ons daging Kakap Merah yang akan dimasak. Seperti diketahui bahwa Kalium adalah salah satu zat yang bermanfaat sebagai fungsi Mineral dan Elektrolit. Sudah pasti akan dibutuhkan oleh tubuh apalagi terhadap anak – anak guna memicu enzim bekerja seoptimalnya yang memang dibutuhkan dalam proses metabolisme energi untuk menjaga kesehatan Jantung dan rangka / jaringan otot agar berkontraksi dengan baik.

  • Nah untuk program diet

yang kurang mengandung kadar Kalium akan bisa meningkatkan anda beresiko terserang stroke, tekanan darah tinggi, osteoporosis disertai batu ginjal. Seseorang dapat juga kekurangan zat Kalium apabila terlalu sering mengkonsumsi makanan / minuman yang banyak mengandung Natrium. Konsultasikan kondisi ini dengan dokter anda tentang bagaimana cara – cara anda mengurangi asupan Natrium yang berlebihan karena hanya akan meningkatkan kadar Kalium tetapi masih aman sehingga kondisi tubuh menjadi sehat.

  • Omega 3 Asam Lemak

Diketahui bahwa jenis ikan Kakap Merah mengandung 0,31 gram Omega 3 Asam lemak dimana porsi yang pas adalah 100 gram. Untuk konsentrasi Asam Lemak Omega 3 jumlahnya sama dengan jumlah Kerang, Kepiting, Lele, dan Udang dalam porsi 3 ons. Riset yang dilakukan oleh The American Heart Association / AHA menjelaskan bahwa dengan suka mengkonsumsi ikan yang kaya akan kandungan Asam Lemak Omega 3 dapat mengurangi dan mengobati anda yang terkena sakit Jantung, Aterosklerosis ( proses penyumbatan terhadap pembuluh darah ) dan menjadikan Kolesterol naik tajam. AHA merekomendasikan bahwa kelompok orang dewasa dan wanita sedang tidak hamil disarankan untuk mengkonsumsi 3,5 ons ikan Kakap panggang atau dibakar sebanyak 2 kali dalam seminggu. Wanita hamil dan anak – anak dilarang untuk terlalu sering menyantap ikan Kakak Merah guna mencegah adanya kontaminasi merkuri dalam daging ikan ini.

Semoga bermanfaat !