Hidup Bersih boleh, tapi Hindari 7 Kebiasaan Bersih Ini

78

Ternyata ada kebiasaan-kebiasaan bersih, yang ternyata tidak baik untuk keberlangsungan kesehatan pada tubuuh mu. Untuk itu perlu kamu ketahui kebiasaan-kebiasaan bersih apa yang dapat memicu kesehatan mu.

Kebersihan memang sangat penting untuk kesehatan, banyak yang bilang “kebersihan pangkal kesehatan” memang benar, hidup bersih akan membantu kamu untuk hidup lebih sehat lagi. Untuk itu jagalah kebersihan mu. Namun jangan terlalu perfeksionis dalam kebersihan ya. Seperti halnya mari sahabat halosehat.com simak 7 kebiasaan bersih ini yang justru dapat membahayakan kesehatan mu, berikut penjelasan lengkapnya :

1. Sikat Gigi Setelah Makan

Sikan gigi sangat disarankan 2-3 kali dalam sehari agar kesehatan gigi dapat terjaga, namun taukah kamu bahwa sikat gigi punya waktu masing-masing yaitu saat pagi hari bersamaan dengan mandi, sore hari bersamaan dengan mandi dan malam hari sebelum tidur.

Beberapa orang sering melakukan sikat gigi setelah makan, namun taukah kamu bahwa sikat gigi setelah makan ini justru akan menjadi bumerang bagi kesehtan gigi kita. Hal ini disebabkan karena sikat gigi tidak hanya menghilangkan sisa-sisa makanan dalam gigi tetapi juga bakteri-bakteri baik dalam gigi.

2. Menggunakan Hand Sanitizer

Memang menjadi praktis, bahkan ketika sedang dalam keadaan darurat sering sekali menggunakan hand sanitizer ini, tapi taukah kamu sahabat halosehat.com bahwa menggunakan hand sanitizer secara terus menerus dapat membuat resisitensi bakteri pada tangan dan juga menyebabkban tangan menjadi kering.

Untuk itu meskipun kebiasaan bersih mengusahakan tangan untuk selalu bersih ini baik, tetapi untuk lebih bainya gunakan sabun dan air mengalir untuk memberishkannya ketimbang menggunakan hand sanitizer, karena dengan air dan sabun akan lebih baik dalam membunuh kuman dan tidak menyebabkan efek samping.

Meskipun demikian jangan biarkan kamu untuk tidak menjaga kebersihan tangan ya, karena dapat menyebabkan penyakit diare pada tubuh mu jika kamu tidak menjaga kebersihan tangan mu. 

3. Menggunakan Pembersih Vagina

Vagina yang bersih dan wangi tentu menjadi dambaan setiap wanita, sehingga tidak jarang bebebarapa dari mereka lebih memilih menggunakan sabun kewanitaan untuk menjaga kebersihan pada bagian kewanitaan. Namun ternyata dengan menggunakan sabun kewanitaan ini dapat mematikan koloni bakteri baik yang ada di dalam vagina, sehingga jika hal itu terjadi dapat membuat resiko terkena bakteri ataupun infeksi jamur pada vagina menjadi lebih mudah berkembang.

4. Menutup Mulut Saat Bersin

Menutup mulut saat bersin memang bagus, namun pada saat menutup mulut saat bersin harus menggunakan alas jangan menggunakan langsung pada tangan mu, karena hal tersebut dapat membuat kuman dari hidung dan mulut mu justru malah berpindah pada tangan mu. Jika hal itu terjadi dapat membuat tangan mu menjadi terinfeksi bakteri dari mulut dan hidungmu.

5. Melakukan Eksfoliasi

Sering melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit menjadi kering dan mudah teriritasi, apalagi jika kamu mengugnakan scrub ini terlalu keras, tentu dapat merusak kulit wajah mu. Bahkan aktivitas ini yang telralu berlebihan dapat merontokan minyak alami pada kulit sehingga akan membuat kulit menajdi lebih kering dan justru akan menyebabkan masalah baru pada kulit mu.

6. Membersihkan telinga dengan cutton but

Banyak orang yang menggunakan cutton but untuk memberishkan telinga, padahal justru hal ini apat medorong kotoran masuk semakin jauh ketelinga, sehingga  akan menjadi penyumbat pada liang telinga yang akan menyebabkan penyakit pada telinga mu.

7. Berendam Air Panas Terlalu lama

Berendam air panas terlau lama dapat menyebakban kulit menjadi kering, dan dapat merontokan pada minyak alami pada kulit. Sehingga ketika ingin berendam air hangat, rendamlah dengan suhu yang pas dan jangan terlalu lama.

Jangan sampai kamu salah melakukan kebersihan itu dan malah menajadi bumerang bagi kamu ya sahabat halosehat.com