4 Kandungan Daun Jarak untuk Perut Kembung Paling Berguna Bagi Kesehatan

Perut kembung pasti menggangu aktivitas anda. Perut kembung terasa sering bersendawa dan perut terasa bergejolak, seperti ingin buang kentut tapi tak juga keluar. Hal itu pasti akan menghilangkan konsentrasi anda dalam pekerjaan. Perut kembung dapat disebabkan banyak faktor seperti kaitannya dengan asupan makanan dan cara mengonsumsinya.

Selain itu, asam lambung juga turut mempengaruhi terjadinya perut kembung. Jika obat-obatan kimia tak menghasilkan proses penyembuhan. Kami sarankan beralihlah ke alam yang bisa jadi ada di sekiling anda. Cukup anda mencari daun jarak untuk perut kembung. Daun jarak ini ditengarai mampu meredakan perut kembung. Artikel berikut akan membahas 4 kandungan daun jarak untuk perut kembung, wajib anda baca.

Daun jarak yang biasa digunakan untuk mengobati perut kembung adalah jenis Jatropha curcas atau lebih kita kenal dengan sebutan jarak pagar. Ciri-ciri jarak pagar adalah pohonnya memiliki batang berbentuk bulat dengan pertumbuhan cabang tidak teratur. Daunnya tunggal berukuran lebar dengan tulang daun jari. Untuk bunganya sendiri berwarna kuning bersemu hijau dengan buah berbentuk bulat telur. Untuk buahnya saat muda berwarna hijau dan akan berubah kuning kecoklatan ketika sudah matang.

Jika anda mengalami perut kembung atau bisa jadi diare segera petik beberapa daun jarak kemudian cuci dengan air hingga bersih. Setelah itu lap hingga kering lalu panggang di atas api kompor. Proses pemanggan itu sendiri jangan terlalu mendekatkan daun jarak ke api, ditakutkan daun akan gosong dan mengurangi manfaatnya. Setelah dipanggang hingga layu, teteskan minyak kelapa secukupnya hingga terlihat permukaan daun mengkilat.

Langkah selanjutnya adalah selagi masih hangat daun jarak tersebut tempelkan pada bagian perut yang terasa kembung. Dijamin anda akan merasakan sensasi hangat yang menenangkan kemudian perut anda akan bereaksi. Tidak selang lama anda akan sering kentut, dan hal itu membuktikan bahwa perut kembung sudah mereda. Namun demikian, jika hal itu sudah anda alami, kami sarankan jangan membuang dulu daun jarak tersebut hingga daun jarak berubah renyah seperti kerupuk agar hasilnya maksimal.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang harus anda ambil ketika anda mengalami perut kembung yang membuat anda harus cegukan terus menerus. Selanjutnya kami akan menjabarkan 4 kandungan daun jarak untuk perut kembung, wajib anda ketahui agar semakin yakin untuk menggunakannya sebagai obat perut kembung.

  1. Biji

Biji daun jarak mengandung minyak ricinic 40-50% dengan kandungan glyceride dari rininoleic acid, isoricinoleic acid, linolenic acid, dan stearic acid. Selain itu, juga mengandung ricinine, sejumlah kecil cytochrome C, Lipase dan beberapa enzym. Di samping ricin D, dengan cara pemurnian bertingkat di dapat acidic ricin dan basic ricin.

Dengan berbagai kandungan tersebut daun jarak terbukti efektif sebagai obat perut kembung paling mujarab.

  1. Daun

Daun jarak mengandung Kaemferol-3-rutinoside, nicotiflorin, isoquercitrin, rutin, kaempferol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, vit.C 275 mg %. Dengan kandungan ini daun jarak dapat dengan cepat melegakan perut kembung. Selain itu, kandungan tersebut juga menjawab kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Minyak

Daun jarak mengandung minyak dengan kandungan Ricinoleic acid 80%, palmitic acid, stearic acid, linoleic acid, linolenic acid, dihydroxystearic acid, triricinolein 68,2%, diricinolein 28%, monoricinolein 2,9%, nonricinolein 0,9%.

  1. Akar

Sementara akar daun jarak mengandung methyltrans-2-decene-4,6,8-triynoate, 1-tridecene-3,5,7,9,11-pentyne, Beta-sitosterol.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat