6 Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Tanpa Sadar Sering Kita Lakukan

68

Setiap harinya, berbagai aktivitas yang kita lakukan pasti akan berdampak terhadap kondisi tubuh, bisa saja menyehatkan atau justru menyebabkan tubuh mengalami gangguan kesehatan. Tidak masalah jika itu menjadikan tubuh sehat, namun jika ternyata aktivitas atau kebiasaan sehari-hari yang dilakukan tidak sehat maka sudah semestinya kita hindari agar tidak menimbulkan berbagai penyakit di kemudian hari. Gaya hidup tidak sehat ini tanpa sadar sering kita lakukan, dan sebaiknya kita ketahui agar dapat menjauhinya.

1. Melupakan Sarapan

Saat ini, aktivitas yang kian padat membuat banyak orang buru-buru melakukan pekerjaannya, sampai-sampai sering melupakan waktu sarapannya. Padahal sarapan sangat penting sebelum melakukan aktivitas apapun, karena tubuh memerlukan asupan nutrisi dan tenaga setelah semalaman tidak makan. Jika tidak sarapan, maka tubuh akan lemas dan sulit berkonsentrasi yang tentu saja ini akan mempengaruhi produktivitas seseorang.

2. Sering Begadang

Membiasakan diri begadang baik karena tugas, pekerjaan atau mencari hiburan dapat membuat tubuh kelelahan. Apalagi jam tidur yang dilewatkan akan membuat otak dan organ tubuh lainnya masih harus bekerja keras padahal semestinya sudah memasuki fase istirahat. Hal ini akan membuat produksi hormon terganggu hingga akhirnya mempengaruhi kesehatan.

3. Kurang Aktivitas Fisik

Pekerjaan yang kurang melibatkan aktivitas fisik semestinya diimbangi dengan olahraga atau pekerjaan rumah yang butuh banyak bergerak. Jika setelah seharian bekerja di kantor dengan duduk berjam-jam di depan komputer lalu pulang dan duduk lagi atau tidur, tentu tubuh akan menjadi sakit karena peredaran darah yang tidak lancar.

4. Doyan Junkfood

Sekarang ini hampir semua makanan yang dijual termasuk makanan cepat saji yang diolah dengan cara yang tidak sehat. Selain itu, makanan tersebut banyak mengandung bahan berbahaya, lemak jahat dan berbagai zat lainnya yang dapat mengganggu fungsi berbagai organ tubuh. Kebiasaan mengkonsumsi makanan ini dapat membuat tubuh mudah terserang banyak penyakit.

5. Kurang Minum Air Putih

Tubuh membutuhkan air yang cukup setiap harinya agar dapat menjalankan fungsi berbagai organ tubuh dan mencegah dehidrasi. Setidaknya, dalam sehari kita harus mengkonsumsi 8 gelas atau 2 liter air untuk mencukupinya. Jika aktivitas terlalu padat hingga tidak sempat minum, ini tidak akan baik untuk kesehatan ginjal dan saluran kemihmu.

6. Banyak Makan Makanan Manis

Hampir semua orang pasti suka makanan yang manis, namun tentu saja jika dimakan berlebihan apalagi setiap hari dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah, bahkan memicu rusaknya organ tubuh yang penting. Karena itu, gaya hidup yang senang mengkonsumsi makanan manis perlu dihindari agar terhindar dari penyakit, salah satunya diabetes.

Gaya hidup tidak sehat di atas ternyata sangat sering kita lakukan, dan disadari atau tidak semuanya dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan. Jika ingin tubuh selalu sehat, sebaiknya ubah kebiasaan di atas menjadi gaya hidup yang sehat sehingga dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit.