Home Featured Remaja 19 Tahun Ini Kena Stroke Gara-gara Banyak Berbaring Nonton Drama

Remaja 19 Tahun Ini Kena Stroke Gara-gara Banyak Berbaring Nonton Drama

by Erlita

Penyakit stroke selalu identik dialami oleh para lansia, padahal zaman sekarang pun mulai banyak remaja atau orang-orang usia muda yang juga terserang stroke, tak terkecuali pria 19 tahun di China ini. Hampir saja pria yang masih teramat muda ini kehilangan nyawanya karena terkena stroke gara-gara kebiasaan hidupnya yang terbilang kurang sehat.

Kebiasaan banyak berbaring sambil menikmati tontonan serial drama mungkin bukan hanya pria ini saja yang melakukan ya? Namun hati-hati deh kalau kita punya kebiasaan serupa dengannya, sebab pria ini menonton drama terus-terusan dalam jangka panjang sambil berbaring di tempat tidurnya setiap hari dan justru mengalami cerebral infraction.

Pria dari Provinsi Jiangsu ini setelah memeriksakan diri dilansir dari World of Buzz rupanya menderita penyakit stroke atau istilah lainnya adalah cerebral infraction. Kondisi ini membuat arteri pemasok darah dan oksigen menuju otak terhambat karena sumbatan ataupun karena penyempitan. Gejala yang dirasakan oleh pria ini adalah bicara tak jelas hingga lemas pada anggota tubuh sisi kanan.

Usia yang masih muda membuat dokter terheran bagaimana bisa pria ini terkena gejala stroke karena umumnya orang-orang di atas usia 50 tahunlah yang menderitanya. Rupanya, beberapa kebiasaan buruk dan tak sehat dimiliki oleh pria ini, yaitu antara lain:

  • Tidak berolahraga
  • Merokok
  • Lebih banyak berbaring
  • Lebih sering berbaring miring ke sisi kanan
  • Menonton drama setiap sehabis makan sambil berbaring yang dilakukan setiap hari

Obesitas pun sebenarnya dialami oleh pria ini karena dokter mengatakan berat badannya di atas 100 kg. Karena kebiasaan sering menonton drama sambil berbaring dalam waktu yang lama dan cenderung berbaring menyamping ke kanan, otomatis anggota tubuh kanannya justru mengalami kelemahan.

Seorang dokter di RS Rakyat Jiangsu mengatakan bahwa perawatan stroke itu setiap menitnya sangatlah penting karena setelah kena serangan stroke, ada sekitar 1,9 juta neuron yang mati. Penting untuk kita tahu kalau kebanyakan berbaring di atas tempat tidur dapat merugikan kesehatan apalagi jika setiap hari dan dalam jangka panjang.

Sebagai langkah mengatasi stroke, pria ini harus menjalani operasi karena elastisitas pada pembuluh darahnya telah hilang. Bahkan pria ini juga mengalami ateroskleroris sehingga di dalam arteri terdapat penumpukan plak kalsium lemak dan kolesterol. Itulah kenapa, penting untuk memiliki kebiasaan dan gaya hidup sehat agar stroke di usia muda tidak terjadi.

You may also like