Ternyata, Inilah Gadget yang Berbahaya Terhadap Kesehatan Anak

736

Jaman sekarang banyak bermunculan Gadget yang dengan mudah bisa dimainkan oleh anak-anak. Bahkan para orang tua pun seperti mendukung dan bangga dengan kondisi ini padahal jika terlalu sering tanpa diimbangi dengan istirahat yang cukup dan olahraga maka Gadget akan berbahaya bagi kesehatan tubuh anak-anak.

Seperti diketahui bahwa peralatan elektronik mempunyai sinar ultraviolet yang cukup berbahaya bagi kesehatan mata dan organ tubuh yang lainnya. Dimana mata dan otak akan berkontraksi karena terus menerus menatap layar Gadget yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit seperti ketegangan mata, mata kemerahan, penglihatan mulai kabur, mata menjadi kering dan mudah mengalami iritasi. Penglihatan menjadi rusak disebabkan karena kebiasaan melihat yang tidak benar seperti menonton TV di tempat-tempat yang gelap, atau suka menggunakan telepon genggam terlalu dekat dengan area mata.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan memberikan beberapa alat – alat elektronik yang memiliki potensi berbahaya untuk kesehatan mata anak dan kesehatan secara umum yaitu sebagai berikut :

  • HP / Handphone

Menurut penelitian menjelaskan bahwa pengaplikasian HP yang terlalu sering bisa menyebabkan pertumbuhan sel-sel otak pada anak mudah rusak sehingga si anak rentan terserang tumor otak dan kondisi buruk ini dapat menular kepada orang dewasa. Tidak hanya itu saja, HP / handphone bisa mengancam populasi umat manusia di dunia ! Dianjurkan untuk menggunakan HP minimal 4 jam dalam sehari dimana pengaplikasian HP minimal 4 jam sehari mampu mengurangi jumlah sperma bagi laki-laki.

Tips untuk pencegahan : gunakan speakerphone atau hands – free ketika menelepon.

  • Laptop

Selain karena baterai Laptop meledak atau mainboard berasap, masalah Laptop terhadap kesehatan mata adalah bisa menyebabkan sakit mata atau kepala terasa nyeri karena adanya radiasi layar. Laptop yang anda letakkan di atas paha bisa membakar paha karena kepanasan. Terakhir dan paling parah adalah Laptop dapat menumbuhkan Kanker kulit.

Tips untuk mencegah adalah agar mata anda terhindar dari rasa sakit, maka palingkan wajah dari layar Laptop masing-masing setiap 20 menit kira-kira 2 s/d 3 menit atau besarkan font tulisan apabila dibutuhkan. Belilah bantal paha agar anda dapat terhindar dari kondisi paha terbakar ketika sedang asyik mengetik.

  • Ipods

Riset menjelaskan bahwa mendengarkan musik dengan iPods selama 1 s/d 2 jam berturut-turut bisa mengganggu pendengaran. bahkan pada kondisi paling parah dan terlambat mendapatkan penanganan akan menyebabkan anak menjadi tuli.

Tips untuk mencegah adalah memakai busa earphone untuk bisa meredam suara – suara yang keluar.

  • Video Game

Terlalu lama menggenggam stik game bisa menyebabkan yangan anda menjadi merah yang dalam istilah medis bernama Telapak Playstasion disebabkan karena kondisi lembab pada telapak tangan karena keringatan. Sedangkan pada Nintendo Wii, anak-anak akan mendapatkan keluhan yaitu sakit pada bagian tulang bahu disebabkan karena terlalu bersemangat memukul.

Tips untuk mencegah adalah pada permainan Nintendo Wii si pemain sebelumnya wajib melakukan peregangan atau sejenis olahraga ringan. Untuk jenis Playstation maka pemain wajib membaluri tangan dengan bedak.

  • Komputer

Penyakit yang muncul adalah masalah Jantung dan obesitas karena anak anda kurang gerak dan mudah mendapatkan kejang otot karena terlalu lama memegang mouse dengan posisi mengetik yang salah.

Tips mencegah adalah belilah ‘gelpad’ pada keyboard, untuk selanjutnya lakukan yoga dan peregangan otot-otot tubuh pada jam-jam istirahat yang berfungsi melemaskan otot-otot punggung dan leher.