9 Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong Menyebabkan Penyakit Parah

Banyak orang memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari bahkan sebelum mereka melakukan aktivitas hariannya. Bahkan ada pula yang hanya minum kopi saja sebagai pengisi perut yang artinya sebelumnya perut belum terisi makanan apapun. Ingat bahwa kopi yang dikonsumsi sebelum makan dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan berikut adalah bahaya minum kopi saat perut kosong wajib untuk diperhatikan.

  1. Kenaikan Asam Lambung

Perlu diketahui bahwa dalam mendukung supaya proses pencernaan makanan lancar, maka asam lambunglah yang berperan penting dalam hal ini dan saat kita makan itulah asam lambung ini diproduksi, begitu juga sewaktu kita memikirkan tentang makanan maupun mencium aromanya.

Banyak dari kita perlu juga mengingat bahwa cairan asam lambung memiliki sifat korosif yang termasuk kuat di mana hal ini bisa merusak lapisan lambung bila dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa makanan apapun mengisi lambung untuk diolah. Dengan paparan yang berkali-kali, otomatis kerusakan lapisan lambung menjadi ancamannya.

Minum kopi di kala perut belum terisi apapun dapat membahayakan bagian lambung di mana bahkan kopi dekafein sendiri sudah dibuktikan mampu menjadi perangsang produksi asam. Ketika keasaman perut meningkat, maka mual dan ingin muntah disertai rasa pusing hingga vertigo bisa terjadi. Alhasil, tubuh terasa kurang baik karena ganguan pencernaan pada lambung ini.

  1. Perut Mulas

Masih terkait dengan kenaikan asam lambung yang sebelumnya sudah secara singkat dijelaskan. Mengonsumsi kopi padahal perut belum terisi makanan bakal menjadikan keasaman perut naik dan inilah yang kemudian menjadi faktor penyebab munculnya rasa mulas. Bila sudah seperti ini, cobalah untuk minum air putih hangat supaya merasa lebih baik.

  1. Gangguan Nutrisi

Sebuah hasil studi dari Jepang, tepatnya yang dilakukan di Yokohama City University School of Medicine menyatakan bahwa kopi menjadi penyebab atau fasilitas dari proses pengosongan lambung. Baik itu kafein atau kopi yang tanpa kafein memiliki efek yang sama buruknya bagi kesehatan.

Untuk kafein sendiri diketahui berperan dalam mempercepat proses pengeluaran cairan dari dalam tubuh melalui kinerja ginjal sehingga akan lebih sering ke kamar mandi untuk membuang urine. Dengan demikian, otomatis tubuh tak memiliki cukup waktu dalam hal penyerapan mineral, seperti halnya seng, magnesium dan kalsium serta mineral penting lain.

Terlalu sering meminum kopi terlebih ketika perut dalam kondisi kosong bisa memicu juga kekurangan magnesium di dalam tubuh. Karena kekurangan magnesium, maka otomatis kebiasaan minum kopi pada waktu perut kosong ini secara tidak langsung akan menjadi penyebab dari serangkaian masalah kesehatan, seperti berikut ini:


  1. Penekanan pada Produksi Hormon Kortisol

Kopi yang dikonsumsi pada pagi hari di kala perut kosong mampu menjadi penghambat produksi hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon ini merupakan hormon penting untuk menjadi alarm bagi tubuh secara alami yang membangunkan kita pada pagi hari dan merasakan kantuk kalau sudah malam hari.

Kebanyakan orang minum kopi pagi-pagi bertujuan untuk supaya tidak gampang mengantuk dan selalu dalam kondisi segar ketika beraktivitas. Namun pada pagi hari, ada banyak produksi kortisol yang dilepaskan oleh otak untuk membuat kita bangun. Saat bangun tidur langsung minum kopi, produksi kortisol pun menjadi turun.

Sebagai dampaknya, tubuh akan memiliki ketergantungan terhadap kafein supaya mata dan otak menjadi segar dan betah melek sepanjang hari. Dari situlah, bila kebiasaan ini dibiarkan terlalu lama tubuh bergantung pada kafeun yang akhirnya menjadi penyebab tubuh kebal dari efek kafein itu sendiri. Ini tentunya tak boleh menjadi berkelanjutan karena mampu berdampak pada kesehatan lebih lanjut.

  1. Mudah Cemas

Percaya atau tidak, minum kopi pada waktu perut belum terisi apapun bakal menimbulkan rasa cemas berlebihan. Ini karena kopi mampu memperburuk kondisi hormon serotonin yang rendah di pagi hari. Hormon serotonin sendiri adalah suatu hormon penting yang memicu rasa bahagia dan tenang sehingga tubuh menjadi rileks.

  1. Mudah Stres

Bukan hanya cemas, seseorang juga akan menjadi gampang stres bila terbiasa minum kopi pagi-pagi sebelum sarapan. Hal ini masih ada kaitannya juga dengan hormon serotonin yang rendah di pagi hari dan mampu diperburuk dengan mengonsumsi kopi. Cemas bisa juga menjadi bagian dari rasa stres ini.


  1. Detak Jantung Lebih Cepat

Waspadai pula kondisi detak jantung yang bisa lebih cepat dari biasanya karena terbiasa mengonsumsi kopi pagi-pagi. Kafein di dalam kopi bakal menjadi perangsang sistem saraf tubuh yang akhirnya malah mempercepat denyut jantung. Hal ini cukup tak nyaman di kala kita beraktivitas.

  1. Gejala Dehidrasi

Rupanya salah satu bahaya konsumsi kopi setiap pagi sebelum sarapan juga mampu menimbulkan bahaya dehidrasi. Gejalanya akan timbul karena kafein akan menyebabkan pengonsumsi kopi bolak-balik ke kamar mandi. Hal ini otomatis akan menguras cukup banyak energi dan akhirnya malah berdampak juga pada kepala yang ikut terasa sakit nantinya.

  1. Perubahan Suasana Hati

Hal ini masih ada hubungannya dengan hormon serotonin yang rendah dan kopi yang memperburuknya. Efek tenang dan rileks dari hormon serotonin yang sudah rendah otomatis menjadi makin rendah yang pada akhirnya bukan hanya menyebabkan seseorang gampang stres dan cemas, melainkan juga mudah marah, lebih galak dan lebih menjengkelkan.

Demikianlah informasi bahaya minum kopi saat perut kosong yang paling wajib diwaspadai. Supaya aman, para pakar sudah menganjurkan supaya kita makan makanan padat lebih dulu sebelum minum kopi. Untuk yang terbaik, minumlah air hangat secangkir setiap sehabis bangun tidur, lalu dilanjutkan dengan sarapan dan barulah menikmati kopi Anda.

, , ,
Post Date: Saturday 30th, September 2017 / 14:11 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk