10 Ciri Ciri Kekurangan Kalsium yang Sering Terjadi

Kalsium merupakan sebuah jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Untuk tubuh, kalsium ini memiliki banyak sekali fungsi. Salah satu fungsi dari kalsium adalah untuk menjaga dan juga memelihara kondisi tulang dan gigi. Fungsi ini sangat penting apalagi untuk mereka yang berada di dalam masa pertumbuhan. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium di dalam tubuh, kita bisa mendapatkan nya dari berbagai bahan makanan seperti susu, keju, tahu, tempe, kacang – kacangan dan juga bahan lainnya yang termasuk ke dalam jenis makanan yang mengadung kalsium tinggi. Selain dari sumber makanan tersebut, salah satu cara mengatasi kekurangan kalsium yang bisa kita lakukan adalah dengan mendapatkan kalsium dari berbagai suplemen.

Kebutuhan kalsium ini berbeda setiap orangnya. Biasanya kebutuhan kalsium juga ditentukan oleh usia. Mencukupi kebutuhan kalsium untuk tubuh akan sangat bermanfaat, karena jika tubuh kekurangan kalsium maka tubuh akan mengalami berbagai masalah bahaya kekurangan kalsium. Meskipun begitu terlalu banyak kalsium juga tidak baik karena ada banyak akibat kelebihan kalsium yang bisa kita alami. Adapun ciri – ciri kekurangan kalsium diantaranya adalah :

  1. Sering mengalami masalah dengan otot
    Hal yang bisa menjadi ciri – ciri kekurangan kalsium adalah sering mengalami masalah dengan otot. Masalah tersebut bisa seperti kram otot ataupun nyeri otot. Kram dan nyeri pada otot ini akan terjadi meskipun tubuh memiliki kadar hemoglobin dan air yang cukup. Hal ini karena dengan kurangnya kalsium akan menyebabkan sel – sel pada saraf menjadi sangat sensitif dan akan menyebabkan kram otot secara mendadak. Secara lebih jauh, kekurangan kalsium juga akan merusak sistem saraf yang bisa saja menjadi penyebab terganggunya fungsi saraf.
  2. Tulang menjadi lemah dan rapuh
    Salah satu fungsi utama dari kalsium adalah untuk meningkatkan kepadatan tulang. Kalsium ini merupakan mineral yang sangat penting untuk tulang. Oleh sebab itu, apabila kita kekurangan kalsium maka kondisi tulang kita pun cenderung menjadi lemah dan rapuh. Tulang yang rapuh ini juga akan meningkatkan kemungkinan tubuh terkena osteoporosis.
  3. Masalah dengan gigi.
    Untuk mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan, maka kalsium ini sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan dan pembentukan gigi. Kekurangan kalsium dalam masa itu akan mengakibatkan gigi tumbuh tidak baik dan juga terjadi gigi yang tumbuh lambat. Semenatara pada orang dewasa, ciri – ciri kekurangan kalsium ditandai dengan kerusakan gigi seperti gigi yang mudah tanggal.
  4. Menurunya sistem kekebalan tubuh
    Ciri – ciri kekurangan kalsium juga akan sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Mereka yang kekurangan kalsium biasanya akan sangat mudah terserang sebuah penyakit.
  5. Masalah dengan berat badan
    Mereka yang memiliki berat badan berlebih juga biasanya merupakan ciri – ciri kekurangan kalsium. Kalsium ini juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur metabolisme pembentukan energi di dalam tubuh. Hal ini tentunya akan memudahkan tubuh dalam membentuk tubuh yang ideal. Sementara itu mereka yang kekurangan kalsium justru akan membuat metabolisme di dalam tubuh nya menjadi terganggu dan justru akan membuat berat badan mereka bertamabah.

  6. Masalah ketika PMS
    bagi wanita, kekurangan kalsium ini juga akan menimbulkan masalah ketika PMS (PraMenstruasi Sindrom). Masalah yang biasanya dihadapi seperti perut terasa kembung, mood yang menurun, kram, dan hal lainnya. Semua masalah itu disebabkan karena kurangnya kalsium. Dalam kasus ini, kalsium berfungsi untuk mendukung fluktuasi siklik pada masa haid dan juga untuk mengurangi masalah selama dalam masa PMS
  7. Susah tidur
    Salah satu hal yang menjadi ciri – ciri kekurangan kalsium adalah ketika kita mengalami susah tidur atau insomnia. Salah satu hal yang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak adalah dengan dihasilkannya hormon melatonin oleh tubuh. Hormon melatonin ini berfungsi untuk membuat siklus tifur menjadi lebih stabil dan juga lebih nyenyak. Fungsi kalsium disini adalah untuk membantu tubuh menghasilkan hormon melatonin ini.
  8. Kuku menjadi rapuh
    Untuk anda yang sangat memperhatikan penampilan kuku anda, maka anda juga harus memperhatikan kecukupan kalsium di dalam tubuh anda. Kurangnya kalsium akan membuat kuku anda menjadi rapuh dan mudah patah.
  9. Tubuh menjadi mudah lelah
    Berhubungan dengan salah satu fungsi kalsium yaitu mengatur metabolisme pembentukan energi di dalam tubuh. Maka ketika tubuh kekurangan kalsium, fungsi ini pun menjadi terganggu. Akibatnya tubuh menjadi mudah lelah. Selain itu, kekuranga kalsium juga akan membuat otot menjadi mudah merasa nyeri dan juga membuat tubuh menjadi malas untuk beraktifitas.
  10. Mudah mengalami kesemutan
    Kekurangan kalsium juga akan mengakibatkan terganggunya saraf dan membuat otot menjadi rapuh. Faktor ini akan membuat tubuh menjadi mudah merasakan sensasi kesemutan dan juga tubuh mengalami mati rasa. Hal ini biasanya sering terjadi pada bagian ujung jari.

Itulah beberapa dari ciri – ciri kekurangan kalsium pada tubuh. Jika tubuh mengalami hal – hal seperti diatas maka kita tidak bisa membiarkanya begitu saja. Kekurangan kalsium secara lebih jauh akan berdampak sesuatu yang tidak baik juga bagi tubuh.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Mineral