Home Featured Ini Dia Fakta Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat Minyak Ikan Dan Asam Lemak Omega-3

Ini Dia Fakta Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manfaat Minyak Ikan Dan Asam Lemak Omega-3

by Syara

Asam lemak Omega-3 umumnya ditemukan di tumbuhan dan hewan laut. Ada dua jenis asam lemak ini yang banyak terkandung di minyak ikan yakni :

  • Eicosapentaenoic acid (EPA) : dikenal dengan nama asam lemak omega-3, EPA membantu tubuh mesintesis zat kimia yang berperan dalam pembekuan darah dan inflamasi (prostaglandin-3, thromboxane-2, dan leukotriene-5). Ikan mendapatkan EPA dari alga yang dikonsumsinya.
  • Docosahexaenoic acid (DHA) : pada manusia, asam lemak omega-3 ini merupakan komponen kunci pada sperma, retina (bagian mata), dan cerebral cortex (bagian otak).

DHA dapat ditemukan keberadaannya di seluruh tubuh, khususnya otak, mata dan jantung. DHA juga terkandung dalam air susu ibu.

Manfaat Minyak Ikan dan Asam Lemak Omega-3

Beberapa studi menyimpulkan bahwa minyak ikan dan asam lemak omega-3 bermanfaat bagi kesehatan. Namun studi lainnya berkata sebaliknya. Hal ini dikarenakan terkait dengan beberapa kondisi.

Melansir dari Medical News Today yang dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat minyak ikan dan asam omega-3.

Multiple sclerosis

Minyak ikan dikatakan mampu membantu individu yang menderita multiple sclerosis (MS) dikarenakan efek protektifnya pada otak dan sistem saraf. Namun begitu, setidaknya ada satu studi yang menyimpulkan bahwa minyak ikan tidak memiliki manfaat ini.

Kanker Prostat

Sebuah studi menemukan bahwa minyak ikan, bersama dengan diet rendah lemak, berpotensi mengurangi risiko kanker prostat. Namun, studi lainnya menghubungkan antara kadar omega-3 yang tinggi dengan kanker prostat yang agresif.

Penelitian yang diterbitkan di Journal of the National Cancer Intitute menyarankan bahwa asupan minyak ikan yang tinggi meningkatkan risiko kanker prostat tingkat tinggi sebanyak 71 persen, dan semua jenis kanker prostat sebanyak 43 persen.

Depresi Pascapersalinan

Mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan berpotensi mengurangi risiko depresi pascapersalinan. Para peneliti menyarankan bahwa memakan ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi sebanyak dua atau tiga kali seminggu bermanfaat untuk kesehatan. Sumber asupan omega 3 dari makanan lebih direkomendasikan dibandingkan dengan suplemen karena makanan mengandung protein dan mineral lainnya.

Manfaat Untuk Kesehatan Mental

Sebuah studi yang dilakukan selama 8 minggu di tahun 2007 menyarankan bahwa minyak ikan berpotensi membantu anak muda dengan masalah perilaku, khususnya mereka yang menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Studi tersebut menjelaskan bahwa anak-anak yang mengonsumsi EPA dan DHA antara 8 hingga 16 gram sehari menunjukkan peningkatan yang signifikan pada perilaku mereka yang dinilai oleh orangtua dan psikiater mereka.

Manfaat Untuk Daya Ingat

Asupan asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan daya ingat pada orang dewasa muda, menurut pada penelitian yang dilaporkan di jurnal PLos One. Namun penelitian lainnya mengindikasikan bahwa kadar omega-3 yang tinggi tidak mencegah penurunan kognitif pada wanita yang berusia lebih tua.

You may also like