Ternyata, 5 Kebiasaan ini Menjadi Penyebab Kaki mu Bau Lo

178

Sering mengalami bau tak sedap pada kaki mu ? coba flashback terlebih dahulu, ingat-ingatlah lagi mengapa kaki mu bisa menjadi bau. Mungkin beberapa hal tersebut yang menjadi penyebab kaki mu menjadi bau. Untuk itu ketahuilah kebiasaan yang menyebabkan kaki mu menjadi bau tak sedap.

Pada dasarnya tidak hanya satu atau dua kebiasaan. Sahabat halosehat.com pada kesempatakan kali ini kami akan  menuliskan 5 penyebabkan kaki menjadi bau menurut halosehat.com jadi ternyata 5 kebiasaan ini penyebab kaki bau yang terkadang tidak kamu sadari bahkan kadang hal ini kamu anggap sepele, sehingga kamu tidak terlalu memperhadikannya sebelumnya sudah dibahas Cara mengatasi kaki bau jadi ketahuilah cara yang tepat dengan mengetahui penyebabnya. Berikut simak ulasan lengkapnya mengenai penyebab kaki bau

1. Pakai Sepatu tanpa Menggunakan Kaos Kaki

Kaos kaki menjadi salah satu hal penting agar kaki tidak menjadi bau, pada dasarnya manfaat dari menggunakan kaos kaki saat menggunakan sepatu ini bukan hanya agar kaki tidak menjadi bau tetapi ada manfaat lain seperti berikut :

  • Agar kulit tidak belang
  • Menyesuaikan ukuran sepatu
  • Mengantisipasi rasa sakit saat menggunakan sepatu
  • Mengatasi bau pada sepatu

Memang salah satu manfaatnya adalah menggunakan kaos kaki adalah agar kaki tidak bau. Dalma penelitian yang dilkaukan di Amerika Serikat telah menyebutkan bahwa tidak menggunakan kaos kaki ketika memakai sepatu ini ternyata dapat meningkatkan potensi bakteri yang menimbulkan infeksi pada kaki. Jamur pada kaki inilah yang menyebabkan kaki menjadi bau tak sedap.

2. Tidak pernah ganti sepatu

Ini kadang sering dilakukan oleh anak sekolahan, mereka terkadang terlalu sibuk dengan aktivitasnya sehingga sering lupa untuk mengganti sepatunya, bukan hanya lupa mereka pun kadang merasa malas sehingga tidak mengganti sepatunya. Sepatu yang tidak diganti inilah yang membuat bakteri menjadi satu dengan kaki sehingga membuat kaki menjadi mudah bau

Selain dengan cara ini kamu harus tau bagaimana sebenarnya  cara menghilangkan bau kaki karena cara menghilangkan kaki bau tidak hanya dengan satu cara seperti :

  • Rajin cuci sepatu
  • Menggunakan baking soda
  • Menggunakan obat jerawat
  • Menggunakan tepung maizena
  • Mengunakan sepatu yang bersih

dan masih banyak cara yang lainnya, dengan mengatahui cara merawat kaki tentu tidak akan ada drama kaki bau bukan ?

3. Tidak memberikan kesempatan sepatu “bernafas”

Mungkin agak terdengar aneh, tetapi maksud dari tidak membeirkan kesempatan sepatu bernafas adalah ketika seorang meletakan sepatu dan kaos kaki menjadi satu. Hal ini tentu membuat sepatu tidak memiliki sirkulasi udara atau dapat disebut tidak dapat “bernafas”. Dengan tidak adanya sirkulasi udara pada sepatu ini akan memudahkan jamur bertumbuh di sepatu. Untuk mengantisipasinya kamu harus sering-sering menjemur sepatu mu agar sepatu tidak terlalu lembab.

4.Tidak mejaga kebersihan kaki

Kebersihan kaki sangat berpengharuh pada bau tidaknya kaki mu itu, sebenarnya tidak hanya sepatu ataupun kaos kaki yang kamu gunakan yang menjadi penyebab kaki menjadi bau, tetapi kaki yang tak dirawat akan kebersihannya akan menyebabakan bau pula. Bahkan kaki yang tidak pernah dibersihkan dapat menyebabkan penyakit seperti wenen atau nanah pada jari jempol dan sebagainya.

Untuk mengatasi agar kaki tidak bau dan bersih maka kamu harus tau tips menghilangkan bau kaki dan rutin membersihkan kaki mu. Cara untuk membersihkan sepatu pun sangatlah mudah, kamu bisa melakukan relaksasi pada kaki dengan merendam kaki menggunakan air garam, atau dengan aroma terapi yang sudah diramu kkhusus untuk kaki.

5. Salah dalam mengonsumsi makanan

Makanan sangat perlu diperhatikan, Dilansir dari Smelly Feet Cures, ternyata terdapat beberapa makanan yang menjadi penyebab kaki menjadi bau yaitu beberapa makanan yang banyak mengandung sulfur, makanan yang pedas maupun manis serta beberapa makanan yang mengandung protein yang tinggi.

Makanan-makanan tersebut tidak perlu dihindari, hanya saja kamu perlu mengatur asupan makanan itu agar tidak berlebihan di dalam tubuh mu, asupan yang berlebihan lah yang menyebabkan kaki menjadi bau.

Itulah beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab kaki mu menjadi bau. Maka ladies, jangan sampai kaki mu bau ya, selalu ganti sepatu 2-3 minggu sekali dan jangan lupa ganti kaos kaki juga.