Home Featured Wow! Ini Dampak Gadget Yang Justru Dianggap Biasa

Wow! Ini Dampak Gadget Yang Justru Dianggap Biasa

by Tri Astuti

Generasi milenial menjadi generasi yang paling akrab dengan penggunaan gadget. Anehnya hal ini dianggap sebagai gaya hidup yang biasa. Tanpa disadari sebenarnya penggunaan gadget yang berlebihan bisa menyebabkan dampak yang sangat serius.

Ketika Anda berjalan-jalan keluar maka setidaknya Anda akan menemukan satu atau dua orang yang sedang sibuk dengan gadget mereka. Hal ini menyebabkan kekhawatiran karena gadget juga menjadi racun untuk anak-anak dibawah usia. Tapi banyak orang yang tidak merasakan bahaya kecanduan Hp yang menyerang secara perlahan tapi pasti.

Tapi kita harus mengakui bahwa ada beberapa dampak gadget yang justru dianggap biasa. Berikut ini fakta tentang dampak gadget yang buruk untuk kesehatan.

  1. Kecanduan

Level penggunaan gadget yang berlebihan sebenarnya bukan lagi kasus yang biasa. Menggunakan gadget tanpa jeda waktu menyebabkan kecanduan. Efeknya sama seperti kecanduan game online atau produk dari ponsel pintar. Hal ini ternyata bisa membuat efek yang serius untuk kemampuan bersosialisasi, dimana orang lebih senang sibuk dengan ponsel daripada berbicara dengan orang sekitarnya.

  1. Efek Mimpi

Generasi milenial paling tidak menggunakan gadget sebanyak 100 kali dalam sehari. Efek ini ternyata terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh The American Psychological Association, dimana pengguna gadget bisa mengalami mimpi buruk yang parah. Efek ini yang akan mempengaruhi kualitas tidur sehingga juga menurunkan tingkat kecerdasan.

  1. Halusinasi

Mungkin Anda tidak menyangka jika penggunaan gadget ternyata bisa menyebabkan halusinasi. Kontak yang berlebihan dengan gadget akan membuat pengguna merasa mendapatkan panggilan terus menerus. Kondisi ini akan menyebabkan gangguan psikologis yang berat disamping masalah gangguan tidur.

  1. Otak Lambat

Meskipun ketika menggunakan gadget bisa berpikir dan mengambil tindakan cepat, namun ternyata otak tidak bisa mengikuti langkah ini. Hal ini bisa berhubungan dengan kurangnya kemampuan analisa pada pengguna gadget. Pengguna gadget juga cenderung tidak bisa membedakan mana kehidupan yang nyata dan khayalan.

  1. Depresi

Menggunakan gadget berarti akan membuat Anda selalu menggunakan media sosial. Kebiasaan ini ternyata menciptakan gejala depresi yang sering tidak disadari. Orang terbiasa akan melihat bagaimana kehidupan orang lain. Sementara kehidupan tidak sama seperti penghasilan yang berbeda. Inilah yang bisa menyebabkan sakit hati, bunuh diri dan merasa hidup tidak berarti.

  1. Kurang Perhatian

Penggunaan gadget juga bisa menyebabkan perhatian yang rendah dan sulit mengingat. Misalnya ketika Anda berkenalan dengan orang baru sambil menggunakan gadget, maka akhirnya sulit untuk mengingat nama orang tersebut. Efek ini akan mempengaruhi kerja otak sehingga juga akan menurunkan daya ingat.

Ternyata dampak gadget yang buruk untuk kesehatan ini memang sering kita abaikan. Daripada terkena efek yang buruk itu, yuk kita kurang waktu penggunaan gadget.

You may also like