Squat Jump Bikin Lumpuh Benar Atau Tidak? Ini Penjelasannya

833

Squat jump diketahui merupakan salah satu jenis olahraga yang baik bagi tubuh, terutama bila ingin mengencangkan otot bagian bawah tubuh, yakni paha dan pergelangan kaki. Hanya saja, belum lama ini seorang siswi SMAN 1 Gondang di Kabupaten Mojokerto dikabarkan mengalami kelumpuhan pasca melakukan squat jump yang merupakan sebuah hukuman di sekolahnya.

Kelumpuhan tersebut terjadi setelah ia menempuh hukuman squat jump 90 kali karena terlambat hadir pada ekstrakurikuler di sekolahnya. Tak hanya menjadi pertanyaan kita apakah hukuman fisik masih diperbolehkan hingga kini, tapi juga menjadi suatu rasa penasaran yang besar apakah squat jump memang seberbahaya itu hingga menyebabkan kelumpuhan.

Squat Jump Bikin Lumpuh Benar atau Tidak?

Squat jump sendiri adalah jenis olahraga di mana gerakan intinya adalah dengan membuka kedua kaki selebar bahu lalu dari posisi berdiri melompat yang pendaratannya dilakukan dengan setengah berjongkok. Bagian bokong turun sampai posisi hampir jongkok di mana kita perlu menekuk lutut. Gerakan ini pun perlu dilakukan berulang dan baik sebagai olahraga meninggikan badan, latihan otot dan senam.

Squat jump diyakini efektif dalam mengencangkan bagian bokong serta menambah tenaga pada tubuh apabila dilakukan secara rutin dengan beberapa kali pengulangan. Sebagai bagian dari pemanasan, squat jump pada umumnya tergolong aman dan belumlah dijumpai hasil penelitian yang menyatakan kalau kelumpuhan bisa terjadi karena melakukan squat jump menurut dr. Rachmad Wishnu Hidayat SpKO.

Gerakan latihan fisik melalui gerakan squat jump sebenarnya mampu menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kekuatan otot kaki. Jika siswi dari SMA di Mojokerto tadi sampai harus dirawat di rumah sakit karena mengalami kelumpuhan, sebenarnya hal ini lebih disebabkan oleh sistem saraf yang rusak.

Hanya saja, seperti halnya bahaya olahraga tanpa pemanasan dan juga bahaya olahraga yang berlebihan, squat jump yang dilakukan dalam banyak repetisi dan tanpa adanya pemanasan ringan lebih dulu mampu memicu cedera pada persendian maupun otot. Perlu diketahui bahwa melakukan squat jump tak seharusnya dadakan apalagi sembarangan tanpa teknik yang benar.

Sebagai jawabannya, squat jump bukanlah penyebab dari kelumpuhan yang terjadi melainkan penyebabnya adalah kerusakan saraf di dalam tubuh. Sementara itu, squat jump lebih tepat dimasukkan ke dalam golongan pemicu kelumpuhan. Ketika sistem saraf tubuh, khususnya bagian tulang belakang dan kaki kurang baik, melakukan squat jump dalam repetisi yang banyak dapat berbahaya.

Tips Squat Jump yang Benar untuk Mencegah Kelumpuhan

Squat jump dapat berdampak buruk bagi tubuh tak hanya ketika kita jarang atau kurang olahraga, karena sewaktu dilakukan dengan cara atau teknik yang kurang tepat, squat jump pun mengancam kesehatan. Jadi, perlu untuk mengenali apa saja tips yang benar dalam melakukan squat jump demi menghindari kelumpuhan.

  • Menghindari Squat Jump dalam Kondisi Tertentu

Squat jump tidaklah seharusnya dilakukan oleh seseorang yang sedang mengalami meniskus robek; meniskus adalah pelapis sendi lutut. Berbahaya bagi penderita meniskus robek untuk melakukan squat jump sebab mampu memicu kekakuan lutut, rasa nyeri sendi lutut, serta pembengkakan.

  • Melakukan Half Squat di Awal

Sebelumnya disebutkan bahwa squat jump biasanya dilakukan sebagai bagian dari pemanasan olahraga, padahal sebelum melakukan teknik squat jump, perlu untuk melakukan pemanasan juga. Jadi, sebelum masuk pada gerakan squat jump, awalilah dengan gerakan half squat agar aman. Teknik gerakannya hampir sama seperti squat jump, hanya yang membedakan adalah tanpa adanya gerakan lompatan.

  • Melakukan Squat Jump Sesuai Kebutuhan

Squat jump tidak untuk dilakukan secara berlebihan apalagi sembarangan sebab cedera adalah risikonya. Kelumpuhan pun menjadi salah satu dari bahaya melakukan squat jump tanpa gerakan yang benar dan dengan melakukannya secara terlalu berlebihan.

Hanum, siswi SMAN 1 Gondang, Mojokerto mengeluh rasa sakit pada punggung dan kakinya usia menjalani hukuman squat jump yang tepatnya dilakukan sebanyak 90 kali akhirnya harus menempuh perawatan saraf alternatif dan perkiraan kondisi Hanum adalah terserang saraf kejepit. Inilah yang kemudian menyebabkan sebagian orang mulai berpikir bahwa squat jump bikin lumpuh dan kiranya penjelasan kali ini mampu menjawab rasa penasaran kita.