Home Featured Anya Geraldine Punya Kebiasaan Mandi Seminggu Sekali, Apa Efeknya bagi Tubuh?

Anya Geraldine Punya Kebiasaan Mandi Seminggu Sekali, Apa Efeknya bagi Tubuh?

by Erlita

Pada acara Tonight Show NET TV (15/7) lalu, Anya Geraldine sebagai salah satu selebgram yang kini sedang hits mengakui bahwa dirinya jarang sekali mandi. Meski penampilannya tampak tak ada yang salah dan bahkan terlihat selalu menjaga penampilan, rupanya ia punya kebiasaan mandi hanya seminggu sekali lho.

Menurut pengakuannya, ia jarang mandi dan bahkan saat datang ke acara Tonight Show pun ia mengatakan bahwa dirinya tidak mandi dulu. Dia mandi justru dua hari yang lalu; siapa sangka kebiasaan buruk seperti ini dimiliki oleh selebgram cantik ini.

Alasan dirinya jarang mandi disebutnya karena setiap hari tubuhnya jarang berkeringat. Ia tahu betul bahwa baiknya mandi itu setiap hari, namun karena ia selalu ada di ruangan ber-AC ditambah ia akui dirinya mager (malas gerak), ia jadi jarang mandi. Namun sekalinya mandi, ia bisa menghabiskan waktu sampai 1,5 jam.

Kebiasaannya yang jarang mandi membuatnya sering memakai parfum demi menjaga tubuh tetap harum. Jadi setiap kali ia keluar rumah, ia akan menyemprotkan parfum sebanyak mungkin. Hanya saja sebenarnya, mandi seminggu sekali walaupun tubuh tidak gampang berkeringat juga tetap tidak baik karena setiap hari mandi sehari dua kali saja masih ada efek baik dan buruknya kok.

Walau jarang berkeringat, tubuh manusia dapat membawa 1000 bakteri atau lebih termasuk ada 40 jenis jamur menurut Twenty Two Words. Jadi katakanlah dua hari saja tak mandi, sebenarnya ini sudah menjadi pemicu bakteri dapat menyerang tubuh. Penyebaran bakteri jahat yang menempel di tubuh bisa terjadi hingga ke hidung, mulut, bahkan mata sehingga mengganggu kesehatan dan jadi penyakit.

Tidak berkeringat juga bukan berarti tubuh tak dapat menghasilkan bau tak sedap. Nyatanya, bakteri yang menempel di tubuh kita dapat memicu bermacam-macam bau tak sedap di badan akibat gas yang dikeluarkan oleh si bakteri. Berikut ini efek jarang mandi yang perlu diketahui dan diwaspadai:

  • Ketahanan tubuh menurun dan memudahkan terkena penyakit
  • Bau badan
  • Susah berkonsentrasi karena tubuh yang dalam kondisi tidak bersih bisa berakibat pada kinerja otak tak maksimal
  • Tubuh semakin lemah dan lemas karena semakin malas mandi semakin mager
  • Kulit mudah berkerut, kusam dan kering
  • Tidak dapat tidur nyenyak karena badan kurang segar
  • Menurunkan kesuburan reproduksi
  • Gampang stres
  • Gampang terserang penyakit kulit

Sumbatan pada pori-pori kulit karena jarang mandi dan dibersihkan dapat menjadi pemicu berbagai macam penyakit kulit menurut seorang ahli penyakit dalam di New York, dr Holly L. Phillips. Risiko terserang infeksi jamur, bakteri, eksim dan iritasi kulit makin besar pula jika mandi jarang-jarang.

You may also like