Home Featured Mengapa Remaja Perempuan Sering Tidak Nafsu Makan?

Mengapa Remaja Perempuan Sering Tidak Nafsu Makan?

by Tri Astuti

Apakah Anda sedang mengkhawatirkan anak remaja perempuan Anda yang sering tidak mau ikut makan bersama? Mungkin Anda berpikir anak sedang ingin menurunkan berat badan atau diet. Sementara itu masalah berat badan pada remaja memang banyak mendapatkan perhatian. Remaja perempuan cenderung memperhatikan kondisi tubuh dan ingin mendapatkan bentuk badan yang ideal. Tentu ini menguntungkan karena bisa menghindari obesitas.

Namun jika anak remaja sering tidak mau makan kemungkinan mereka mengalami penurunan nafsu makan yang berlebihan. Tentu ini hal buruk yang harus segera diatasi. Tapi sebelum itu Anda harus memahami mengapa remaja perempuan sering tidak nafsu makan? Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Sedang Stres

Stres menjadi hal yang sangat umum pada remaja. Anak remaja perempuan cenderung mudah stres akibat beberapa hal seperti tekanan sekolah, kasus bullying di sekolah, masalah keluarga dan masalah pribadi yang sulit diungkapkan. Saat stres maka beberapa remaja perempuan cenderung tidak mau makan dan perut mereka tetap merasa kenyang sepanjang waktu.

Ini hal yang cukup berbahaya jadi penting untuk membantu remaja perempuan pulih dari stres. Keluarga harus mendukung dan mencoba mengajak anak berbicara dengan santai. Kebiasaan ini juga membuat anak lebih terbuka pada orang tua.

  1. Depresi

Remaja perempuan juga bisa mengalami depresi jika sebelumnya sudah mengalami stres. Sementara itu salah satu gejala depresi yang sangat jelas adalah adanya penurunan nafsu makan yang terus menerus. Untuk memastikan apakah anak perempuan Anda mengalami depresi atau tidak, maka amati gejala depresi yang lain. Seperti perubahan waktu tidur, tidak berminat untuk belajar, cenderung mengurung diri di kamar, menghindari orang tua dan tidak mau melakukan kegiatan favorit biasanya. Jika sudah ada tanda tersebut maka cobalah berbicara dengan anak perempuan Anda.

  1. Penyakit Gangguan Makan

Anak remaja yang tidak mau makan atau cenderung nafsu makan yang menurun, maka kemungkinan juga terkena penyakit gangguan makan. Beberapa penyakit ini misalnya seperti bulimia dan anoreksia nervosa. Beberapa anak remaja yang terkena penyakit ini terkadang juga tidak menunjukkan gejala. Mereka makan dengan baik dan cenderung normal tapi tubuh mereka cenderung tidak bertambah berat atau tidak ada kenaikan berat badan. Ada juga penderita yang sering melakukan olahraga berlebihan demi mencapai berat badan tertentu.

  1. Penyakit Serius

Salah satu ancaman serius dari berkurangnya nafsu makan adalah karena penyakit yang cukup serius. Penyakit ini bisa menyebabkan nafsu makan menurun, tidak bisa merasa lapar, dan selalu muntah setelah makan. Jika kondisi ini terjadi pada anak remaja perempuan maka mereka menunjukkan gejala lain seperti tubuh yang semakin kurus, sering sakit yang sulit dijelaskan misalnya demam, sembuh lalu demam lagi. Jika sudah begitu maka segera bawa ke rumah sakit agar dilakukan pemeriksaan lengkap.

  1. Obat Terlarang

Kasus penggunaan obat terlarang atau narkoba sering mengancam remaja perempuan. Terlebih jika remaja perempuan ini sering terlibat dengan pergaulan bebas dan lingkungan yang kurang diawasi. Tanda yang sangat jelas jika anak menggunakan narkoba adalah nafsu makan yang rendah dan perubahan gaya hidup. Kurang nafsu makan bisa memicu bahaya narkoba seperti emosi tidak stabil, kurang konsentrasi dan penyakit menular seperti HIV/AIDS.

Begitulah beberapa alasan mengapa remaja perempuan sering tidak nafsu makan? Meskipun kondisi ini bisa terjadi karena hal normal namun juga bisa karena hal yang cukup berbahaya. Sehingga segera amati pola makan anak dan ajak anak bicara tentang masalah ini.

You may also like